Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Tren Fashion

Spread the love

Fashion telah menjadi bagian penting dalam menunjang penampilan manusia. Terkadang kita menilai seseorang dari gaya dan penampilannya. Industri fashion terus mengalami kenaikan yang signifikan karena banyak pengaruh sosial media menciptakan tren fashion, selain itu banyak faktor lain yang mempengaruhi perubahan tren fashion.

Faktor-faktor yang mempengaruhi tren perubahan fashion
Desain Logo Unite Fashion

Terkadang selera fashion bisa menentukan kepribadian seseorang misalnya bagi seseorang yang suka berdandan merasa percaya diri dan puas dengan tampilan. Sedangkan orang yang tidak pernah berdandan karena tidak memperdulikan diri sendiri.

Adanya minat tinggi masyarakat pada fashion membuat banyak tren fashion fashion terus mengalami perubahan dan perkembangan.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Tren fashion terus berubah hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Bagi yang terjun ke bidang fashion baik penjualan atau model maupun produsen. Simak artikel ini yang akan membahas tentang faktor faktor apa saja yang mempengaruhi perubahan tren.

FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TREN PERUBAHAN FASHION

  • Tren sosial
  • Tren teknologi
  • Media sosial
  • Ekonomi
  • Globalisasi
  • Sejarah fashion
  • Kesenian dan budaya populer
  • Tren masa
  • Desainer dan brand ternama
  • Kenyamanan dan kebutuhan fungsional

Tren sosial:

Tren fashion juga dipengaruhi oleh norma sosial dan nilai-nilai yang ada di masyarakat. Nilai-nilai itu berasal kesadaran dan budaya dalam rangka menuju ke perubahan lebih baik.

Contohnya pada kesadaran lingkungan, hal ini membuat adanya kesadaran untuk menciptakan produk fashion yang berkelanjutan. Diharapkan dapat mengurangi konsumerisme pada fashion. Sampah produk tidak menumpuk karena percepatan pembelian.

Akhir-akhir juga ramai dalam upaya menjaga lingkungan untuk menghentikan produksi fast fashion. Fast fashion sendiri istilah yang mengacu produksi fashion yang cepat karena perubahan tren. Untuk mengatasi hal ini banyak pula yang menyarankan untuk membeli pakaian thrifting atau kegiatan membeli pakaian bekas.

Hal ini juga berlaku dengan pabrik tekstil diharapkan mulai menggunakan proyek ramah lingkungan, dalam proses produksi fashion.

Tren teknologi:

Teknologi adalah salah satu yang mempengaruhi perubahan tren fashion. Teknologi berperan dalam proses produksi tekstil dan desain fashion, dimana terus dikembangkan agar semakin semakin memudahkan proses produksi dan kecepatan prosesnya.

Salah satu contohnya adalah kemajuan pencetakan 3D, ini memungkinkan desainer merancang pola tertentu dan mencetak sesuai jumlah yang dibutuhkan.

Hal ini juga diharapkan dapat mengurangi pemborosan sumber daya dan dapat mendaur ulang bahan. Penggunaan teknologi juga membantu penciptaan desain yang inovatif dan kreatif. Teknologi juga telah membantu proses pemasaran dan pengiriman barang lebih cepat.

Media sosial:

Era digital ini sosial media telah menjadi platform utama yang mempengaruhi perubahan tren fashion. Banyak orang di sosial media terus menciptakan tren dan berbagai gaya fashion.

Di sosial media selebriti, influencer, dan desainer cara berpakaian dan tren yang mereka ciptakan kerap menjadi populer. Banyak orang mengikuti akun mereka untuk melihat dan meniru pakaian yang mereka kenakan.

Ekonomi

Faktor penting lainnya adalah ekonomi, naik turun perekonomian menentukan jumlah pembelian dan penjualan produk fashion. Proses produksi fashion juga dipengaruhi oleh perekonomian.

Saat inflasi atau resesi biasanya pembelian dan produksi barang fashion akan berkurang, sehingga terkadang desainnya akan lebih sederhana dan hemat.

Sementara pada saat perekonomian sedang stabil atau malah sedang di puncaknya, produksi akan dimaksimalkan banyak tren dan model baru bermunculan, model pakaiannya akan lebih mahal serta harganya yang mahal.

