Ketika membuat konten untuk media sosial yang menarik, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Umumnya pada digital konten media sosial memiliki peran penting dalam menciptakan kehadiran online merek. Untuk itu penting memastikan konten efektif dengan isi dan desain yang menarik.
Konten media sosial yang bisa digunakan dalam membangun branding dan citra merek. Ada jenis konten dalam media sosial yang bisa digunakan. Manfaatkan konten untuk mengenalkan merek dan mempromosikan produk.
Setiap jenis media sosial akan memiliki ketentuan yang berbeda dalam ukuran dan formatnya. Agar efektif penting untuk selalu menyesuaikan konten sesuai media sosialnya. Gunakan cara-cara efektif agar desain konten media sosial efektif.
CARA MEMASTIKAN DESAIN KONTEN EFEKTIF
Ketika bermain media sosial umumnya audiens akan memiliki waktu singkat dalam membaca desain. Konten media sosial harus menarik baik dari segi desain maupun isinya agar efektif menarik perhatian audiens. Berikut beberapa cara memastikan desain konten efektif:
Isi Konten Menarik
Desain konten yang menarik umumnya harus memiliki isi konten menarik. Konten dalam media sosial tidak hanya berupa promosi, tetapi juga bisa menyediakan berbagai informasi menarik. Isi konten yang beragam dan bermanfaat akan membangun citra positif.
Merek yang membagikan berbagai informasi yang masih berhubungan dengan merek akan efektif menarik audiens. Informasi sederhana namun penting dapat dikemas dalam desain postingan yang sederhana. Terkadang informasi yang sedikit panjang akan dibagi kedalam beberapa slide.
Beberapa isi konten yang menarik perhatian audiens, biasanya seperti tutorial, tips, inspirasi, atau pengetahuan umum yang berkaitan dengan merek. Informasi yang menarik akan membuat audiens membaca konten lebih lama.
Desain Konten yang Memikat

Salah satu cara penting juga dalam membuat konten efektif adalah membuat desain menarik. Tidak hanya isi konten yang menarik tetapi juga desain harus menarik agar efektif. Gunakan elemen visual dan gaya desain yang unik dan dapat menarik perhatian audiens.
Desain konten yang bisa menarik perhatian audiens umumnya jika memiliki kombinasi warna cerah namun tetap harmonis. Sesuaikan gaya desain konten dengan isi konten agar menciptakan konsisten visual. Pilih elemen visual seperti warna, tipografi, gambar, dan elemen grafis lainnya sesuai pesan desain.
Menyesuaikan elemen dengan pesan desain akan efektif membuat desain lebih menarik. Gunakan juga gay visual yang tepat apakah isi konten akan cocok dengan gaya modern, retro atau futuristik.
Baca juga: 6 Inspirasi Konten Media Sosial Relevan dengan Jenis Bisnis
Memposting Konten pada Waktu Tepat
Ketika membuat konten efektif penting juga untuk memposting konten pada waktu yang tepat. Dalam dunia digital ada waktu-waktu tertentu dimana pengguna mengakses media sosial. Penting untuk memposting konten media sosial yang tepat sehingga konten efektif menjangkau audiens.
Waktu-waktu yang efektif untuk memposting konten media sosial biasanya sekitar jam 8 pagi, siang jam 12 dan sore jam 7 atau 8. Desain konten yang di posting pada media sosial sesuai waktu tersebut, akan efektif untuk menarik perhatian audiens. Memposting sesuai waktu pengguna aktif di media sosial akan memudahkan desain menjangkau audiens.
Konten Fokus pada Pesan Sederhana
Untuk memastikan desain konten efektif dipahami audiens, desainnya harus fokus pada pesan utama. Konten tidak boleh terlalu banyak menggunakan teks atau konten gambar karena desain bisa terlihat sesak. Audiens bisa kurang tertarik pada informasi atau pesan dalam desain.
Fokuskan menggunakan teks yang memuat pesan utama saja. Jangan menambahkan teks atau dekorasi tambahan yang berlebihan. Hirarki yang jelas pada pesan utama akan memudahkan audiens memahami isi konten.
Relevan dengan Tren dan Merek

Isi konten media sosial harus relevan dengan Tren dan merek. Konten yang relevan dengan merek akan efektif membangun kesadaran merek yang kuat. Sementara konten yang relevan tren akan efektif menarik audiens untuk membaca konten.
Konten yang relevan akan membantu menciptakan kesan merek yang profesional. Ini juga efektif membuat jumlah pengikut dan pengunjung akun bisa meningkat. Pastikan isi konten seperti tips dan rekomendasi sesuai dengan produk atau merek.
Baca juga: Ide Desain Kreatif untuk Konten Instagram Story
Pesan Mudah Dibaca
Konten yang efektif menyampaikan pesan pada merek harus menggunakan gaya huruf yang mudah dibaca. Gaya tipografi harus sederhana sehingga teks mudah dibaca, pesan dalam desain akan tersampaikan dengan efektif. Untuk penting memilih gaya huruf yang sederhana, mudah dibaca, dan jelas seperti font sans serif.
Namun terkadang pemilihan gaya desain harus menyesuaikan dengan gaya atau tema desain, sehingga bisa menciptakan kesan yang konsisten. Tampilan desain konten akan harmonis, mudah dibaca dan nyaman dilihat. Penggunaan gaya tipografi untuk desain klasik dan modern tentunya akan membutuhkan jenis font dan gaya huruf berbeda.
Bahasa yang Sederhana
Desain konten yang diposting dalam media sosial, akan membutuhkan penggunaan teks dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh audiens. Penggunaan bahasa dalam desain terkadang menyesuaikan juga dengan jenis gaya desain. Pada konten formal atau berisi pengumuman penting biasanya akan menggunakan bahasa yang formal, berbeda dengan konten promosi akan menggunakan bahasa yang santai.
Bahasa untuk desain konten yang sederhana seperti bahasa sehari-hari akan mudah dipahami. Jika menggunakan istilah tertentu usahakan untuk menjelaskan artinya agar audiens mudah memahami pesan dalam konten.
Baca juga: Mengapa Penting Memiliki Desain Konten Media Sosial Konsisten?
Gunakan Elemen Interaktif
Ketik menciptakan desain yang efektif selain teks utama tambahkan dekorasi atau gambar yang relevan. Penggunaan elemen seperti ilustrasi, foto, elemen grafis hingga grafik yang sesuai dengan pesan yang disampaikan akan membuat desain semakin menarik. Terkadang desainer bisa menggunakan efek visual tertentu seperti animasi, gradien, tekstur dan bayangan untuk membuat elemen semakin menarik.
KESIMPULAN
Dalam desain konten media sosial, ada beberapa cara dalam membuat konten lebih efektif dan bisa membangun kehadiran online yang kuat. Desain konten yang efektif sebaiknya menggunakan desain visual menarik, isi konten bervariasi, menarik dan sesuai tren, selain perlu menggunakan teks yang mudah dibaca dan dipahami. Konten yang efektif akan berguna membangun identitas merek, citra positif dan kesan profesional dan dapat dipercaya.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.