Bisnis kopi mulai dari kedai kopi, cafe hingga brand kopi masih cukup populer. Banyaknya bisnis kopi menjadi tantangan tersendiri untuk menciptakan desain logo yang menarik. Tren style logo untuk bisnis kopi sendiri memiliki ragam variasi elemen visual seperti warna coklat, gambar cangkir dan font sederhana.
Umumnya style logo bisnis kopi cukup sederhana dan mudah untuk dibaca dan diingat. Gaya logo yang sederhana dengan bentuk ikon dan font yang mudah dibaca akan efektif menciptakan logo kopi yang estetik. Sebagian besar bisnis kopi yang ada memiliki logo yang sederhana sehingga lebih efektif membangun identitas merek dengan cepat.
TREN LOGO BISNIS KOPI DAN CAFE
Berbicara soal ragam jenis style logo bisnis kopi dan cafe ini juga memiliki trennya sendiri. Gaya desain logo bisnis ini identik dengan penggunaan ikon-ikon gambar yang relevan agar mencerminkan identitas bisnis dengan baik. Berikut beberapa tren logo kopi dan cafe yang populer:
Style Logo Kombinasi
Tak seperti logo perusahaan atau bisnis fashion yang banyak menggunakan logo inisial dan wordmark. Bisnis kopi dan cafe justru lebih sering menggunakan style logo kombinasi karena efektif merepresentasikan jenis bisnis. Logo kombinasi akan memiliki desain logo yang memiliki ikon dan teks nama merek sehingga lebih efektif.
Ikon logo yang digunakan dalam bisnis kopi dan cafe juga cukup umum seperti ikon cangkir dan biji kopi. Tak hanya itu penggunaan bentuk geometris juga banyak menghiasi ikon bisnis kopi. Bentuk geometris biasanya dikombinasikan dengan gambar biji kopi dan cangkir.
Logo Minimalis
Style logo dalam bisnis kopi juga banyak yang menggunakan gaya sederhana sehingga bentuk ikon jelas dan teks mudah dibaca. Gaya minimalis akan menciptakan bentuk logo sederhana serta memiliki tampilan visual yang bersih. Desain logo sederhana lebih relevan dan tampil estetik, yang mana cocok merepresentasikan dengan tampilan logo yang estetik.
Biasanya style logo ini hanya menggunakan garis-garis outline sehingga ikon terlihat bersih dan sederhana. Gaya minimalis line art akan efektif menciptakan tampilan logo kopi yang estetik. Logo minimalis juga lebih mudah digunakan pada berbagai media dan ukuran karena tampil bersih dan sederhana.
Ikon Cangkir dan Biji Kopi
Tren dalam logo untuk bisnis kopi juga banyak yang menggunakan ikon logo berupa gambar cangkir dan biji kopi. Kedua ikon logo tersebut cukup populer dan dapat merepresentasikan bisnis dengan baik. Dari ikon logo yang digunakan, audiens bisa langsung mengenali jenis bisnis dan produk dari bisnis tersebut.
Untuk itu banyak logo kopi yang menggunakan style logo minimalis menggunakan ikon cangkir dan biji kopi. Kedua ikon bisa dikombinasikan dengan bentuk gambar lainnya seperti bentuk geometris. Biasanya style ikon untuk bisnis ini juga dibuat sederhana sehingga sering menggunakan style ikon line art.
Warna Hitam dan Coklat
Untuk tren warna pada logo kopi biasanya menggunakan juga warna netral dan warna yang mencerminkan bisnis kopi. Warna hitam dan coklat cukup populer, bahkan sebagian besar bisnis kopi menggunakan warna tersebut. Banyak logo kopi yang memilih warna hitam untuk membuat desain tampil sederhana.
Namun sering juga pemilihan warna hitam karena berguna merepresentasikan kopi, warna hitam identik dengan warna kopi. Tak hanya hitam, warna coklat juga cukup populer digunakan untuk mencerminkan warna kopi. Terkadang warna coklat dan hitam akan dikombinasikan untuk menciptakan desain logo yang lebih menarik.
Font Estetik dan Sederhana
Untuk jenis font yang digunakan dalam bisnis kopi, biasanya menggunakan style huruf yang sederhana, estetik dan mudah dibaca. Gaya huruf yang digunakan seringkali menyesuaikan dengan bentuk ikon dan identitas merek. Setiap gaya font bisa menciptakan kesan dan mood tertentu, misalnya font serif klasik untuk bisnis kopi akan mencerminkan brand premium dan tradisional.
