Eksplorasi Identitas Visual: Ciri Logo Untuk Merek Kecantikan

Desain logo memiliki banyak jenis untuk memilih jenisnya biasanya disesuaikan dengan tujuan merek. Selain Jenis logo, desain logo terkadang juga dipengaruhi oleh jenis usaha, sebagai contoh merek kecantikan. Logo merek kecantikan untuk make-up dan skincare memiliki ciri dan karakteristik tersendiri.

Eksplorasi Identitas Visual Ciri Logo Untuk Merek Kecantikan
Desain Logo Glam Glow

Logo umumnya menggunakan sebuah ikon kemudian diikuti nama mereknya. Terkadang ada juga yang berupa nama merek atau inisialnya. Ada juga yang berbentuk abstrak dan tidak mencerminkan identitas merek secara langsung.

Sementara desain logo untuk merek skincare memiliki beberapa karakteristik. Sebagian besar logo untuk merek kecantikan memberikan kesan elegan dan feminim. Sesuai dengan sasaran produknya yang menargetkan lebih banyak perempuan daripada laki-laki.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Dalam menciptakan logo penting untuk selalu melakukan eksplorasi, agar dapat menciptakan desain logo kreatif dan unik. Persaingan yang ketat membuat logo harus didesain untuk mudah diingat. Terutama pada bisnis kecantikan yang terus berkembang pesat dan memiliki persaingan yang sengit.

Mengetahui ciri desain logo kecantikan akan untuk mempertimbangkan desain logo yang sesuai. Artikel ini akan membahas ciri desain logo yang sering dipakai untuk merek kecantikan.

CIRI DESAIN LOGO MEREK KECANTIKAN

Beberapa ciri logo secara umum mungkin memang sama, tetapi setiap jenis usaha terkadang memiliki hal yang menonjol. Desain logo terkadang fokus menunjukkan jenis usaha merek agar mudah dikenali. Berikut beberapa cirinya:

Elegan

Salah satu ciri utama dalam desain logo kecantikan adalah elegan. Biasanya pada bentuk ikon atau simbol apapun desain logo merek kecantikan akan memberikan kesan elegan. Bentuknya sengaja dibuat untuk mencerminkan kemewahan dan elegan untuk menarik perhatian pelanggan wanita.

Termasuk juga pada desain kemasan atau materi promosi, desain akan memiliki kesinambungan dengan identitas merek. Sehingga kemasan pun memberikan kesan elegan.

Alasan mengapa sebagian besar logo kecantikan elegan, ini karena target pasarnya perempuan. Untuk produk skincare khusus laki-laki biasanya logonya dibuat minimalis sederhana.

Penggunaan Tipografi Elegan

Untuk tipografi pada desain logo yang menggunakan nama merek, merek kecantikan biasanya menggunakan tipografi yang elegan. Jenis huruf yang dipilih cenderung sederhana namun masih memberikan kesan elegan. Tipografi yang sederhana dan minimalis akan mudah diingat dan dikenali.

Salah satu aspek penting jika menggunakan logo berupa nama adalah keterbacaannya. Pelanggan dari produk kecantikan kebanyakan melihat nama merek saat memilih produk. Sehingga penting memiliki logo yang mudah dibaca.

Meskipun banyak logo sederhana digunakan, terkadang untuk memberikan kesan elegan logo untuk kecantikan akan memilih huruf yang elegan. Biasanya yang memiliki ornamen pada ujung hurufnya, terkadang huruf yang bersambung.

Ikon Logo berupa Nama Merek

Untuk membangun merek kecantikan yang kuat akan lebih mudah jika menggunakan tulisan nama merek sebagai logo. Terutama jika nama merek hanya satu atau dua kata saja. Menggunakan nama merek sebagai logo akan efektif karena tidak terlalu panjang.

