Jika ingin meraih kesuksesan dari desain logo milik brand-brand besar dunia, amati dan perhatikan bagaimana desain logo mereka. Desain logo merek terkenal dunia berhasil membangun brand recognition dan brand awareness yang kuat karena memiliki logo yang unik. Perhatikan dengan baik, logo brand terkenal dunia seringkali menggunakan elemen-elemen visual tertentu yang menjadi ciri khas.
Ambil inspirasi desain logo yang menarik dari mengamati logo terkenal, perhatikan ciri khas hingga gaya desain logo yang digunakan. Desain logo terkenal dapat membantu merkelebih dikenal dan diingat oleh banyak audiens. Amati ciri dan gaya desain logo terkenal agar bisa membantu mencari inspirasi menarik untuk identitas merek.
JIka memerhatikan desain logo brand terkenal dunia dengan baik, kamu pasti bisa melihat penggunaan ikon atau simbol yang khas pada desain logonya. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh efektivitas penggunaan elemen tersebut. Sementara itu beberapa ciri logo terkenal seperti:
- Bentuk Sederhana
- Unik dan Timeless
- Mudah diingat dan DIkenali
- Fleksibel dalam Berbagai Skala dan Platform
- Mencerminkan Identitas Merek dengan Baik
Baca juga: 9 Style Desain Logo Modern yang Unik
ELEMEN LOGO YANG SERING DIGUNAKAN PADA DESAIN LOGO TERKENAL
Penggunaan elemen-elemen visual yang menjadi ciri logo terkenal biasanya dipengaruhi jenis logo, pesan yang disampaikan dan kesan yang ingin diciptakan. Elemen visual logo seperti simbol, ikon atau bentuk tertentu dapat mempengaruhi efektivitas desain logo. Berikut beberapa elemen visual desain logo yang sering digunakan brand terkenal1 beserta contohnya:
Bentuk Geometris
Dalam desain logo penggunaan elemen bentuk geometris untuk menciptakan tampilan menarik. Bentuk-bentuk geometris bisa dimodifikasi dengan unik agar membentuk logo yang unik. Bentuk geometris bisa dijadikan simbol logo, frame logo hingga latar belakang logo seperti logo emblem.
Pemilihan bentuk geometris sendiri juga perlu menyesuaikan makna psikologi dengan pesan atau karakter merek. Setiap bentuk geometris dapat menciptakan kesan yang berbeda, untuk itu perlu memilih bentuk sesuai kebutuhan pesan. Beberapa makna dari bentuk geometris seperti:
- Kotak: penggunaan bentuk geometris ini banyak ditemui dalam berbagai desain logo seperti untuk merek supreme dan ikea. Bentuk ini dapat menciptakan kesan stabill, kuat dan menciptakan persepsi positif.
- Segitiga: Bentuk geometris ketika digunakan untuk desain logo akan menciptakan kesan kekuasaan, hirarki, dan pertumbuhan. Contohnya digunakan pada logo pada dan logo adidas/
- Lingkaran: Sementara penggunaan desain logo dengan simbol lingkaran karena bisa tampil fleksibel dan sederhana. Lingkaran pada logo seringkali digunakan untuk merepresentasikan kebebasan, kerjasama, dan kreativitas.
Pemilihan jenis bentuk geometris dalam desain logo juga banyak menggunakan bentuk geometris lainnya tidak hanya tiga tersebut. Jenis geometris lainnya seperti segienam dan segilima juga bisa digunakan untuk desain logo.
Ruang Negatif
Perhatikan logo-logo terkenal dunia menyisakan ruang negatif antar elemen yang menciptakan logo menjadi unik. Pengaturan jarak antar elemen dalam desain logo dapat membantu menciptakan tampilan logo yang efektif. Ruang negatif berperan penting dalam memastikan desain logo mudah terbaca dan dikenali bentuknya oleh audiens.
Ruang negatif yang cukup akan mematikan desain logo terlihat jelas dan tampil menarik. Antar huruf dan ikon harus memiliki beberapa jarak yang cukup sehingga tampak seimbang. Beberapa desain logo terkadang juga membuat logo terlihat tidak memiliki jarak pada elemen tertentu, contohnya fedex. Logo tersebut tidak memiliki jarak antar elemen tetapi masih terbaca dengan baik. Ini menunjukkan besar kecilnya jarak menyesuaikan kebutuhan.