Berbeda lagi jika menggunakan gaya font bersih dan sederhana seperti sans serif, jika tebal brand akan berkesan kaku. Sementara biasanya banyak menggunakan sans serif elegan dan tipis agar menciptakan tampilan elegan. Penggunaan font display yang unik biasanya memilih style serif panjang atau dekoratif agar tampil menarik.
Style Tradisional dan Premium
Beberapa gaya desain bisnis kopi dan cafe terkadang ada yang menggunakan style retro dan vintage. Tak hanya style logo minimalis, bisnis kopi dan cafe banyak yang menggunakan style retro seperti logo emblem. Penggunaan gaya logo vintage akan menciptakan bisnis kopi yang estetik dan unik.
Biasanya style ini akan memiliki ciri logo emblem, font serif klasik atau slab serif, dan ikon bergaya retro. Terkadang logo akan memiliki tekstur atau outline tebal untuk menciptakan nuansa klasik. Sementara logo emblem sederhana bisa menggunakan style line art dan jenis font serif yang klasik.
JENIS-JENIS LOGO PADA BISNIS KOPI
Gaya desain logo yang sederhana membuat bisnis kopi sering tampil bersih dan mudah diingat. Tak seperti logo lainnya jenis logo yang sering digunakan hanya beberapa, jarang menggunakan jenis logo inisial. Jenis logo yang kerap digunakan adalah:
Logo Kombinasi
Jenis logo ini termasuk yang paling populer untuk merepresentasikan bisnis kopi dan cafe karena dapat merepresentasikan bisnis dengan baik. Kombinasi ikon dan font sederhana akan membuat logo mudah diingat dan efektif. Ikon logo dan font akan dipilih yang mencerminkan identitas merek dan jenis bisnis sehingga efektif untuk diidentifikasi oleh klien.
Logo Emblem
Salah satu logo bisnis kopi terkenal yaitu starbucks menggunakan jenis logo emblem dengan bentuk yang unik. Bentuk logo yang mengkombinasikan geometris, font dan ikon gambar terlihat unik. Tak jarang bentuk logo dibuat dengan tampilan bergaya tradisional sehingga merepresentasikan brand kopi premium dan terpercaya.
JENIS-JENIS WARNA BISNIS KOPI YANG POPULER
Untuk warna-warna pada logo bisnis kopi juga identik dengan warna yang berkesan hangat dan yang bisa merepresentasikan jenis bisnis. Penggunaan beberapa warna ini bertujuan untuk merepresentasikan jenis bisnis kopi dengan baik:
Hitam
Warna hitam dipilih untuk membuat bentuk logo tampil sederhana, elegan dan fleksibel, karena warna netral ini akan membuat logo mudah digunakan. Tak hanya itu warna hitam juga dipilih untuk mencerminkan warna kopi hitam. Tak heran warna kopi ini cukup populer terutama untuk logo bisnis kopi di Indonesia. Tren logo kopi yang memiliki style sederhana dan bersih akan cocok menggunakan warna hitam.
Coklat
Bisnis kopi juga kerap kali menggunakan warna coklat yang juga merepresentasikan bisnis kopi. Seringkali warna coklat populer untuk jenis bisnis cafe karena menciptakan mood atau suasana yang hangat dan nyaman. Warna coklat juga efektif merepresentasikan kopi, warna kopi tidak hanya hitam tetapi beberapa variasinya berwarna coklat. Terkadang dalam bisnis kopi mengkombinasikan warna coklat dengan warna hangat lainnya atau warna hitam.
Hijau
Meski warna coklat dan hijau populer namun warna hijau juga bisa ditemukan dan termasuk sering pada logo bisnis kopi. Termasuk pada logo Fore coffee dan Starbucks, warna hijau bisa menciptakan kesan tenang dan alami. Warna hijau untuk logo kopi bisa merepresentasikan brand yang organik dan menggunakan bahan kopi alami. Biasanya juga berguna merepresentasikan brand yang mendukung keberlanjutan lingkungan.
Kuning
Warna logo kopi juga bisa menggunakan warna kuning untuk merepresentasikan brand yang hangat. Biasanya warna kuning juga kerap dikombinasikan dengan warna coklat agar harmonis dan relevan. Warna kuning tua akan membuat logo kopi memiliki tampilan premium.
KESIMPULAN
Logo bisnis kopi seringkali menggunakan gaya desain yang sederhana karena efektif membuat logo mudah dikenali dan diingat. Tren style logo bisnis kopi tak hanya sederhana, tetapi juga minimalis dan bergaya estetik. Gaya font, ikon gambar dan jenis logo memengaruhi tampilan visual logo bisnis kopi, penting untuk menciptakan logo yang relevan.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.