Desain Kartu Nama: Hal Penting yang Harus Ada dalam Desainnya

0
(0)

Dalam lingkup bisnis penting untuk membangun relasi dan saling melakukan perkenalan antar pengusaha atau karyawannya. Biasanya perkenalkan ini bertujuan membanguun relasi yang kuat, pertukaran kartu nama akan membantu mengenal relasi dan dapat mudah menghubungi mereka. Ini karena ada hal-hal penting dalam desain kartu nama sebagai identitas pribadi dan merek.

Kartun nama merupakan kertas kecil yang biasanya berisi info kontak, email, nama, pekerjaan dan perusahaan. Perusahaan besar biasanya akan memberikan setiap karyawan kartu nama, desain kartu nama akan sama dengan karyawan satu perusahaan.

Desain kartu nama sebagai identitas pribadi yang mewakili identitas personal biasanya berisi informasi penting. Untuk kartu nama yang diberikan perusahaan biasanya desainnya akan dibuat dengan elemen desain identitas perusahaan, seperti logo dan warna officialnya.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Untuk desain kartu nama personal, bisa disesuaikan dengan keinginan. Kartu nama bukan hanya identitas pribadi tetapi juga mencerminkan banyak hal. Simak beberapa hal yang harus ada dalam desain kartu nama dalam artikel ini.

BEBERAPA HAL PENTING DALAM DESAIN KARTUN NAMA

Desain kartu nama biasanya sederhana tapi masih memiliki unsur warna, elemen tertentu, logo, dan informasi penting. Berikut beberapa hal yang ada dalam desain kartu nama:

Terdapat Elemen Desain sebagai Hiasan

Tidak hanya berisi identitas tetapi desain kartu nama juga harus memiliki tampilan yang menarik. Untuk menciptakan tampilan yang menarik biasanya menggunakan elemen desain seperti corak tertentu, garis, hiasan ornamen, serta ikon-ikon penting seperti berbentuk ikon instagram.

Penggunaan elemen ini akan membuat tampilan desain lebih menarik jika ditata dengan baik. Perlu diingat untuk tetap membuat tampilan kartu nama yang sederhana. Jangan terlalu banyak menggunakan elemen, ini akan dapat membuat informasi kontak tidak terbaca terbaca jelas.

Informasi Kontak yang Jelas dan Lengkap

Dalam kartu harus ada informasi kontak yang jelas yang bisa digunakan untuk menghubungi pemilik kartu nama tersebut. Informasi yang tertera dalam kartu nama ini mulai dari nomor telepon, kantor, email, akun sosial media, jabatan, dan nama pemilik kartu.

Informasi dalam kartu nama ini terkadang disesuaikan keinginan pribadi atau berdasarkan ketentuan perusahaan. Detail informasi yang tercantum jelas pada kartu nama bisa membantu orang mengenali identitas si pemilik kartu nama. Untuk informasi lain bisa juga ditambahkan sesuai keinginan pengguna.

Pilih Jenis Huruf yang Mudah Dibaca

Penting untuk memastikan informasi dalam kartu nama terbaca dengan jelas. Termasuk angka, terkadang ada beberapa jenis font yang membuat angka terlihat tidak jelas. Padahal angka cukup krusial, jika salah membaca maka tidak berhasil menghubungi pemilik kartu nama tersebut.

Untuk itu gunakan jenis huruf yang mudah dibaca baik huruf maupun angkanya. Jenis hurufnya harus jelas agar bisa mudah dipahami oleh pembaca.

Desain huruf yang rumit bisa membuat kartu nama sulit dipahami dan informasi kontak akan menjadi sia-sia. Termasuk pilih jenis huruf yang terlihat jelas pada ukuran kartu nama yang kecil.

Gunakan Ukuran yang Tepat

Kartu nama biasanya berukuran kecil, standarnya yaitu sekitar 3,5 x 2 inchi. Ukuran kartu nama yang kecil ini membuat kartu nama fleksibel untuk dibawa dan tidak memakan tempat.

Ukuran ini membuat kartu nama bisa diletakkan didalam dompet, holder kartu nama dan saku. Kemudahan untuk disimpan membuat kartu nama dijadikan pilihan sebagai identitas pribadi yang berisi kontak penting untuk diberikan pada klien.

Terdapat Logo untuk Branding

Sebagai bagian dari identitas perusahaan atau pribadi, pada desain kartu nama akan terdapat logo atau elemen branding. Elemen branding yang bisa mewakili perusahaan biasanya warna dan tipografi, terkadang juga elemen tertentu yang bisa mencerminkan jenis usaha atau pesan perusahaan.

Adanya elemen identitas perusahaan ini dijadikan sebagai salah satu strategi branding yang kuat. Elemen tersebut membantu orang mudah mengingat merek atau perusahaan dari penggunaan elemen desain pada desain kartu nama.

Warna yang Konsisten dengan Perusahaan atau Merek

Untuk warna kartu nama, pilih palet warna yang sesuai dengan warna logo perusahaan atau merek. Penggunaan warna yang konsisten dengan perusahaan atau merek ini akan membangun kesadaran merek yang kuat dan menciptakan konsistensi.

Warna merek ini bisa digunakan pada warna, elemen, ikon dan teks, sementara layar belakang jika menggunakan warna netral agar tulisan dan elemen terlihat jelas. Penting untuk menyesuaikan pilihan agar kontras dengan latar belakang sehingga informasi terbaca dengan baik.

Sisakan Ruang Kosong

Desain pada kartu ini tidak boleh terlalu penuh dan sebisa mungkin diberikan jarak antar elemen dan teks. Ini berguna agar berbagai informasi kontak dan identitas merek terlihat jelas. Terlalu banyak elemen dengan jarak berdekatan akan membuat pembaca kesulitan.

Apalagi ukuran kartu nama yang cenderung kecil, harus bisa memanfaatkan elemen dengan secukupnya saja, dan fokus memberikan ruang kosong antar elemen. Ornamen hiasan bisa ditata di pinggir atau pojok sementara bagian tengah fokus pada identitas dan informasi.

Memberikan Kesan Profesional

Kartu nama biasanya harus memiliki kesan profesional yang mewakili personal. Ini akan meningkatkan kepercayaan klien. Desain yang berkesan profesional harus memperhatikan tata letak elemen.

Atur tata letak berbagai elemen yang rapi, pastikan teks sejajar satu sama lain. Selain itu pilih warna yang tepat dan minimalis untuk menciptakan kesan profesional. Desain kartu nama yang sederhana dan minimalis akan membuat desain terlihat profesional dan mudah dibaca.

Kertas yang Berkualitas

Untuk menciptakan kesan profesional dan membangun kesadaran merek yang kuat, gunakan kertas yang berkualitas. Kualitas kertas bisa memengaruhi hasil desain kartu nama yang menarik.

Gunakan kertas yang mengkilap, dan sedikit tebal agar kartu nama bisa bertahan lama. Selain itu pastikan kualitas cetakan tidak membuat tulisan cepat pudar. Kertas dan desain yang menarik akan menciptakan kesan tertentu pada desain.

KESIMPULAN

Kartu nama sebagai identitas personal harus bisa memberikan informasi yang jelas dan memiliki desain yang menarik untuk mewakili merek. Untuk yang diberikan perusahaan biasanya desainnya akan dibuat sama dengan seluruh karyawan dan dijadikan identitas personal yang masih terkait dengan perusahaan. Ada banyak informasi penting yang tercantum dalam kartu nama seperti logo merek, nama, email, jabatan dan informasi kontak lainnya. Penting untuk individu yang bekerja secara aktif bertemu dengan klien untuk memiliki kartu nama.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts