Desain Identitas Perusahaan: Tujuan, Alasan Dan Komponennya

Corporate Identity Design atau yang biasa dikenal dengan desain identitas untuk perusahaan ini merupakan proses menciptakan elemen visual yang dapat mencerminkan identitas merek. Elemen visual untuk membangun identitas perusahaan ada beberapa jenisnya mulai dari logo, warna, desain situs web dan lain-lain. Termasuk jua perlengkapan seperti, kartu nama, kop surat, amplop dan elemen visual lainnya.

Desain berperan penting untuk memberikan tampilan visual menarik pada semua aspek penting perusahaan. Jika unsur-unsur mulai dari logo hingga kartu nama memiliki desain yang menarik ini bisa meningkatkan daya tarik perusahaan. Agar desain bisa membangun identitas perusahaan harus secara konsisten diterapkan pada semua hal termasuk pada semua desain untuk pemasaran.

Aspek-aspek seperti warna, tipografi, dan gaya drain harus konsisten pada semua desain terkait perusahaan. Ini akan menjadi wajah bagi perusahaan pada ranah publik. Desain yang konsisten akan menciptakan citra yang positif. Untuk menciptakan desain yang menarik dalam rangka membangn identitas yang kuat, biasanya perusahaan akan bekerja sama dengan desainer atau penyedia jasa desain kreatif seperti jasa desain logo.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Artikel ini akan membahas tentang identitas perusahaan, mulai dari tujuan, alasan hingga komponen-komponen yang membangun identitas perusahaan.

TUJUAN

Desain identitas perusahaan yang terkonsep dengan baik sesuai nilai perusahaan akan membantu dalam membangun identitas yang kuat dimata konsumen dan mudah dibedakan dari pesaing.

Identitas yang kuat: Penting bagi perusahaan untuk membangun identitas yang kuat demi keberlanjutan bisnis dalam jangka panjang. selain itu, perusahaan yang memiliki identitas kuat akan mudah diingat dan dikenal publik. Untuk membangun identitas perusahaan penting memilih desain yang sederhana namun berdampak.

Pembeda dari pesaing: Identitas perusahaan yang unik dan berbeda akan mudah dibedakan saat dipasaran, selain itu akan mudah dikenali. Pantau tren desain dan ciptakan desain baru yang berbeda agar tampil segar dan berbeda dengan desain dari pesaing.

ALASAN

Desain identitas perusahaan harus diciptakan dan dibuat dengan baik agar bisa membedakan perusahaan dari pesaing, menciptakan kesan profesional dan membangun ikatan emosional yang kuat dengan pelanggan.

Jika identitas perusahaan bisa mencerminkan kesan profesional, ini akan membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan pada perusahaan. Identitas perusahaan juga bisa membangun interaksi dengan pelanggan jika merek meninggalkan kesan yang kuat dalam kampanyenya.

KOMPONEN-KOMPONEN PENTING DALAM IDENTITAS PERUSAHAAN

Desain Logo

Logo adalah salah satu elemen penting dalam desain identitas perusahaan. Desain logo merupakan cerminan dari nama perusahaan atau nilai perusahaan. Logo adalah tampilan visual utama yang mewakili perusahaan. Semua aspek dalam logo harus bisa mencerminkan perusahaan mulai dari bentuk ikon, warna hingga tipografi.

Desain logo perusahaan selain memiliki nilai-nilai perusahaan juga membawa pesan yang ingin disampaikan perusahaan pada audiens. Perlu dipikirkan secara matang makna dan kesan yang ingin disampaikan saat memilih elemen untuk logo perusahaan. Mulai dari makna warna, makna ikon dan kesan seperti apa yang ingin ditampilkan di hadapan publik.

Misalnya desain logo yang sederhana dan minimalis akan memberikan kesan profesional dan terpercaya. Sementara desain dengan ikon unik akan membuat desain mudah menonjol di antara pesaing seperti desain logo ilustrasi wajah atau karakter.

Jenis Huruf atau Tipografi

Jenis huruf yang digunakan pada logo dan semua aspek desain untuk keperluan promosi atau konten harus konsisten dan sesuai citra perusahaan. Saat memilih jenis huruf selain memperhatikan citra perusahaan juga perlu memperhatikan tingkat keterbacaan huruf.

