Dalam desain grafis terdapat dua jenis desain yaitu ama bentuk desain datar 2D dan desain nyata 3D. Umumnya efek nyata pada desain dapat menciptakan kesan nyata, sementara desain datar tidak memiliki efek nyata. Desain dua dimensi sendiri umumnya memiliki banyak contoh penggunaan yang umum seperti logo.
Desain dua dimensi sendiri merupakan jenis desain yang merupakan representasi visual dari suatu konsep berbentuk datar. Penggunaan desain datar ini dapat memastikan elemen desain tetap terlihat jelas dan efektif menyampaikan pesan. Desain dua dimensi juga lebih leluasa dalam konteks penggunaan cetak dan digital.
Tampilan desain 2D ini memiliki tampilan datar tampan dimensi kedalaman visual. Biasanya desain dua dimensi digunakan dalam beragam permukaan kertas, dan media digital seperti komputer. Dalam dunia desain grafis penggunaan desain 3D ini digunakan dalam beragam contoh desain.
BEBERAPA CONTOH DESAIN DUA DIMENSI
Desain yang tidak memiliki volume dan hanya memiliki panjang kali lebar. Penggunaan desain datar tetap menarik dan efektif. Berikut beberapa contoh desain 2D dalam beragam konteks:
Ilustrasi

Desain ilustrasi umumnya dibuat dengan desain datar untuk memperjelas detail-detail pada desain ilustrasi. Tanpa ada efek nyata desain ilustrasi yang memiliki detail yang kompleks dan ekspresif sudah menarik. Biasanya ilustrasi 3D jarang digunakan kecuali memang sesuai tujuannya.
Penggunaan desain dua dimensi untuk ilustrasi karena desain akan lebih mudah digunakan dan dipahami. Tampilan desain juga lebih sederhana dan mudah dipahami pesannya. Ilustrasi dalam bentuk dua dimensi dibuat menggunakan perangkat lunak desain seperti Adobe illustrator.
Ilustrasi 2D juga bisa dibuat manual pada kertas. Pembuatan ilustrasi dua dimensi bisa digunakan untuk mendekorasi desain materi pemasaran dan konten media sosial.
Desain Logo
Umumnya desain identitas merek yang mencerminkan nilai dan karakter merek dibuat 2D. Jarang sekali menggunakan desain logo tiga dimensi atau efek nyata karena logo bisa kurang efektif pada logo cetak. Sementara desain bogo datar cukup fleksibel dan efektif dalam menggambarkan dengan baik.
Desain logo biasanya kaan digunakan dalam berbagai konteks, seperti media cetak, website, media sosial hingga materi pemasangan. Logo dengan bentuk dua dimensi akan lebih mudah dipahami dan terlihat bentuk ikon yang jelas. Bentuk logo dua dimensi juga efektif untuk mudah diingat oleh audiens.
Karya Seni Digital
Desain dua dimensi juga digunakan untuk menciptakan tampilan karya seni grafis menarik seperti seni lukis dan lainnya. Biasanya karya seni dibuat dalam perangkat lunak sebagai bagian dari karya seni untuk kebutuhan portofolio atau lainnya.
Karya seni digital dalam bentuk dua dimensi bisa menarik perhatian karena lebih mudah dipahami makna dan pesannya. Penggunaan dari karya seni grafis dua dimensi ini biasanya untuk kebutuhan pameran dan lainnya. Desain karya seni digital dua dimensi juga lebih mudah dibuat daripada 3D yang rumit.
Poster

Desain poster yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi penting dalam bentuk visual menarik ini juga sering menggunakan desain 2D. Poster gaya dua dimensi memang lebih sederhana namun bukan berarti tidak menarik. Poster dua dimensi terkadang justru lebih mudah dipahami daripada desain 3D.
Untuk jenisnya sendiri poster bisa digunakan untuk promo film, produk, layanan dan acara tertentu. Terkadang gaya desainnya disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan. Pembuatan desain datar tidak hanya lebih mudah tetapi bisa lebih mudah untuk dieksplorasi daripada desain 3D.
Poster dengan gaya 3D akan jauh lebih rumit dan memakan waktu untuk membuatnya. Gaya desain ini lebih cocok untuk kebutuhan desain bertema modern, sementara desain 2D seringkali mudah digunakan pada berbagai gaya desain.
Kartu Nama dan Kartu Ucapan
Umumnya penggunaan gaya desain dua dimensi sering digunakan untuk desain-desain sederhana. Yang mana desain berfokus menyampaikan informasi penting seperti kartu nama atau kartu ucapkan. Penggunaan desain dua dimensi pada kartu nama sangatlah umum agar informasi nama, alamat dan informasi kontaks menjadi fokus utama.
Seringkali elemen 3D bisa menarik perhatian, sehingga tidak bisa membuat fokus pada elemen teks penting. Dalam desain untuk kartu nama dan kartu ucapan yang paling penting adalah elemen teks yang harus mudah dibaca. Penggunaan gaya desain 3D pada teks malah bisa membuat elemen teks sulit dibaca.
Banner Digital

Desain Banner digital juga seringkali sulit untuk menggunakan gaya desain dua dimensi karena lebih mudah dipahami. Penggunaan gaya desain dua dimensi memungkinka banner bisa efektif menyampaikan pesan pemasaran. Banner dua dimensi juga fleksibel digunakan pada media cetak dan digital dalam bese.
Untuk Banner digital biasanya memiliki banyak sekali jenis ukuran yang beragam. Hal tersebut karena banner digital akan digunakan dalam platform digital elegan ukuran berbeda-beda. Desain banner gaya 3D bisa membuat elemen desain menonjol, tetapi bisa membuat desain terlalu ramai dan penuh.
Gunakan desain dua dimensi untuk mempromosikan sesuatu dengan sederhana dan mudah dipahami. Terutama untuk Banner materi pemasaran yang memiliki elemen pesan yang kompleks.
Gambar Produk
Umumnya desain kemasan agar dibuat untuk memiliki tampilan dua dimensi karena memudahkan identifikasi. Tampilan desain yang datar akan memudahkan konsumen membaca informasi penting dalam kemasan. Elemen tiga dimensi bisa membuat teks atau gambar lainnya kurang menarik perhatian.
Untuk gambar kemasan, desain dua dimensi yang sederhana akan lebih efektif. Sering juga digunakan untuk menciptakan desain katalog produk yang menarik dan mudah dipahami. Tidak hanya itu desain produk, desain gmdua dimensi digunakan juga untuk materi promosi lebih mudah dipahami.
KESIMPULAN
Dalam menggunakan gaya desain dia dimensi atau tiga dimensi pilih gaya desain yang paling sesuai kebutuhan dan sesuai konteks penggunaan. Perkiraan apakah gaya desain dua dimensi sesuai dengan kebutuhan. Jika sekiranya gaya dua dimensi lebih efektif menyampaikan tujuan dan pesan gunakan gaya desain dua dimensi. Desain dua dimensi atau 2D ini banyak digunakan untuk berbagai industri dan berbagai jenis penggunaan.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.