Konsumen merek kecantikan cenderung memperhatikan nama merek ketika akan membeli produk berbeda dengan merek lainnya. Untuk itu penggunaan nama merek bisa efektif mengenalkan merek pada audiens.

Logo yang berupa nama merek akan mudah diterapkan pada berbagai kebutuhan tanpa kehilangan kejelasan. Ini memungkinkan untuk membangun identitas merek dengan kuat.

Kombinasi Inisial dan Ikon (Bunga atau Siluet Wajah)

Beberapa logo Skincare juga menggunakan inisial nama merek sebagai logo, biasanya karena namanya panjang atau agar terlihat sederhana. Meskipun menggunakan inisial kombinasi yang diciptakan terkadang dibentuk agar terlihat elegan.

Terkadang logo inisial ini kemudian dikombinasikan lagi dengan ikon seperti bunga atau siluet wajah. Kombinasi ikon dan huruf ini akan menghasilkan desain yang unik dan memberikan kesan yang elegan.

Biasanya untuk logo inisial merek skincare, tipografi hurufnya pun elegan. Huruf inisial akan dikreasikan ke bentuk yang unik, namun masih memperlihatkan inisialnya.

Penggunaan Warna Cerah atau Pastel

Logo skincare kebanyakan menargetkan perempuan sehingga terkadang memilih warna cerah atau pastel. Warna cerah yang lembut akan memberikan nuansa feminim dan elegan yang bisa menarik perhatian perempuan.

Untuk meningkatkan keterbacaan logo terkadang desain logo hanya menggunakan satu warna saja. Ini akan memudahkan logo ditempatkan pada berbagai media.

Warna Mewah dan Netral

Selain warna pastel yang lembut, desain logo skincare kerap kali menggunakan warna netral seperti hitam atau putih. Hal ini karena warna hitam dan putih cukup fleksibel digunakan pada berbagai warna latar belakang. Sehingga logo akan tetap terlihat jelas pada berbagai media.

Sementara warna mewah seperti gold dan hitam juga sering digunakan. Warna ini memberikan logo kesan mewah dan elegan. Penggunaan warna ini pada logo akan memberikan kesan bahwa merek adalah merek mewah.

Ikon Simbolis Elegan seperti bunga

Selain banyak menggunakan tulisan nama merek sebagai logo, merek kecantikan juga kerap menggunakan ikon yang memberikan kesan elegan. Ikon yang sering digunakan seperti bunga atau ornamen abstrak.

Bunga kerap dijadikan lambang keindahan dan keanggunan yang cocok untuk merek kecantikan. Merek kecantikan terkadang ingin menyampaikan pesan keanggunan melalui bunga.

Ada banyak sekali bunga yang bisa digunakan sebagai ikon, yang mana setiap bunga memiliki makna tersendiri. Ikon bunga yang dimodifikasi dengan indah bisa menjadi logo yang unik dan berkesan.

Minimalis dan Sederhana

Logo untuk merek kecantikan sangatlah mengutamakan kejelasan bentuk desain logo. Pelanggan merek kecantikan akan melihat logo terlebih dahulu, ketika logo konsisten akan terlihat dapat dipercaya.

Logo minimalis dan sederhana akan mudah diterapkan pada berbagai media dan masih terlihat jelas. Baik bentuk logo maupun tulisan nama mereknya akan membuat logo konsisten. Ini memungkinkan merek mudah dikenali dan diingat audiens, sehingga dapat membangun merek yang kuat.

KESIMPULAN

Desain logo secara umum, memiliki ciri yang disesuaikan dengan kebutuhan logo. Logo biasanya membawa pesan merek, sehingga desain disesuaikan dengan nilai dan karakter merek termasuk logo merek kecantikan. Banyak logo merek kecantikan baik make-up atau skincare memiliki ciri seperti logo elegan, warna pastel, dan logo berupa nama merek. Pemilihan desain logo kecantikan biasanya ditentukan dari kebutuhan dan tren pasar.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts