Logo adalah identitas dari suatu merek, berupa simbol atau tulisan yang memiliki makna tersendiri. Desain logo dapat membantu suatu merek untuk menciptakan branding yang kuat, maka dari itu pemilihan logo cukup krusial, bisa dilihat contoh merek terkenal yang unik.
Branding akan membuat logo mudah dikenal dan membekas dalam ingatan audiens. Untuk itu logo haruslah unik dan berbeda dari yang lain. Logo memainkan peran penting dalam membangun citra merek perusahaan atau bisnis.
Logo memiliki peran dalam membangun branding merek. Ada beberapa cara bagaimana logo bisa mempengaruhi branding merek. Untuk itu simak beberapa contoh logo terkenal dan bagaimana mereka membangun branding logo atau merek tersebut.
PERAN LOGO DALAM BRANDING DARI MEREK TERKENAL DI DUNIA
NIKE
Nike adalah perusahaan yang terkenal karena memproduksi seoaru dan baju olahraga. Logo ini terkenal memiliki logo sederhana berbentuk ceklis warna hitam. Logo ini sangat memorable, sekali lihat kita akan ini adalah logo dari Nike.
Desain Logo: Bentuknya Swoosh (Ceklis), logo yang sederhana dan mudah dikenali.
Pengaruh Terhadap Branding: Logo swoosh telah mencerminkan bahwa merek ingin menampilkan citra yang bergerak cepat. Gerakan cepat yang ditampilkan melalui ikon logo ini terkait pada inovasi, kualitas, dan semangat olahraga dari merek Nike.
Logo ini ingin menunjukan bahwa Nike memiliki semangat inovasi nyang bergerak untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Gerakan cepat yang dicerminkan pada logo adalah ingin menggambarkan keunggulan merek.
APPLE
Logo perusahaan elektronik ini berbentuk apel yang sudah digigit. Ini cukup unik mudah diingat orang dan membekas. Bagaimana mereka menggunakan logo buah yang sering dimakan manusia untuk merek elektronik. Tentu saja, ini sangat membekas di benak penonton.
Desain Logo: Logo berbentuk buah apel yang digigit, dengan daun kecil diatasnya.
Pengaruh Terhadap Branding: Siapa yang tidak ingat dengan logo apple ini, yang membuat unik selain gigitannya adalah karena jarang sekali buah dijadikan logo elektronik. Sehingga membuat logo ini memorable dibenak audiens. Kesan yang sederhana dan modern yang mencitrakan dari filosofi logo ini.
Pembuat logo ini telah berhasil membangun citra apple sebagai merek elektronik yang inovatif, elegan dan terkini. Selain memberikan kesan sederhana, logo ini juga telah memberikan kesan modern yang elegan.
Pemilihan logo apple dari buah apel yang digigit adalah nilai plus karena memiliki keunikan namun tetap relevan dengan merek.
STARBUCKS
Logo pada merek minuman cepat saji ini bisa dibilang juga memorable, meskipun logonya tampak rumit namun cukup berkesan. Ini memberikan citra athentic dan unik pada logo. Ikonnya membuat merek ini berbeda dari merek minuman lainnya yang kebanyakan menggunakan ikon yang berhubungan dengan minuman atau hanya tulisan.
Desain Logo: Ikonnya berbentuk seorang siren yang bersayap
Pengaruh Terhadap Branding: Ikon pada logo merek minuman ini memnciptakan identitas merek yang ramah dan memberikan sentuhan artistik dari bentuk logo yang unik. Siren sendiri terkenal memiliki keuatan menghipnotis pelaut dengan suaranya. Ini bermaksud logo ingin menarik orang untuk datang dan mencoba produk mereka, dengan harapan mereka terhipnotis oleh rasanya. Logo ini juga merujuk pada kopi yang bisa memberikan kenyamanan saat meminum kopi.
Logo google ini ikonnya menggunakan nama merek yang dibuat dengan tulisan unik dan diberi warna sesuai dengan warna yang melambangkan perusahaan. Logo jenis tulisan yang diatur sedemikian rupa lebih mudah diingat karena merek sekaligus dijadikan logo.
Desain Logo: Tulisan nama merek ditulis dengan diberi warna yang berwarna-warni.
Pengaruh Terhadap Branding: Dalam ikon tulisan ini membantu merek untuk menciptakan kesan keberagaman dari berbagai layanan dan inovasi dari perusahaan tersebut. Tipografinya diatur sederhana namun tetap unik sehingga mudah dibaca serta mencolok. Meningkatkan keterbacaan pada logo ini membantu brand mudah diingat oleh audiens. Desain logo google yang ramah, menyenangkan dan sederhana membangun merek perusahaan lebih berkesan dinamis.
COCA-COLA
Logo coca-cola juga berbentuk tulisan sama dengan google, bedanya logo ini memiliki tambahan aksen garis. Kebanyakn logo terkanl sering menggunakan logo tulisan sederhana dan yang tipografinya diatur sedemikian rupa agar tetap mudah dibaca. Hal ini karena tujuan dari logonya untuk menjangkau lebih banyak orang dan lebih luas.
Desain Logo: Tulisan merek dengan font skrip berwarna merah dengan latar belakang putih.
Pengaruh Terhadap Branding: Warna merah yang dipakai pada merek coca-cola memiliki makna gairah dan tekad. Logo coca-cola ingin digambarkan sebagi merek yang membawa kegembiraan dan keakraban. Ini berhasil membawa merek coca-cola dikenal dengan merek yang menyenangkan dan membawa kegembiraan ketika diminati. Font script yang digunakan pada coca-cola memberikan kesan yang klasik dan keberlanjutan, ini dapat menciptakan ikatan emosional dengan konsumen.
KESIMPULAN
Logo memiliki peran penting dalam membangun branding merek, ada beberapa manfaat yang bisa diciptakan dari logo untuk merek, seperti:
Membuat merek akan lebih mudah dikenal
Desain logo yang unik dengan pilihan warna yang tepat dapat mudah diingat oleh masyarakat. Ini akan membantu produk atau merek juga meningkatkan kepercayaan pada suatu produk. Orang lebih percaya produk atau bisnis yang memiliki daripada yang tanpa merek. Jika merek bisa terkenal masyarakat akan mudah percaya pada produk baru yang dicipatakan merek tersebut.
Mampu membedakan jenis produk
Adanya logo juga membantu untuk membedakan produk dengan merek lain. Ini akan membantu konsumen memilih produk yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.
Dalam kelima kasus logo merek terkenal tersebut, Logo berperan penting dalam membangun branding untuk mereknya. Logo yang unik dan berkesan akan membantu bisnis mudah dikenali oleh masyarakat. Logo haruslah memiliki makna yang merupakan identitas dan pesan yang ingin disampaikan bisnis atau perusahaan.
Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami jasalogo.id dan tawaran promo menarik.