Mengenal Branding Produk Bisnis

Mengenal Branding Produk Bisnis – Ketika menjalankan suatu usaha tentu saja Anda berharap agar produk maupun jasa yang ditawarkan dapat diingat oleh masyarakat, khususnya calon pelanggan.

Terdapat berbagai cara untuk memberikan kesan yang dapat diingat oleh calon pelanggan, salah satunya adalah dengan menciptakan brand.

Memang branding ini menjadi hal yang penting. Mungkin saat ini banyak brand yang lebih fokus memikirkan sales dibanding branding.

Padahal, branding ini dapat memberikan banyak keuntungan yang pada akhirnya berimbas pula pada pemasukan.

Kata brand berarti merek, sedangkan pengertian branding adalah berbagai macam kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan tujuan untuk membangun dan membesarkan sebuah merek agar lebih dikenal masyarakat.

Lebih dalam akan Jasalogo jabarkan Branding Produk Bisnis Anda.

baca juga [Manajemen Resiko dalam Berwirausaha]

Mengenal Branding Produk Bisnis

Istilah branding berasal dari kata brand yang berarti merek. Lantas, apa itu branding yang dilakukan perusahaan dalam menjalankan bisnis?

Branding merupakan pencitraan agar suatu produk dapat menarik dan melekat di benak konsumen. Bisa dibilang bahwa branding bisa diartikan sebagai bentuk komunikasi perusahaan dengan konsumen yang menjadi sasaran.

Tujuan utama dari suatu branding adalah untuk mengenalkan brand perusahaan. Selain itu, branding juga bertujuan untuk membangun citra positif dan reputasi perusahaan agar selalu bagus di mata konsumen.

Pencitraan yang dilakukan perusahaan ini dapat membangun kepercayaan konsumen terhadap perusahaan.

Pengertian mudahnya, apa itu branding bisa dilihat dari suatu nama, logo, dan slogan suatu perusahaan yang melekat di benak konsumen.

Bisa dikatakan bahwa branding cenderung untuk selalu menarik konsumen agar kembali lagi ke suatu produk yang dipasarkan perusahaan.

Umumnya, branding dilakukan oleh perusahaan baru yang namanya belum terlalu dikenal masyarakat. ataupun pada dasarnya juga bisa dilakukan oleh perusahaan yang sudah lama ada namun sepi peminat dari publik.

Sehingga, perusahaan tersebut melakukan rebranding (membranding ulang produk) dengan kemasan dan nuansa yang beda dan baru.

Unsur-unsur branding produk bisnis

Setelah kita memahami apa itu branding, selanjutnya kita perlu tahu apa saja unsur-unsur penting yang terdapat dalam sebuah branding.

Unsur-unsur branding produk bisnis diantaranya:

  1. Nama merek atau brand
  2. Logo (logo type, monogram, bendera)
  3. Tampilan visual (desain produk, desain kemasan, desain seragam, dan lain sebagainya)
  4. Juru bicara (co-founder, mascot, tokoh perusahaan, orang terkenal)
  5. Suara (lagu tematik, icon bunyi/ nada)
  6. Kata-kata (slogan, tagline, jingle, akronim)

Baca juga [Memahami Lebih dalam tentang Logo Produk]

Branding yang baik memang dapat memberikan beragam keuntungan bagi brand.

Misalnya, ketika masyarakat dihadapkan pada beragam pilihan produk yang serupa, mereka akan cenderung lebih memilih produk yang lekat dalam ingatan mereka, atau minimal mereka akan mencoba produk-produk tersebut.

Selain itu, branding yang kuat, juga akan memudahkan brand untuk menjual berbagai merchandise yang dibuat, dan hal ini akan menarik bagi orang-orang untuk mengoleksi beragam merchandise yang ditawarkan.

So,demikian artikel sederhana untuk Mengenal Branding Produk Bisnis ala Jasalogo.id 

Team desain jasalogo.id profesional dalam membuat desain logo yang unik, menarik sesuai dengan visi misi usaha Anda, jadi pastikan anda memesan desain logo hanya di jasalogo.id kami aktif 24 jam siap melayani pesanan anda