Desain grafis merupakan bentuk visual yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dengan melibatkan berbagai elemen desain. Dalam era digital ini desain grafis terus dikembangkan untuk berbagai konteks dan kebutuhan yang didukung alat desain yang semakin canggih. Desain grafis sendiri memiliki beberapa fungsi dalam berbagai konteks penggunaan.
Ada banyak sekali contoh karya desain grafis era digital ini seperti logo, kemasan, UI/UX design, hingga konten media sosial. Penggunaannya untuk beragam kebutuhan mulai dari sekedar seni hingga alat untuk promosi merek, produk dan acara. Desain grafis yang memiliki tampilan visual yang memikat bisa efektif untuk menarik perhatian audiens.
Penting memahami beberapa fungsi dari desain grafis, sehingga bisa mengetahui manfaat dari memanfaatkan desain grafis. Fungsi desain grafis biasanya terkait kebutuhan dan konteks penggunaannya. Artikel akan menjelaskan lebih lanjut mengenai beberapa fungsi desain grafis dalam berbagai konteks.
FUNGSI DESAIN GRAFIS DALAM BERAGAM KONTEKS
Desain grafis dimanfaatkan untuk banyak hal dalam beragam konteks pada media digital dan media cetak. Berikut beberapa fungsi dari desain grafis:
Komunikasi Visual
Umumnya desain grafis memiliki fungsi utama sebagai alat untuk komunikasi visual. Desain grafis sering digunakan untuk mengkomunikasikan pesan melalui desain visual. Desain visual lebih efektif dalam menyampaikan ide, pesan atau informasi agar lebih mudah dipahami. Audiens cenderung lebih tertarik melihat desain visual daripada tulisan.
Desain grafis dapat menyederhanakan pesan atau informasi yang menggunakan elemen-elemen desain. Penggunaan gambar atau ilustrasi dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dengan visual yang menarik. Untuk menjelaskan informasi yang kompleks dengan menarik bisa memanfaatkan gambar, teks, dan grafik.
Elemen-elemen visual bisa digunakan untuk menyampaikan pesan jelas dan efektif. Penggunaan elemen visual dan efek yang menarik akan meningkatkan daya tarik visual.
Penciptaan Identitas Merek
Desain grafis juga berfungsi untuk menciptakan identitas merek yang kuat. Dalam menciptakan desain grafis yang menarik, unik dan membedakan dari pesaing, desain grafis memiliki peran penting menciptakan logo yang menarik. Identitas merek diciptakan dengan memanfaatkan elemen-elemen grafis yang bisa mendukung nilai, karakter dan pesan merek.
Dalam merancang identitas merek seperti logo, desain grafis berfungsi menciptakan logo yang efektif membangun merek. Desain logo harus unik dan sederhana agar bisa menjadi identitas merek yang kuat. Penggunaan elemen identitas yang konsisten akan menciptakan desain identitas merek yang konsisten dan mudah diingat.
Baca juga: Prinsip-prinsip Penting Dalam Merancang Desain Logo
Pengaruh Emosional
Desain grafis juga memiliki fungsi untuk memberikan dampak emosi yang kuat pada audiens. Elemen-elemen dalam desain grafis dapat menciptakan makna dan emosi tertentu ketika digunakan. Warna dan bentuk misalnya bisa menciptakan kesan dan makan tertentu pada desain
Selain itu elemen seperti simbol dan ikon bisa membawa pesan tertentu. Penggunaan yang bijak sesuai kebutuhan desain, akan berguna untuk memengaruhi emosi audiens ketika melihat desain. Desain grafis yang dirancang dengan memilih warna, komposisi dan gaya yang tepat dapat memicu emosi tertentu. Entah itu kegembiraan, kesedihan, dramatis hingga ambisi.
Pemasaran dan Promosi Produk atau Acara
Dalam kebutuhan untuk promosi dan pemasaran desain grafis akan efektif menciptakan visual desain yang menarik perhatian. Desain untuk materi pemasaran atau promosi harus memiliki tampilan menarik agar menarik perhatian audiens. Penting untuk menciptakan desain poster, ads media sosial dan banner yang menarik perhatian.
Tidak hanya visual yang menarik, desain pemasaran harus dibuat untuk menyampaikan dengan jelas, sederhana dan mudah dimengerti. Desain grafis bisa menciptakan berbagai materi pemasaran dengan memanfaatkan elemen visual yang memikat disesuaikan kebutuhan desain. Desain untuk pemasaran dan promosi memerlukan ukuran yang berbeda sesuai platform dan medianya.
Baca juga: Prinsip-prinsip Utama dalam Desain Poster yang Efektif
Edukasi dan Informasi
Desain grafis juga bisa digunakan untuk memberikan edukasi dan informasi pada audiens tentang sesuatu. Biasanya ini dalam bentuk konten media sosial, pamflet, banner, presentasi dan infografis. Bentuk gambar visual jauh lebih menarik perhatian dan mudah dipahami oleh audiens.
Oleh karena itu penggunaan desain grafis untuk memberikan edukasi atau informasi akan efektif dan efisien. Desain grafis dalam bentuk infografis dan ilustrasi dapat menyederhanakan informasi yang kompleks dalam bentuk visual yang sederhana.
Audiens biasanya lebih mudah memahami informasi dalam bentuk infografis, diagram, dan ilustrasi grafis. Bentuk desain grafis tersebut dapat memvisualisasikan data dan informasi yang rumit dalam bentuk visual yang sederhana dan menarik.
Desain Produk
Pada desain produk penggunaan elemen-elemen desain grafis akan menciptakan kemasan dan produk yang menarik dan unik. Desain grafis bisa menciptakan tampilan kemasan yang menarik perhatian dan membedakan dari pesaing.
Dalam desain produk penggunaan elemen identitas merek dan gambar menarik bisa mendukung tampilan visual. Desain grafis untuk kemasan bisa meningkatkan daya tarik dan memberikan pengalaman pengguna yang menyenangkan.
Ekspresi Kreativitas
Desain grafis juga memiliki fungsi untuk menunjukkan ekspresi kreatif dan inovatif. Menciptakan desain yang menarik dan unik dapat mengekspresikan kreativitas yang menarik. Dalam merancang ilustrasi atau booster dapat mengasah kreativitas dari desainer dalam menciptakan estetika.
Setiap ilustrasi niaa memiliki gaya dan teknik desain yang berbeda begitupun dengan karya desain grafis lainnya. Beda gaya desain dan desainer akan menciptakan tampilan yang berbeda.
Baca juga: Skill Penting yang Harus Dimiliki Oleh Desainer Grafis
Pelestarian Budaya dan Identitas
Desain grafis juga berguna untuk melestarikan budaya dan identitas. Dalam kebutuhan tertentu desain grafis bisa digunakan melestarikan kebudayaan dari komunitas atau kelompok. Penggunaan desain grafis untuk merancang materi seperti poster, brosur dan buku dengan gambar klasik akan membantu memperkuat identitas. Elemen atau ornamen klasik seperti gambar wayang atau batik dapat mempromosikan warisan budaya dan identitas lokal.
KESIMPULAN
Desain grafis memiliki banyak sekali fungsi dan manfaat dalam berbagai konteks dan kebutuhan. Penggunaan desain grafis dalam berbagai hal seperti bisnis, seni, hingga pendidikan dapat berguna untuk banyak hal. Desain grafis banyak dimanfaatkan untuk mengkomunikasikan visual, menyampaikan pesan, hingga membangun identitas merek yang kuat. Terutama dalam era digital ini desain grafis digunakan dalam berbagai konteks.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.