Desain logo merupakan identitas visual yang mencerminkan nilai, karakter dan pesan merek. Jenis desainnya dipilih yang paling sesuai mencerminkan merek, namun terkadang setelah beberapa waktu perlu diganti. Ada beberapa alasan mengapa rebranding desain logo perlu dilakukan.
Penting untuk mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan akan mengubah desain logo. Perubahan desain logo tidak boleh hanya karena ingin tetapi perlu mempertimbangkan beberapa hal penting. Misalnya desain logo sudah tidak relevan dengan tren desain pada era ini, atau desain sudah tidak cocok dengan bisnis.
Terkadang seiring berjalannya waktu bisnis terus berkembang dan mengembangkan produknya. Jika desain logo terlalu spesifik pada desain produk, ini akan membuat logo menjadi kurang relevan. Ketika ingin melakukan rebranding desain logo pertimbangkan beberapa alasan mengapa perubahan ini diperlukan.
ALASAN REBRANDING DESAIN LOGO DIPERLUKAN
Dalam membangun desain identitas merek, logo haruslah relevan dan timeless, untuk itu terkadang setelah beberapa waktu merek melakukan rebranding karena tidak memerhatikan hal tersebut. Rebranding logo tidak bisa dilakukan sembarangan tetapi harus memerhatikan saat dan alasan yang tepat. Berikut beberapa alasan rebranding logo diperlukan segera:
Perubahan Strategi Bisnis
Salah satu alasan rebranding logo perlu dilakukan adalah karena adanya perubahan strategi bisnis. Hal ini bisa terjadi ketika bisnis terus berkembang dan merek terus melakukan ekspansi pasar yang lebih luas. Tidak ekspansi pasar, rebranding perlu dilakukan ketika merek terus memperbanyak variasi produk, sehingga juga memperluas target pasar.
Merek yang ingin memasuki pasar global akan membutuhkan desain logo yang sekiranya bisa diterima secara baik oleh pelanggan global. Beberapa warna dan ikon tertentu bisa saja memiliki konotasi buruk sehingga perlu disesuaikan agar lebih universal. Bisnis yang memiliki semakin banyak variasi produk juga tidak bisa menggunakan logo yang spesifik pada merek tertentu.
Untuk itu rebranding perlu dilakukan agar merek dan desain logo bisa diterima secara global. Rebranding dilakukan untuk logo nisa menyesuaikan visi dan misi baru.
Baca juga: Makna Simbol-simbol yang Sering Digunakan dalam Logo
Menyesuaikan Diri dengan Perubahan Pasar
Desain logo juga perlu untuk selalu menyesuaikan diri dengan perubahan pasar. Sehingga terkadang perlu melakukan rebranding agar desain logo tetap relevan. Bisnis harus menyesuaikan perubahan tren industri, perubahan minat konsumen dan kemajuan teknologi.
Untuk menyesuaikan perubahan tren dan lainnya, rebranding bisa membantu merek untuk tetap relevan. Bisnis bisa terus bersaing dengan pesaing relevan dengan konsumen. Merek bisa terlihat lebih up to date dan mengikuti perkembangan tren industri dan perubahan teknologi.
Memperbaiki Citra Merek
Rebranding bisa dilakukan untuk alasan memperbaiki citra merek. Terkadang desain logo yang memiliki citra tertentu seperti kamu namun merek ingin memperbaiki citra yang lebih ramah, maka rebranding logo bisa dilakukan. Terkadang logo memiliki makna yang negatif, beberapa ikon, warna atau simbol tertentu dapat memiliki makna yang kurang negatif.
Jika logo memiliki asosiasi makna yang agak buruk ini bisa merusak citra merek. Hal ini juga bisa mengurangi kepercayaan publik pada merek. Dengan melakukan rebranding bentuk logo baru yang lebih baik dan bermakna positif akan membantu merek mengubah persepsi konsumen. Merek juga bisa mendapatkan kembali kepercayaan audiens pada merek.
Baca juga: Jenis Merek yang Cocok Menggunakan Desain Logo Minimalis
Menggabungkan atau Merger Merek

Terkadang rebranding juga bisa dilakukan ketika adanya penggabungan perusahaan. Dalam dunia bisnis penggabungan perusahaan dapat terjadi misalnya membangun bisnis yang semakin kuat. Penggabungan perusahaan bisa berupa produk atau layanan dalam satu payung merek yang sama.
Merger merek seperti ini akan membutuhkan rebranding logo baru yang bisa mewakili dua perusahaan tersebut. Logo ini akan menjadi identitas baru untuk produk dan lapangan yang digabungkan dan menciptakan identitas baru yang konsisten. Terkadang merek masing-masing masih dipertahankan, sementara logo baru merupakan gabungan dari produk atau layanan yang digabungkan saja.
Menarik Perhatian Konsumen Baru
Seiring berjalannya waktu tren desain juga terus berubah, dari yang detail penuh warna hingga pada desain yang sederhana. Variasi atau tren desain logo juga terus berubah dari waktu ke waktu menyesuaikan minat dan keadaan zaman. Untuk itu rebranding logo perlu dilakukan ketika adanya perubahan tren desain dan strategi dalam menarik konsumen lebih luas.
Jenis logo tertentu terkadang identik dengan minat preferensi target audiens tertentu. Untuk menarik perhatian target audiens baru dan lebih luas, logo harus lebih umum. Perubahan desain logo bisa dilakukan untuk merek bisa menarik perhatian segmen pasar yang lebih luas. Rebranding akan menghasilkan logo dengan tampilan baru dan fresh.
Baca juga: Branding Era Modern: Elemen Utama yang Berperan Penting
Menyegarkan Penampilan Merek

Tujuan rebranding logo juga bisa untuk menyegarkan tampilan merek. Terkadang desain logo sudah terlalu lama dipakai dan terasa usang. Rebranding pun dilakukan agar tampilan merek lebih fresh dan baru.
Meskipun mungkin logo masih efektif, tetapi perubahan bisa membuat merek tampil lebih baru dan berkesan modern. Terkadang rebranding dilakukan untuk menyesuaikan tren logo era modern yang lebih sederhana dan minimalis.
Perlunya Diferensiasi dari Pes konkuren
Perubahan desain logo juga perlu dilakukan ketika desainnya terlalu mirip dengan pesaing entah dari segi warna atau bentuknya. Jika logo terlalu mirip ini bisa membingungkan audiens dalam mengenali merek. Rebranding akan membantu menciptakan desain logo baru yang berbeda dan tampil lebih unik dari pesaing.
Konsolidasi Identitas Merek
Terkadang beberapa merek memiliki beberapa varian logo atau sub merek untuk berbagai kontek penggunaan yang berbeda. Biasanya berupa pictorial, nama merek dan kombinasi. Dengan melakukan rebranding akan membantu merek mengubah logo ke dalam bentuk satu merek yang konsisten.
KESIMPULAN
Desain logo yang merupakan identitas merek ini harus diciptakan dengan memerhatikan nilai dan karakter. Terkadang untuk menciptakan tampilan yang unik, desain logo bisa kurang relevan setelah beberapa waktu. Untuk itu perlu dilakukan rebranding logo agar merek bisa terus relevan dan bersaing. Rebranding biasanya dilakukan berdasarkan beberapa alasan seperti tidak relevan dengan zaman, adanya perubahan strategi bisnis dan lain-lain. Rebranding memiliki tujuan agar merek bisa bertahan dalam jangka panjang.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.