Dalam desain identitas perusahaan penting memilih huruf yang sederhana dan jelas. Ini karena biasanya sebagai identitas perusahaan jenis huruf akan dipakai dalam semua media dan ukuran, Jika huruf sulit dibaca maka dalam ukuran yang lebih kecil tidak akan bisa dibaca. Jika huruf mudah dibaca maka akan audiens pun akan mudah dalam mengingatnya.

Warna Logo

Biasanya warna perusahaan akan digunakan dalam semua desain identitas perusahaan yang lain. Perusahaan harus memiliki warna official yang mewakili mereka untuk digunakan dalam berbagai aspek.

Warna harus mencerminkan citra perusahaan apakah profesional, menyenangkan, keberanian atau lainnya. Dalam memilih warna perlu untuk mepertimbangkan psikologi warna. Terkadang bisa mempengaruhi emosi audiens saat melihat warnanya, misalkan warna hijau akan memberikan kesan kesegaran.

Desain Situs Web

Dalam desain identitas perusahaan, desain untuk situs web juga merupakan elemen yang penting dalam membangn identits perusahaan. Desain situs web harus dioptimalkan untuk memudahkan navigasi dan meningkatkan pengalaman pelanggan saat mengunjungi situs web.

Warna yang digunakan dalam situs web juga disesuaikan dengan warna tema perusahaan. Desain website perusahaan yang menarik rapi dan mudah digunakan akan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Aplikasi Seluler

Bagi perusahaan yang memiliki aplikasi sendiri, biasanya digunakan untuk meningkatkan pengalaman pengguna seperti aplikasi pembelian produk atau untuk memudahkan layanan. aplikasi seluler juga bagian dari desain identitas perusahaan yang memiliki peran untuk membangun citra perusahaan.

Aplikasi harus didesain dengan elemen-elemen yang mewakili perusahaan, sebagai bagian dari identitas perusahaan akan membantu membangun hubungan dengan pelanggan. Pemilihan warna harus sesuai dengan warna identitas perusahaan, selain itu untuk jenisnya harus memiliki keterbacaan yang jelas. Jika memungkinkan biasanya akan menggunakan font yang sama dengan logo.

Brosur, Pamflet, Banner dan Booklet

Ini juga bagian dari desain yang mewakili identitas perusahaan, desain brosur dan teman-temannya disesuaikan dengan warna, logo dan elemen visual lainnya. Brosur, Pamflet, Banner dan Booklet merupakan desain yang memberikan informasi dengan tampilan visual yang menarik.

Desain pamflet, brosur dan lainnya yang menarik bisa membuat audiens tertarik mengetahui informasi didalamnya, jika desain brosur atau banner menarik juga akan menciptakan identitas perusahaan yang kuat. Ini karena desain untuk keperluan pemasaran ini akan sering dilihat orang.

Kop Surat

Kop surat juga termasuk identitas perusahaan, ini karena kop surat mewakili perusahaan dan identitas perusahaan dalam surat kontrak, perjanjian atau kerjasama. Desain kop surat mencerminkan identitas masyarakat dalam hal dokumen.

Kartu Nama

Kartu nama juga merupakan identitas perusahaan baik untuk individu setiap karyawan. Perusahaan biasanya menyediakan desain kartu nama yang bisa dipakai oleh karyawan, Ini sebagai identitas mereka saat mewakili perusahaan. Kartu nama berisi informasi nama karyawan, jabatan beserta nama perusahaannya.

KESIMPULAN

Desain identitas perusahaan mencerminkan nilai yang mewakili perusahaan. Identitas perusahaan memiliki banyak komponen mulai dari logo, warna, tipografi hingga desain untuk pemasaran. Hal-hal tersebut akan membangun citra perusahaan pada pelanggan.

Nah setelah mengetahui beberapa aspek yang termasuk identitas perusahaan, apakah perusahaan milikmu sudah konsisten dalam penerapannya.

Bagi kamu yang membutuhkan jasa desain logo, Hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo yang menarik.

Related posts