Globalisasi:

Terbukanya kesempatan untuk memasuki pasar global juga mempengaruhi tren fashion. Hal ini dikarenakan tren fashion di negara satu dan negara lain. Maka dari itu para produsen fashion akan berusaha merubah dan mode maupun bahannya disesuaikan dengan pasar yang dituju.

Contohnya jika ingin menjual ke negara yang sedang musim dingin kamu harus menyesuaikan desainmu agar sesuai dengan kondisi cuaca disana. Sama halnya jika ingin menargetkan negara muslim maka desain bajunya harus lebih tertutup.

Globalisasi memungkinkan adanya percampuran antar negara dalam hal tren pakaian.

Sejarah Fashion:

Sejarah selalu mengalami perulangan, tren fashion pun begitu. Kamu pasti tahu ada tren fashion tahun 90 yang kembali merebak seiring dengan tren retro.

Banyak desainer yang terinspirasi dari desain yang lama kemudian menggabungkan dengan desain baru. Hal ini dilakukan untuk menciptakan elemen tren fashion yang baru. Memang dalam dunia seni akan sangat sulit menemukan karya yang orisinil, tapi tidak mengapa selama karya itu sudah dimodifikasi.

Kesenian dan Budaya Populer:

Banyak hal yang mempengaruhi perubahan tren salah satunya adalah budaya populer, musik, seni dan film. Misalnya gaya berpakaian dari film tertentu telah menginspirasi banyak orang untuk menggunakannya.

Hal ini juga berlaku pada musik dan seni, dimana artis dan seniman banyak mempengaruhi masyarakat umum dalam hal berpakaian.

Tren Masa:

Tren fashion juga kerap dipengaruhi oleh isu-isu sosial saat ini. Contohnya di era modern dimana banyak orang sibuk kurang memperhatikan kesehatan kemudian muncul tren gaya hidup sehat.

Hal ini mempengaruhi munculnya tren gaya pakaian sporty atau athleisure. Tren ini mengkombinasikan seperti sweater dan legging, jogger pants, oversized shirt dan lainnya.

Selain itu isi fast fashion juga meningkatkan tren pakaian thrifting. Banyak mulai mencari pasar dan toko yang menjual pakaian bekas.

Desainer dan Brand Ternama:

Salah satu yang memiliki peran penting dalam perubahan tren adalah desainer. Mereka yang menciptakan desain sedikit banyak telah mengontrol perubahan tren fashion.

Desainer terus menciptakan tren baru, banyak pula yang bekerjasama dengan selebriti dan influencer untuk menarik perhatian banyak orang. Hal ini juga dilakukan oleh brand ternama.

Banyak orang menaruh perhatian setiap mereka meluncurkan model baru, apalagi jika dipakai oleh publik figur. Model baru yang diluncurkan oleh brand ternama banyak yang langsung menjadi tren, kemudian akan ditiru dan dimodifikasi oleh brand kecil.

Hal ini dilakukan oleh brand kecil menjangkau orang-orang yang tidak mampu membeli barang brand terkenal. Sekaligus bisa meraup keuntungan dari tren terkenal.

Kenyamanan dan Kebutuhan Fungsional:

Kenyaman adalah faktor penting berpakaian. Tren mungkin penting dan akan membuatmu relevan dengan yang lain. Namun pakaian yang fungsional dan nyaman pasti lebih nyaman digunakan.

Banyak orang di era ini yang suka hal sederhana dan praktis. Hal ini banyak tren fashion yang bisa menciptakan desain yang nyaman dan fungsional. Fungsional disini ranahnya pada kegunaan satu pakaian bisa dipakai pada beberapa acara.

Dalam perubahan tren fashion perlu diingat banyak hal mempengaruhi seperti media sosial, teknologi,tren masa dan lainnya. Hal ini juga ditentukan oleh minat individu pada fashion yang mempengaruhi dinamika yang terus berubah.

Fashion terus dikembangkan untuk menciptakan tren dan gaya baru, demi memenuhi permintaan masyarakat serta menciptakan angin segar bagi para pecinta fashion.

Semoga artikel ini bermanfaat. Bagi kamu yang butuh jasa desain logo fashion atau lainnya Hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan promo menarik.

Related posts