Baca juga: Fungsi Ruang Negatif Antar Elemen dalam Desain Grafis
Ikon Abstrak
Banyak juga logo terkenal dunia yang menggunakan bentuk ikon logo yang terlihat abstrak. Pemilihan ikon logo abstrak bisa menciptakan bentuk logo yang unik dan tampil beda dari yang lain. Penggunaan bentuk ikon abstrak banyak dipilih meski tidak bisa langsung mencerminkan pesan atau makna tertentu.
Ikon abstrak biasanya akan memiliki makna tersirat tertentu, bentuknya yang unik bisa membuat ikon abstrak menjadi ciri khas yang unik. Brand terkenal menggunakan bentuk ikon yang abstrak karena lebih mudah tampil beda sehingga merek akan lebih mudah untuk diingat. Logo dengan ikon abstrak akan tampak menonjol dan berkesan unik ketika disandingkan dengan logo lainnya.
Warna Solid
Brand terkenal fokus dalam membangun kesadaran merek dengan menggunakan elemen yang sederhana. Untuk warna logo pada merek terkenal juga kebanyakan menggunakan warna solid. Dalam desain logo warna memiliki peran penting dalam membanguun persepsi audiens pada identitas merek.
Warna solid tanpa gradasi dan efek akan membantu desain logo lebih mudah dikenali dan digunakan. Desain logo dengan warna solid akan lebih fleksibel untuk digunakan dalam berbagai platform dan skala. Misalnya seperti warna solid dalam desain logo coca-cola, warna merah dan putih yang sulit mempertahankan bentuk sederhana logo.
Selain memerhatikan penggunaan warna solid, desain logo terkenal juga memilih warna berdasarkan makna psikologi warna untuk memastikan logo mencerminkan identitas merek dengan baik. Dalam pemilihan warna selain psikologi perhatikan skema warna dan kategori warna warm and cool color. Warna logo terkenal juga umumnya tidak menggunakan terlalu banyak warna hanya satu atau dua saja.
Baca juga: Contoh Penggunaan Variasi Desain Logo
Flowing Font
Ketika diamati beberapa brand terkenal kerap kali menggunakan jenis font yang terlihat mengalir. Gaya font script yang terlihat alami mengikuti aliran tulisan tangan cukup populer digunakan pada desain logo merek terkenal. Beberapa contoh diantaranya adalah Coca-cola, Walt Disney, Instagram, dan Dodgers.
Penggunaan jenis font yang terlihat mengalir dengan halus ini untuk menunjukkan kesan kreativitas dan tampilan yang ramah. Perusahaan yang ingin menciptakan kesan ramah dan menyenangkan seperti disney dan baskin robbins sering menggunakan gaya font yang terlihat mengalir. Biasanya font flowing ini akan dimodifikasi sehingga memiliki tampilan yang ramah dan lebih unik.
Maskot
Brand terkenal juga banyak yang memiliki bentuk logo berupa maskot atau karakter yang unik. Bentuk karakter maskot yang unik yang lebih efektif untuk membuat audiens atau konsumen mengingat merek. Pada era modern beberapa merek masih banyak yang menggunakan maskot karena membuat merek terlihat beda dari yang lain.
Desain logo maskot akan memiliki tampilan karakter yang sederhana maupun kompleks, yang dibuat memiliki pose atau ekspresi yang mewakili identitas merek. Beberapa merek terkenal berhasil membangun identitas yang kuat melalui logo maskot seperti merek pringles, KFC, dan Mixue. Bentuk maskot bisa mengambil inspirasi dari hewan atau diciptakan dengan bentuk kartun lucu yang bisa merepresentasikan identitas merek.
KESIMPULAN
Elemen visual yang digunakan dalam logo terkenal bisa menjadi inspirasi untuk menciptakan desain logo yang menarik. Simbol, ikon hingga pilihan warna logo terkenal yang berhasil membangun identitas yang kuat akan menjadi inspirasi yang efektif. Untuk menciptakan desian logo yang unik serta bisa membanguun identitas yang kuat, perhatikan pemilihn elemen visual yang bisa mencerminkan identitas merek dengan baik.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.
- Best Logo Design Elements Favored by Top Brands. (2024). zilliondesigns. https://www.google.com/amp/s/www.zilliondesigns.com/blog/best-logo-design-elements-top-brands/ ↩︎