Manajemen Resiko dalam Berwirausaha

Manajemen Resiko dalam Berwirausaha
Manajemen Resiko dalam Berwirausaha

Manajemen Resiko dalam Berwirausaha – Ada cara yang dapat sobat jasalogo.id lakukan untuk memanajemen resiko yang akan muncul dalam karir Anda berwirausaha.

Memang benar, sobat, jika kita memiliki usaha, maka kita harus siap untuk segala resiko yang kita hadapi. Mulai dari persoalan yang muncul untuk kita sebagai individu, atau persoalan yang muncul untuk usaha yang kita jalankan.

Read More

Namun demikian, pada ulasan kali ini, akan dipaparkan bagaimana tips manajemen resiko dalam berwirausaha yang tim jasalogo.id rangkum untuk Anda.

Berikut ulasannya, sobat jasalogo.id!

Identifikasi Resiko Dulu, ya, Sobat!

Hal pertama dan paling utama ialah mengidentifikasi resiko yang terjadi. Yap, betul! Percuma bukan, jika kita melakukan manajemen atau langkah-langkah namun salah sasaran. Jadi, poin identifikasi ini sangatlah penting, ya!

Sobat, proses ini meliputi identifikasi resiko yang mungkin terjadi dalam suatu aktivitas usaha. Dimana, identifikasi resiko secara akurat dan kompleks sangatlah vital dalam manajemen resiko.

Salah satu aspek penting dalam identifikasi resiko yang wajib Anda lakukan adalah mendaftar resiko yang mungkin terjadi sebanyak mungkin. Ingat, sebanyak mungkin, ya, Sob!

Disamping itu, Anda juga perlu mengetahui teknik yang bisa Anda lakukan untuk mengidentifikasi resiko tersebut.

Adapun, teknik-teknik yang dapat Anda gunakan dalam mengidentifikasi resiko antara lain:

  • Brainstorming
  • Survey
  • Wawancara
  • Informasi Historis
  • Kelompok Kerja

Kalau Sudah Identifikasi, Lakukan Analisa Resiko

Yap! Setelah Anda melakukan identifikasi resiko, maka tahap berikutnya adalah pengukuran resiko.

Pengukuran resiko ini dapat Anda lakukan dengan cara melihat seberapa besar potensi terjadinya kerusakan (severity) dan seberapa besar probabilitas terjadinya resiko tersebut.

Dalam penentuan probabilitas terjadinya suatu event ini sangatlah subjektif dan lebih berdasarkan nalar dan pengalaman.

Beberapa resiko memang mudah untuk diukur, namun sangatlah sulit untuk memastikan probabilitas suatu kejadian yang sangat jarang terjadi.

Sehingga, pada tahap ini sangatlah penting untuk menentukan dugaan yang terbaik supaya nantinya kita dapat memprioritaskan dengan baik dalam implementasi perencanaan manajemen resiko.

Ada kesulitan yang perlu sobat jasalogo.id antisipasi, nih! Kesulitan dalam pengukuran resiko, lebih tepatnya.

Dalam menentukan kemungkinan terjadi suatu resiko cukup sulit. Hal itu karena, informasi statistik tidak selalu tersedia untuk beberapa resiko tertentu. Selain itu, mengevaluasi dampak kerusakan (severity) sering kali cukup sulit untuk asset immaterial.

Monitoring Resiko dan Evaluasi

Terakhir ialah perlunya Anda melakukan monitoring akan resiko dan mengevaluasinya. Tahap yang telah dilakukan di awal, mulai dari mengidentifikasi, menganalisa dan merencanakan suatu resiko memang menajdi bagian penting dalam perencanaan suatu proyek.

Namun, manajemen resiko tidaklah berhenti sampai di sini saja. Praktek, pengalaman, dan terjadinya kerugian akan membutuhkan suatu perubahan dalam rencana dan keputusan mengenai penanganan suatu resiko.

Sangatlah penting bagi Anda, sobat jasalogo.id untuk selalu memonitor proses dari awal.

Proses yang dimaksud yakni mulai dari identifikasi resiko, kemudian pengukuran resiko untuk mengetahui keefektifan respon yang telah dipilih hingga untuk mengidentifikasi adanya resiko yang baru maupun berubah.

Sehingga, ketika suatu resiko terjadi maka respon yang dipilih akan sesuai dan diimplementasikan secara efektif.

Kesimpulan

Jadi, hal yang perlu Anda lakukan untuk memanajemen resiko dalam berwirausaha usaha adalah melakukan identifikasi resiko, melakukan identifikasi resiko, serta senantiasa melakukan monitoring akan resiko dan bagaimana evaluasinya setiap saat.

Itulah sobat, ulasan mengenai manajemen resiko dalam berwirausaha yang perlu Anda ketahui.

Anda dapat lakukan pemesanan logo dengan desain premium, berkualitas, pengerjaan rapi dan cepat, aktif 24 jam, hingga bebas revisi sepuas Anda. Tentunya, bukan hanya itu saja, sobat! Anda bisa mendapat promo super gila hanya di jasalogo.id! Contact Us!

  • Whatsapp

Related posts