Beberapa Jenis Branding yang Perlu Diketahui

Dalam dunia bisnis baik produk atau layanan adalah salah satu kunci penting untuk meningkatkan kesadaran merek, dan membangun identitas merek. Branding sering juga dikaitkan dengan cara pemasaran atau promosi, memang benar karena salah satu tujuannya sama untuk meningkatkan kesadaran merek. Branding juga memiliki beberapa jenis, yang perlu dipahami oleh para pelaku bisnis.

Dalam prosesnya, branding dapat dilakukan melalui banyak kegiatan untuk memasarkan merek, mulai dari pemilihan nama merek dan membuat desain logo merek. Ini cukup krusial karena desain logo merupakan identitas visual yang mewakili perusahaan.

Selain desain logo branding juga melibatkan desain kemasan untuk produk. Kemasan produk sebisa mungkin dibuat menonjol dari para pesaingnya, agar produk jika diletakkan bersandingan dengan produk lain di toko, terlihat menarik dan menonjol.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Branding juga dapat dilakukan melalui iklan, agar iklan tampil menarik perlu untuk menggunakan strategi yang tepat. Iklan yang membekas dibenak penonton akan meningkatkan kesadaran merek. Contohnya iklan legendaris kartu perdana AXIS, Iklannya unik dan berbeda dari kebanyakan produk yang sama, membuat penontonnya mudah mengingat merek.

Dengan melakukan branding maka identitas merek akan kuat di pasaran, dan bisa bersaing. Selain itu branding juga bisa mengkomunikasikan pesan merek melalui berbagai elemen dalam branding. Ini akan membangun citra perusahaan yang positif.

TUJUAN BRANDING PERUSAHAAN

Branding dalam bisnis memiliki banyak tujuan, namun tujuan utamanya adalah untuk membangun identitas, kesadaran akan merek dan citra yang kuat. Memiliki identitas yang kuat akan meningkatkan kepercayaan pelanggan pada merek, sementara citra yang kuat dan positif akan meningkatkan nilai merek. Branding juga membantu merek atau bisnis membangun interaksi dan hubungan dengan pelanggan, ini bisa meningkatkan loyalitas pelanggan.

JENIS-JENIS BRANDING

Branding Produk

Branding ini memfokuskan untuk membangun citra dan identitas produk tertentu saja, bukan seluruh produk di perusahaan. Biasanya ini dilakukan untuk membangun branding produk yang baru diluncurkan.

Branding ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran pelanggan pada salah satu produk tersebut. Ini bertujuan membedakan produk dipasaran serta memperkuat merek dan produk,

Branding ini lebih terfokus karena hanya melakukan branding pada satu produk tertentu. Adanya branding produk membantu ini tentunya lebih mudah mengenalkan produk pada pelanggan atau konsumen.

Personal Branding

Untuk Personal branding jenis ini fokus pada fokus untuk membangun identitas merek personal. Biasanya individu akan membangun personal branding untuk berbagai keperluan, entah itu portofolio, sebagai seorang artis atau lainnya.

Branding pada merek personal ini berusaha membangun citra positif individu, biasanya banyak dilakukan menggunakan sosial media. Melalui konten yang diunggah di sosial media individu dapat membangun citra dan reputasi yang kuat.

Personal branding ini banyak digunakan untuk membangun karier, melalui sosial media masyarakat kelebihan atau kemampuan dari individu tersebut.

Corporate Branding

Ini digunakan untuk membangun identitas dan citra perusahaan. Corporate branding fokus membangun identitas perusahaan secara keseluruhan agar memiliki identitas yang kuat dan citra positif dimata masyarakat.

Branding ini berguna untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat pada perusahaan. Biasanya dibangun melalui desain logo, nama perusahaan dan warna. Jika produk branding fokus untuk menunjukkan kelebihan produk tertentu saja, maka corporate branding menunjukkan kelebihan perusahaan secara keseluruhan.

Branding ini juga bertujuan untuk menyampaikan nilai dan pesan dari perusahaan, melalui berbagai elemen dalam branding.

Service Branding

Service branding ini merupakan branding uang berfokus membangun identitas perusahaan jasa atau layanan. Dengan membangun citra positif dan identitas yang kuat, perusahaan layanan dapat meningkatkan kepercayaan.

Citra positif sangat penting bagi perusahaan layanan. Ini berguna menunjukkan keprofesionalan, kepercayaan dan kualitas jasa layanan dari perusahaan.

Co-Branding

Jenis branding yang dilakukan pada produk yang dihasilkan dari kolaborasi dia atau lebih merek. Branding ini fokus mengenalkan produk hasil kolaborasi, agar mudah dikenali dan diingat masyarakat.

Co-branding fokus untuk mengenalkan keunggulan dari produk baru, untuk memperkuat citra merek dan produk tersebut. Ini akan membantu memberikan nilai tambah produk dan meningkatkan kesadaran konsumen akan produk tersebut.

No-brand Branding

Branding bertujuan fokus mengenalkan produk tanpa menggunakan nama merek terkenal atau yang dikenal banyak orang. Ini agar pelanggan bisa memilih produk dengan kualitas tanpa fokus melihat dari merek apa.

No-brand ini dilakukan dengan mengemas produk tanpa embel-embel nama merek, sehingga difokuskan pada kualitas produk dan kemasan yang menarik. Bertujuan agar konsumen tidak fokus dengan melihat nama merek tetapi kualitasnya.

Geographical Branding

Selain fokus pada perusahaan atau produk, branding juga mencakup suatu wilayah tertentu. Ini dilakukan untuk membangun identitas merek pada suatu wilayah, kota, atau negara bagian tertentu.

Setiap wilayah memiliki cirinya tersendiri, itulah mengapa kemudian muncul istilah geographical branding untuk mengenalkan produk pada wilayah tertentu. Contohnya membangun branding wisata atau kuliner khas daerah tersebut.

Misalnya membangun identitas pariwisata juga dibarengi dengan transportasi dan hotel. Berbagai bisnis daerah tersebut menjadi titik fokus dalam identitas yang kuat.

Cultural Branding

Branding digunakan untuk membangun identitas dan reputasi positif dari masyarakat yang tinggal di daerah tertentu. Ini difokuskan pada membangun identitas daerah atau masyarakat melalui budaya dan nilai-nilai kepercayaan masyarakat.

Biasanya cultural branding ini berjalan beriringan dengan geograohical branding, kedua branding ini akan membangun identitas dan citra daerah yang unik.

Online Branding

Untuk branding satu ini fokus pada membangun identitas merek yang dilakukan secara online. Branding tidak terfokus pada produk tertentu tetapi membangun branding merek atau perusahaan secara luas di semua bagian internet.

Mulai dari membangun nama merek hingga produknya, biasanya berupa iklan online, konten sosial media, situs website dan lainnya. Ini dilakukan agar merek bisa lebih mudah menjangkau banyak orang dan meningkatkan kesadaran merek.

KESIMPULAN

Branding memiliki peran penting dan krusial dalam membangun identitas dan citra merek. Biasanya dilakukan melalui berbagai media dan platform. Ada banyaknya jenis branding membantu merek dapat pada hal tertentu dalam membangun branding.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.

Related posts