Bisnis Keuangan dalam Era Digital: Transformasi dan Cakupannya

0
(0)

Sadarkah kamu hampir semua lini bisnis pada era digital, mulai sedikit demi sedikit berubah ke digital. Beberapa sudah punya versi digital namun beberapa ada yang masih mempertahankan cara konvensional. Peluang yang semakin besar pada era digital juga mempengaruhi bisnis keuangan.

Desain Logo Perusahaan Keuangan untuk Celine
Desain Logo Perusahaan Keuangan untuk Celine

Bisnis keuangan adalah salah satu sektor paling dinamis dan memiliki pengaruh yang besar pada ekonomi global. Seiring juga dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, bisnis ini juga ikut merambah ke dunia digital.

Untuk Tetap relevan bahkan bisnis keuangan pun memiliki versi digital mereka sendiri. Produk dari bidang usaha ini memiliki peran besar dalam memudahkan proses transaksi dan pembayaran untuk belanja online. Berkat teknologi kita bisa mengirim uang, membayar tagihan, berbelanja online, dan lainnya dimana saja kapan saja.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Bahkan terkadang kita tidak perlu lagi membawa dompet atau uang cash, cukup bawa handphone kamu pergi berbelanja dan membayarnya lewat ponsel. Melihat banyaknya peluang pada bisnis keuangan bisa tumbuh dengan pesat berkat teknologi.

Bagi kamu yang tertarik mulai bisnis bidang ini simak artikel ini dengan baik. Artikel ini akan membahas apa itu bisnis keuangan, cakupan bisnisnya dan bagaimana perubahan bisnis keuangan pada era digital.

APA ITU BISNIS KEUANGAN?

Bisnis keuangan adalah bisnis yang memiliki banyak cakupan seperti pengelolaan uang, investasi, dan perencanaan keuangan. Bisnis ini melibatkan banyak lembaga yang mengelola keuangan seperti bank, asuransi, dan lain-lain. Tugas dari lembaga keuangan memberikan berbagai layanan tentang keuangan kepada individu, bisnis dan pemerintah.

CAKUPAN BISNIS KEUANGAN

Cakupan bisnis keuangan terdapat tiga aspek utama yaitu:

Perbankan:

Bisnis ini adalah pilar utama dalam bisnis keuangan. Bank menyediakan layanan keuangan seperti penyimpanan uang, pengambilan uang, peminjaman hutang, dan lainnya.

Berkat teknologi digital, dunia perbankan menjadi lebih mudah. Sekarang melakukan transaksi sudah bisa dari mana saja, perbankan sekarang memiliki aplikasi bank mobile.

Aplikasi menyediakan berbagai layanan seperti transfer uang, pembayaran digital, dan pengisian uang digital. Layanan ini memungkinkan pelanggan bisa mengakses transaksi dari mana saja dan dimana saja.

Untuk keperluan seperti peminjaman masih perlu pergi ke bank. Sedangkan untuk pengambilan sudah bisa lewat ATM. Untuk pengambilan dan penyimpanan jumlah besar sebaiknya datang ke bank langsung agar aman.

Asuransi:

Bisnis asuransi memberikan layanan perlindungan keuangan melalui pembayaran premi untuk keperluan melindungi aset atau kesehatan. Era digital juga membantu bisnis asuransi memudahkan layanannya.

Digitalisasi pada asuransi menciptakan inovasi pada proses kalim, melakukan manajemen risiko, serta lebih mudah interaksi dengan nasabah. Era digital meningkatkan efisiensi pada bisnis asuransi serta memberikan pelanggan pengalaman yang lebih baik.

Investasi dan Sekuritas:

Untuk layanan satu ini mencakup beberapa aktivitas seperti perdagangan saham, investasi dana manajemen portofolio dan layanan keuangan korporat. Adanya platform online memudahkan para investor untuk mengakses berbagai informasi penting tentang pasar saham secara real-time. Serta dapat melakukan transaksinya tanpa bantuan perantara.

TRANSFORMASI BISNIS KEUANGAN DI ERA DIGITAL

Teknologi Blockchain:

Teknologi ini memungkinkan melakukan pembuatan dan penyimpanan data dalam sebuah jaringan bisnis serta berbagi informasi secara transparan. Data di dalam blockchain tidak dapat diubah ataupun dihapus tanpa persetujuan semua orang terlibat.

Teknologi blockchain telah membawa perubahan dalam cara transaksi keuangan. Ini menggunakan sistem yang desentralisasi, dengan transparansi yang tinggi dan keamanan yang kuat. Blockchain digunakan untuk pembayaran digital, transfer uang lintas batas dan mengelola identitas.

Financial Technology (Fintech):

Financial technology atau yang sering disingkat fintech ini menyediakan layanan keuangan dengan memanfaatkan teknologi digital. Ada beberapa layanan keuangan penerapan dari fintech seperti aplikasi pembayaran digital seperti dana atau ovo, layanan pinjaman online, dan platform investasi robo-advisor.

Layanan dari fintech memudahkan manusia melakukan berbagai transaksi secara online dan dari mana saja

Big Data dan Analitik:

Big data dan analitik dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan keuangan. Teknologi ini dimanfaatkan untuk mengumpulkan dan menganalisa data pelanggan.

Data tersebut berupa tren di pasar, minat pelanggan serta informasi lainnya. Informasi akan digunakan untuk menyediakan pelayanan sesuai kebutuhan dan minat mereka.

Hal ini memungkinkan personalisasi layanan, mendeteksi penipuan, dan penentuan keputusan yang berdasarkan wawasan data yang ada.

Kecerdasan Buatan (AI) dan Chatbots:

Layanan keuangan juga menggunakan AI atau kecerdasan buatan untuk lebih mengotomatiskan berbagai proses. Mulai dari untuk meningkatkan keamanan dan memberikan pelayanan yang lebih baik.

Layanan keuangan juga menggunakan chatbots. Adanya chatbots membantu melayani pelanggan lebih baik karena dapat menjawab secara cepat pertanyaan mereka 24 jam kapan saja.

Internet of Things (IoT):

Layanan ini terintegrasi pada asuransi dan perbankan untuk mengumpulkan data secara real time. Konsep teknologi ini dapat memberikan layanan real time sehingga bisa menciptakan efisiensi waktu bagi setiap individu bisa melakukan aktivitas dalam satu waktu dan lokasi.

Teknologi IoT ini membantu melakukan pemantauan dan melakukan analisis data pada perilaku masyarakat terhadap suatu produk atau inovasi. Ini juga membantu meningkatkan produktivitas dapat diakses dimanapun dan kapanpun.

Bisnis keuangan yang telah bertransformasi ke digital ini memudahkan kegiatan transaksi keuangan. Semua layanan sedikit demi sedikit telah bertransformasi ke digital seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Banyak platform belanja mulai menyediakannya layanan keuangan yang bisa membantu akses berbelanja lebih mudah dengan pembayaran digital.

Nah sampai sini apakah kamu sudah tahu bisnis keuangan serta cakupan bisnis dan bagaimana bisnis ini melakukan transformasi digital demi memenuhi kebutuhan pasar.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan tawaran promo menarik.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts