Desain logo memilih warna yang digunakan untuk merepresentasikan identitas merek dengan baik. Warna logo tidak hanya dipilih karena menciptakan visual menarik, tetapi juga karena makna yang dimiliki setiap warna. Warna biru adalah salah satu warna yang banyak digunakan dalam desain logo karena merepresentasikan Pengg dan kepercayaan.
Logo yang memiliki warna biru banyak digunakan untuk logo perusahaan karena bisa mencerminkan kepercayaan. Warna biru memiliki makna psikologis seperti tenang, damai, terpercaya, dan perlindungan1. Untuk digunakan dalam logo warna biru juga mudah dikombinasikan dengan warna lainnya, umumnya dengan warna netral.
Penggunaan warna biru dalam desain logo seringkali digunakan pada berbagai jenis industri dan bisnis, namun beberapa yang paling sering adalah untuk logo:
Perusahaan
Jika diamati sebagian besar perusahaan-perusahaan dalam skala kecil atau besar banyak yang menggunakan warna logo biru. Pemilihan logo berwarna biru untuk perusahaan dapat mencerminkan kepercayaan dan kesan profesional. Berbagai variasi warna biru dari gelap hingga terang banyak digunakan untuk menciptakan kesan profesional.
Finansial dan Perbankan
Warna biru juga banyak digunakan untuk desain logo perusahaan finansial dan bisnis perbankan. Logo bank dengan warna biru dapat menciptakan kesan terpercaya dan profesional. Beberapa contohnya seperti warna logo bank BCA, BNI, BRI hingga bisnis keuangan seperti Dana. Warna biru yang menciptakan kesan menenangkan akan memberikan ilusi emosi jika bank tempat yang aman dan dapat dipercaya.
Teknologi
Warna biru juga identik dengan perusahaan teknologi, banyak perusahaan dalam lingkup teknologi menggunakan warna biru. Jika membicarakan desain grafis yang bertema modern, futuristik dan teknologi warna biru adalah salah satu elemen visual yang khas.
Warna biru dapat mencerminkan teknologi dengan baik, sehingga banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi akan memilih warna biru. Beberapa contohnya samsung, hp, dan intel, perusahaan yang menghasilkan berbagai produk teknologi seperti laptop dan ponsel ini menggunakan warna biru.
Bisnis Minuman
Warna biru yang juga identik dengan air, juga seringkali digunakan untuk perusahaan minuman. Brand minuman mineral dan minuman cepat saji sering menggunakan warna biru aga mudah diidentifikasi dan mencerminkan produk dengan baik. Contohnya pada logo untuk merek minuman Aqua dan Le Minerale. Warna biru akan mempresentasikan kesegaran sehingga cocok untuk desain logo brand minuman.
Laundry
Warna biru juga banyak digunakan untuk logo usaha laundry, hampir sebagian besar bisnis laundry memiliki warna biru untuk logonya. Pemilihan warna biru untuk bisnis laundry efektif untuk mencerminkan jenis industri dengan baik. Dalam desain laundry warna biru kerap digunakan ketika menggunakan ikon desain logo berupa air, mesin cuci, hingga pakaian.
Baca juga: 5 Desain Logo Bunga Menarik dan Tips Memilih Ikon Bunga
7 DESAIN LOGO WARNA BIRU
Pemilihan warna biru untuk identitas merek seringkali dikaitkan dengan makna dan kesan yang diciptakan dari warna ini seperti ketenangan, kesegaran dan kepercayaan. Warna biru juga dipilih karena mudah beradaptasi pada berbagai skala. Selain itu warna biru juga kerap kali dikaitkan dengan bisnis air, perbankan dan laundry.
Desain Logo Achievetech Solution
Penggunaan warna biru pada logo tersebut dapat mencerminkan merek yang bergerak dalam bidang teknologi. Dari nama merek dan warna biru, audiens bisa mengidentifikasi jenis industri dari logo tersebut. Dua variasi warna biru tersebut cocok untuk merepresentasikan merek dalam industri teknologi.
Kombinasi warna biru monokrom dalam logo tersebut menciptakan tampilan harmonis. Warna biru tua dan biru cerah terlihat berpadu dengan baik dan menciptakan tampilan logo yang harmonis. Logo tersebut terlihat merepresentasikan identitas merek melalui warna biru yang harmonis dan menarik.
Desain Logo i.Store
Pada desain logo yang memiliki ikon kombinasi huruf I dan ikon apple tersebut, warna biru yang digunakan lebih lembut. Bisnis yang juga bergerak dalam bidang elektronik atau teknologi juga bisa menggunakan variasi biru pucat. Warna biru pastel dalam logo tersebut menciptakan kesan yang tenang dan tampilan visual elegan.
Bentuk ikon logo yang sederhana membuat desain logo dengan warna biru pastel terlihat elegan. Warna biru pada logo tersebut membantu menciptakan kesan merek yang elegan dan dapat dipercaya. Warna latar putih juga mendukung tampilan merek yang elegan.
Baca juga: Inspirasi Tipografi Serif Untuk Desain Logo
Desain Logo Coran Cation
Warna biru juga cocok untuk digunakan dalam bisnis travel seperti pada logo tersebut. Ketika memilih akomodasi atau bisnis travel audiens akan mengutamakan kepercayaan, warna biru bisa membantu dalam mengasosiasikan pesan tersebut. Pemilihan warna biru untuk logo travel bisa membantu membangun kepercayaan konsumen pada bisnis.
Pada logo tersebut warna biru dikombinasikan dengan warna netral yaitu hitam untuk mencptakan keseimbanagn visual. Pemilihan warna biru pada logo digunakan untuk menciptakan aksen sehingga visual logo terlihat unik. Warna biru terlihat harmonis dan mendukung pesan merek dengan baik pada logo tersebut.
Desain Logo CV Sinergi Globalindo Solution
Logo untuk CV tersebut menggunakan warna biru yang dibuat gradasi untuk menciptakan visual yang menarik. Penggunaan warna biru pada logo CV ini memberikan kesan profesional. Banyak perusahaan seperti CV ini yang memilih warna biru agar menciptakan tampilan logo profesional dan terpercaya.
Tampilan logo yang memiliki bentuk geometris dari modifikasi inisial CV sangat cocok dengan pilihan warna biru. Logo yang terlihat kaku terlihat harmonis dengan warna biru dan menciptakan kesan profesional.
Baca juga: 7 Desain Logo Geometris dan Makna Psikologisnya
Desain Logo Gelon.co
Logo dengan warna biru yang menciptakan kesan tenang juga akan cocok untuk bisnis fashion. Pada logo bisnis apparel tersebut penggunaan gradasi warna biru menciptakan tampilan yang elegan dan menarik. Warna biru pada industri fashion akan efektif untuk menciptakan merek yang berkesan elegan.
Kombinasi warna biru yang digradasikan membuat visual logo apparel tersebut terlihat unik. Perubahan warna yang lembut dari biru gelap ke putih yang menciptakan ilusi efek nyata pada desain logo.
Desain Logo Kreasi Outbond
Warna biru pada desain logo tersebut digunakan pada bisnis tempat hiburan outbound. Pemilihan warna biru yang cerah bisa mencerminkan kesan tenang. Ini bisa mengisyaratkan agar warna biru dapat memberikan perasaan tenang pada pengunjung tempat.
Untuk penggunaan warna biru dalam bisnis tempat hiburan seperti tempat bermain outbond bisa mencerminkan kesan yang menyegarkan atau refreshing. Warna biru yang menciptakan kesan relax dan tenang akan merepresentasikan harapan bisnis.
Logo 86 Lobster
Desain logo dengan warna biru juga kerap dipilih untuk merepresentasikan bisnis terkait laut. Gambar logo dengan ikon lobster tersebut dipadukan dengan warna biru laut untuk mencerminkan jenis industri. Warna biru tidak hanya untuk mencerminkan bisnis profesional tetapi juga jenis industri merek tersebut. Penggunaan warna biru untuk binis lobster ini akan merepresentasikan jenis bisnis dengaan baik. Warna biru disini dikaitkan dengn warna laut sebagai habitat lobster.
KESIMPULAN
Desain logo banyak yang memiliki warna biru karena bisa menciptakan tampilan yang terlihat profesional dan dapat dipercaya. Logo dengan warna biru banyak ditemui dalam bisnis minuman, teknologi, perbankan dan perusahaan. Untuk memilih warna logo biru pastikan untuk memilih variasi yang paling sesuai dengan kebutuhan merek.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.
- Inspiration in the color blue. (2024). Adobe Express. https://www.adobe.com/express/colors/blue#:~:text=Psychologists%20have%20studied%20the%20effects,support%2C%20protection%2C%20and%20loyalty. ↩︎