Bisnis hijab telah menjadi bisnis yang menjanjikan di Indonesia karena masyarakatnya adalah muslim. meskipun sudah banyak sekali usaha dan brand hijab. Masih banyak peluang untuk mencari keuntungan dari bisnis ini, Untuk itu kamu perlu tahu cara branding bisnis hijab yang tepat.
Selama kamu tahu cara mempromosikan dan membuat branding yang tepat di sosial media, kamu pasti bisa sukses di sektor bisnis ini. Dalam artikel ini kita akan membahas langkah-langkah branding untuk bisnis hijab di sosial media yang bisa kamu terapkan pada bisnismu.
Langkah-langkah Branding bisnis hijab di sosial media:
- Identifikasi pasar
- Gunakan Brand Positioning
- memilih nama bisnis yang tepat:
- berikan cerita dibalik brand
- Buatlah konten sesuai target pasar
- konsisten pada kemasan atau warna font dan citra
- logo yang mencolok dan unik dan sesuai dengan brand
- membuat iklan
- interaksi dengan konsumen
Identifikasi pasar:
Pelajari dahulu target pasar yang kamu incar, Jika kamu berjualan hijab yang menargetkan anak muda kamu bisa gencar berpromosi di sosial media yang digemari anak muda seperti instagram. cari tahu hal-hal apa saja yang digemari anak muda, fashion seperti apa yang mereka suka, serta tren apa yang populer dikalangan generasi muda.
Untuk target pasar ibu-ibu, kamu bisa mencoba berpromosi di facebook, biasanya ibu-ibu suka berkumpul disana. Bergabung dengan komunitas UMKM yang berisi ibu-ibu juga bisa dilakukan, kamu bisa berkolaborasi dengan mereka.
Dengan mengidentifikasi tentang target pasarmu akan banyak membantu dalam hal promosi dan cara branding seperti apa yang bisa dilakukan.
Gunakan Brand Positioning:
Apa itu brand positioning? Brand Positioning adalah cara yang digunakan untuk menciptakan kesan tertentu. Brand positioning berguna untuk membangun persepsi pelanggan terhadap brandmu. Contohnya Hijab Katun cocok digunakan ditengah cuaca yang panas.
Hal ini akan membuat brand hijabmu diingat karena cocok dengan cuaca panas. Tujuan brand positioning pada bisnis hijab agar pelanggan mengingat hal ini dari brandmu.
Memilih nama bisnis yang tepat:
Pemilihan nama yang tepat akan membuat bisnis mudah diingat dan meninggalkan kesan bagi yang pernah melihat atau membacanya. Untuk itu pilihlah nama yang mengekspresikan Hijab dan nilai-nilai yang kamu terapkan dalam bisnismu.
Jangan memilih nama yang susah ditulis maupun dibaca hanya demi terlihat indah, Hal ini dapat mempengaruhi kesulitan pelanggan melakukan pencarian namamu jika sulit untuk ditulis. Kesulitan pembacaan bisa membuat kesalahan persepsi pada bisnismu.
Berikan cerita dibalik brand atau bisnis:
Untuk menciptakan kesan yang kuat terhadap brand hijabmu kamu bisa menunjukkan kisah dibalik terciptanya bisnismu. Terkadang banyak orang suka dengan cerita-cerita seperti itu, ini dapat membuat orang tertarik untuk membeli produkmu.
Contohnya kamu bisa menceritakan kisah dibalik pendirian bisnis dan bagikan di sosial media akun bisnis hijab, Kisah seperti biasanya menarik audiens untuk melihat akun bisnismu dan bahkan membeli produk.
Konsisten dalam Branding Bisnis Hijab:
Penting untuk konsisten dalam menjalankan bisnis hijab, contohnya buatlah pengemasan yang unik dan ramah lingkungan. Selain itu penggunaan warna untuk membuat konten di sosial media usahakan konsisten dengan hanya beberapa warna, kamu memilih warna official bisnismu. Hal ini akan memudahkan pelanggan mengingat bisnis hijabmu.
Font yang digunakan pada konten maupun pengemasan juga penting, Jangan terlalu sering merubah font contohlah bisnis besar yang konsisten menggunakan satu font saja. Ini bertujuan meninggalkan kesan yang kuat pada bisnis.
Buatlah konten sesuai target pasar:
Setelah mengetahui dan menentukan target pasar bisnis hijabmu, mulailah membuat konten di sosial media yang relevan dengan target pasar. Misalkan untuk anak muda kamu bisa membuat konten tentang inspirasi outfit dari produk hijabmu, atau buatlah tutorial cara memakai hijab.
Untuk target Ibu-ibu kamu bisa membuat postingan tentang quotes sehari-hari atau mengutip hadist dan ayat Al-quran.
Logo untuk Branding Bisnis Hijab:
Logo sangat penting untuk menciptakan branding yang kuat. Buatlah logo yang mencolok dan unik dan merepresentasikan bisnis hijab. Kamu bisa menggunakan ikon logo siluet dari hijab atau logo bunga juga kerap digunakan oleh merek atau bisnis hijab, bisa juga hanya berupa tulisan yang dimodifikasi.
Membuat iklan:
Untuk mempromosikan bisnis hijab milikmu buatlah iklan di sosial media. Sekarang sosial media sudah banyak yang menyediakan layanan untuk memasang iklan. Dengan mengiklankan bisnis hijabmu akan dapat menjangkau lebih banyak orang di sosial media dan membangun branding bisnismu.
Interaksi dengan Konsumen:
Manfaatkan sosial media untuk lebih dekat dengan pelanggan, kamu bisa membalas setiap komentar dan pertanyaan di sosial media. Agar lebih unik bukan hanya langsung menjawab di kolom komentar, buatlah jadi konten. Screenshots potongan komentar dan balas dengan konten yang menarik, selain itu kamu bisa memanfaatkan fitur di sosial media seperti voting atau Q&A.
Buatlah giveaway untuk menarik audiens dan meningkatkan kesetiaan pelanggan pada bisnismu.
Dengan membangun branding bisnis hijab akan membantu meningkatkan penjualan dan menciptakan citra merek atau bisnis yang kuat. Bangunlah branding bisnis ini dengan melakukan riset pasar, memilih nama yang tepat, membuat konten yang bisa menjangkau banyak orang dan membuat logo yang bisa mewakili bama bisnis maupun brand.
Semoga artikel ini bermanfaat untukmu yang ingin mencoba berbisnis hijab, Jika membutuhkan jasa desain logo bisnis hijab, Hubungi kami disini jasalogo.id.