Desktop Publishing: Definisi, Proses dan Aspek Pentingnya

0
(0)

Dalam dunia desain untuk menciptakan desain materi cetak dan digital seperti buku majalah, poster, pamflet dan lainnya, ada prosesnya tersendiri. Ini masih terkait dengan dunia desain karena dalam prosesnya terdapat menyusun, merancang, dan mengatur elemen teks dan gambar. Proses ini disebut desktop publishing yaitu fokus untuk menciptakan karya cetak berkualitas dengan perangkat lunak khusus.

Biasanya desktop publishing ini menyusun dan merancang materi cetak dengan menggunakan Adobe InDesign, Microsoft Publisher, atau QuarkXPress. Perangkat lunak ini akan memudahkan dalam proses mengatur elemen desain seperti teks, gambar, warna, hingga bentuk. Proses yang disebut desktop publishing memungkinkan perusahaan atau pencetak mendesain materi cetak rapi dan terlihat profesional.

Proses dalam Desktop Publishing

Dalam menciptakan materi cetak, ada beberapa proses dalam desktop publishing ini, simak beberapa prosesnya ini:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Desain Layout

Sebuah materi cetak seperti buku, majalah, atau poster ini penting untuk mengatur layoutnya agar rapi dan terkonsep dengan baik. Jika layoutnya rapi ini akan memengaruhi tingkat keterbacaan dan tampilan desainnya. Maka penting untuk mengatur tata letak teks, gambar, jarak antar baris dan elemen lainnya, ini dapat memengaruhi tampilan desain. Layout ini juga termasuk dengan penempatan elemen, ukuran hingga formatnya, elemen-elemen ini diatur sesuai kebutuhan.

Penggunaan Software DTP

Untuk mengatur layout dengan rapi dan konsisten gunakan bantuan perangkat lunak untuk desktop publishing. Perangkat lunak seperti adobe InDesign akan membantu menciptakan layout yang rapi dengan mudah. Sehingga dapat menghemat waktu dalam mengatur desain buku atau majalah.

Manipulasi Teks dan Gambar

Untuk menciptakan tampilan desain yang menarik, kreasikan berbagai elemen termasuk teks, jenis huruf, ukuran hingga gambar. Melakukan pendekatan dengan memvariasikan elemen akan membuat desain lebih menarik dan unik. Namun tetap harus disesuaikan dengan konsep materi cetak tersebut. Pengeditan gambar dengan cropping, hingga pengubahan ukuran sesuaikan dengan desain materi cetak.

Pengaturan Aspek Teknis Cetak

Ketika akan mencetak materi cetak yang sudah selesai disusun, dirancang dan diatur elemen desainnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasil cetak terlihat bagus. Pertimbangkan ukuran kertas yang akan digunakan untuk mencetak desain, apakah desain buku akan tetap terlihat bagus dan cocok untuk format yang sudah dibuat. Perhatikan pula warna, resolusi gambar hingga pengaturan margin, Mengecek aspe ini akan memastikan dokumen siap cetak dan hasilnya berkualitas tinggi.

Beberapa Aspek Penting dalam Desktop Publishing

Desktop publishing telah membawa perubahan pada proses mencetak materi cetak atau dokumen seperti buku atau majalah. Adanya proses ini memungkinkan orang dapat mengatur desain dan format dengan mudah. Ini juga membantu proses produksi bisa lebih cepat dan efisien.

Berikut ini beberapa aspek utama yang perlu diketahui untuk menciptakan materi cetak atau digital yang berkualitas:

Tata Letak dan Desain Grafis

Tata letak atau Layout: Dalam dokumen layout memiliki peran penting sebagai dasar desain, ini karena layout ini dapat memengaruhi tata letak gambar atau teks. Biasanya tata letak diatur agar menciptakan hirarki visual dengan mengatur teks, gambar, dan elemen grafis lainnya. Pengaturan tata letak ini akan membuat pembaca bisa fokus pada informasi penting dan mudah memahaminya.

Desain Grafis: Desain materi cetak banyak menggunakan elemen grafis untuk memperindah tampilan desain. Untuk itu penting memilih elemen yang tepat, dengan memperhatikan pula formatnya. Penataan dan pembuatan elemen grafis juga perlu mempertimbangkan prinsip dalam desain seperti kesimbangan dan kontras.

Tipografi yang Tepat

Informasi dalam materi cetak atau dokumen akan mudah dibaca dan dipahami jika dapat memilih jenis huruf yang sesuai. Jenis huruf yang sederhana dan konsisten digunakan pada seluruh dokumen akan memudahkan pembacaan. Jika ingin memvariasikan jenis huruf gunakan pada bagian sampul atau judul saja.

Perhatikan pula tentang ukuran font, jarak antar baris hingga spasi antar kata, hal ini juga bisa memengaruhi keterbacaan. Jarak spasi dan ukuran font sangat berpengaruh pada keterbacaan selain dari jenis hurufnya. Pastikan untuk menggunakan ukuran yang tepat dan mengatur jarak dengan baik.

Manipulasi Gambar dan Grafis

Pada desain buku atau majalah yang untuk dicetak biasanya kualitas desain atau gambar memengaruhi kualitas cetak. Gunakan resolusi desain dengan kualitas tinggi karena ini berperan penting untuk menghasilkan desain yang terlihat jelas ketika sudah dicetak.

Ketika melakukan pengeditan gambar atau elemen lainnya agar desain tampil lebih rapi dan menarik. Perhatikan kualitasnya tetap sama meski elemen grafis sudah dipotong dilakukan penyesuaian yang lainnya. Ini akan mengoptimalkan hasil desain cetak yang berkualitas dan menarik.

Warna dan Manajemen Warna

Biasanya desain materi cetak akan memiliki warna atau palet warna yang dijadikan tema dalam keseluruhan desain. Pastikan palet warna yang dipilih sesuai tujuan desain dan cocok diterapkan pada keseluruhan desain. Jika warna digunakan konsisten pada seluruh dokumen, ini akan menciptakan merek yang konsisten.

Konsistensi warna juga harus diperhatikan ketika akan dicetak, terkadang warna bisa berubah dan tidak sesuai harapan saat dicetak. Gunakan CMYK untuk mencetak dokumen agar hasilnya sama dengan desain digitalnya.

Konsistensi dan Kesesuaian dengan Output Akhir

Sebelum dicetak pastikan semua desain secara keseluruhan sudah konsisten mulai dari tata letak halaman, teks, gambar, jenis font hingga elemen grafis lainnya. Konsistensi ini akan memastikan hasil cetak akan terlihat rapi dan profesional. Pastikan desain dokumen sudah benar-benar siap dna sesuai dengan harapan output akhir baik untuk dicetak maupun keperluan digital.

KESIMPULAN

Dalam proses menciptakan materi cetak seperti poster, buku atau majalah ini perlu memperhatikan beberapa aspek penting. Pemanfaatan desktop publishing ini sebagai perangkat lunak yang bisa mempermudah merancang, menyusun dan mengatur tata letak pada desain cetak. Ini akan mempermudah menciptakan desain yang efisien dan cepat serta materinya terlihat menarik dan mudah dibaca.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts