Konten untuk promosi harus membuat orang yang melihat tertarik untuk membeli produk atau mendaftar layanan. Konten untuk ada banyak sekali bentuknya mulai dari poster, konten postingan, konten story, video, gambar, banner hingga desain iklan. Dalam membuat konten promosi usaha atau layanan haruslah memiliki desain yang menarik dan bisa sampai pada sasaran.
Penting untuk memperhatikan beberapa hal agar pesan desain bisa tersampaikan dengan efektif. Desain konten harus bisa mewakili pesan secara efisien dan tidak membingungkan.
Desain berperan penting untuk meningkatkan minat pelanggan, melalui desain sederhana dan mengutamakan poin-poin penting pesan merek atau produk. Iklan yang menarik akan meninggalkan kesan pada ingatan audiens. Pemilihan kata dan konsep sangat penting.
BEBERAPA TIPS MEMBUAT DESAIN KONTEN PROMOSI YANG MENARIK
Memahami Karakter dan Perilaku Target Audiens
Penting untuk memahami perilaku audiens mengamati dan cara menjangkau mereka dengan tepat. Termasuk juga sosial media yang mereka gunakan, perilaku dan karakter audiens, dan bagaimana audiens dalam mengikuti.
Jika target audiens adalah orang-orang modern dan anak muda, maka desain artistik, minimalis dan berkonsep futuristik bisa menjadi pilihan. Sementara generasi yang lebih tua cenderung suka desain klasik dengan banyak ornamen dan warna.
Biasanya perilaku audiens pada sosial media juga berbeda-beda, ada tipe orang yang hanya suka mengamati, ada juga yang suka mengupload konten yang mengikuti tren. Dengan memahami hal-hal seperti akan membantu dalam merancang desain konten yang cocok untuk berbagai audiens.
Desain Yang Cocok Untuk Semua Media dan Platform
Untuk memaksimalkan promosi, lakukan di semua media termasuk cetak dan digital seperti sosial media. Beda media ukurannya pun akan berbeda penting untuk membuat desain konten yang disesuaikan berbagai ukuran. Untuk iklan cetak seperti papan iklan juga memiliki ukuran khusus.
Tentukan media apa saja yang akan digunakan untuk promosi buat desain dengan tema yang sama namun memiliki berbagai ukuran. Perlu dipahami juga jika hasil desain digital dan cetak akan berbeda, terkadang butuh penyesuaian lagi untuk warnanya.
Untuk desain promosi digital biasanya setiap sosial media memiliki ukuran yang berbeda, penting untuk membuat semua ukuran pada desain yang sama. Cari tahu semua ukuran untuk promosi di sosial media yang digunakan. Menyesuaikan ukuran untuk setiap konten akan memudahkan saat proses pengunggahan, desain pun akan tetap terlihat jelas dan tidak terpotong karena sudah disesuaikan terlebih dahulu.
Gunakan Warna Merek Sebagai Tema Untuk Semua Desain
Penting dalam membuat konten promosi untuk menggunakan warna tema yang sama pada semua konten. Jika merek atau produk memiliki warna yang dijadikan sebagai tema, gunakan ini untuk membuat desain promosi.
Gunakan warna merek sebagai warna utama desain, namun tetap bisa mencampurkan dengan warna lain tapi tema masih dominan. Ini akan menjadi ciri khas menarik untuk merek tersebut yang akan membuat audiens mengingat warna itu sebagai warna khas merek.
Ini seperti warna biru dan kuning yang identik dengan merek Ikea. Warna merah pada Coca Cola dan warna biru pada merek aqua. Dari contoh warna merek terkenal ini kita tahu bahwa warna memiliki peran dalam membangun identitas.
Desain Menarik Untuk Membangun Branding Yang Konsisten
Desain untuk konten promosi juga harus mewakili identitas merek, mulai dari warna, logo dan elemen desain yang terkait dengan merek. Penempatan semua elemen merek akan membantu membangun identitas yang kuat.
Tempatkan semua elemen sesuai porsi dan ukuran yang pas. Penting untuk mengatur tata letak yang efektif agar tidak poin penting yang ingin disampaikan dalam promosi. Penggunaan elemen desain yang konsisten pada semua konten promosi di berbagai media akan membantu membangun identitas merek yang kuat.
Membuat Desain Menarik Dari Visual Pertama
Biasanya saat melihat konten promosi, orang akan pertama melihat dari bagian atas atau tengah. Maksimalkan desain dengan meletakkan poin penting pada bagian tengah dan atas.
Pelanggan biasanya hanya akan melihat bagian atas dan tengah pada konten iklan, jika tidak bisa menarik saat pertama dilihat, maka desain hanya dilewati dan pesan tidak tersampaikan dengan baik.
Gunakan Gambar Dan Desain Berkualitas Tinggi
Penting menggunakan gambar dengan kualitas tinggi, agar mudah dibaca. Biasanya kualitas gambar bisa menurun ketika diunggah untuk mengantisipasi hal ini gunakan gambar dengan kualitas yang tinggi. Desain akan lebih menarik dan jelas dengan resolusi gambar yang tinggi.
Konten promosi akan mudah dipahami dan dibaca oleh audiens. Jika gambar berkualitas buruk ini akan menurunkan kepercayaan pelanggan pada kualitas produk.
Gunakan Tipografi Yang Mudah Dibaca
Estetika dalam desain mungkin penting untuk membuat desain lebih menarik. Namun apa gunanya jika tulisan tidak dibaca karena menggunakan tipografi yang unik.
Dalam membuat konten promosi, keterbatasan adalah hal utama. Ini karena promosi bertujuan untuk menyampaikan pesan seperti produk atau layanan baru, informasi acara dan promosi diskon. Jika hal seperti ini tidak diperhatikan pesan dari desain akan tidak jelas. Lalu tujuan pembuatan konten akan sia-sia.
Pilih tipografi yang mudah dibaca dan cocok untuk tema desain konten. Gunakan tipografi sederhana tanpa ornamen berlebihan untuk menyampaikan informasi dalam desain dengan baik.
Gunakan Tombol CTA atau Tautan Link
Penggunaan tautan link yang bisa tertuju langsung pada produk, layanan atau tiket penjualan, akan memudahkan pelanggan. Ini kerap digunakan untuk mendorong pelanggan langsung membeli atau menuju ke layanan yang dipromosikan.
Gunakan Psikologi Warna Untuk Menarik Perhatian
Setiap warna biasanya memiliki pengaruh emosi dan persepsi terhadap merek. Penggunaan warna hitam, putih dan abu-abu akan memberikan kesan elegan dan profesional untuk merek.
Sementara warna cerah akan menunjukkan keceriaan. Pilih warna untuk desain yang bisa mewakili merek dalam menyampaikan pesan.
Buat Konten Promosi Video Atau Animasi Bergerak
Berkat teknologi yang terus berkembang, banyak konten promosi sekarang dibuat kedalam bentuk video atau animasi. Sekarang bahkan banyak orang bisa membuat video atau animasi menarik hanya menggunakan perangkat pribadi.
Penggunaan konten interaktif berupa video, bisa menarik perhatian audiens. Ada beberapa yang lebih suka menonton video daripada membaca gambar. Menggunakan video juga membuat pesan tersampaikan dengan mudah dan jelas.
KESIMPULAN
Membuat desain konten promosi yang menarik sangatlah penting untuk menggaet perhatian audiens. Dengan memperhatikan aspek-aspek penting mulai dari pembuatan desain yang mewakili merek, ramah untuk semua perangkat, dan lain-lain, akan membuat konten promosi tersampaikan dengan baik.
Jika terlalu sulit memikirkan sendiri desain konten untuk promosi, kamu bisa menggunakan jasa desain.
Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.