Tips Menggunakan Logo dalam Media Sosial

Media sosial dalam era digital ini telah menjadi platform favorit banyak orang termasuk digunakan untuk kebutuhan branding, promosi hingga membangun loyalitas pelanggan. Pemanfaatan media sosial yang efektif untuk branding merek juga perlu memerhatikan penggunaan desain grafis yang efektif seperti logo. Desain logo yang akan digunakan dalam media sosial harus diciptakan dan diatur agar memiliki tampilan menarik dan fleksibel. 

Media sosial memiliki banyak jenisnya, yang mana setiap jenis media sosial akan memiliki ukuran yang berbeda. Sehingga terkadang ketika menggunakan desain logo perlu memerhatikan pilihan ukuran atau gaya desainnya. Agar desain logo efektif ada beberapa langkah atau hal penting yang perlu diperhatikan agar logo efektif membangun kesadaran merek.

TIPS MENGGUNAKAN LOGO DALAM MEDIA SOSIAL

Media sosial menjadi platform favorit banyak orang, sehingga penting untuk menggunakan logo agar mudah dikenali. Untuk brand atau merek yang berpromosi dalam media sosial ada tips yang perlu diperhatikan agar logo untuk media sosial efektif1. Berikut beberapa tips menggunakan logo dalam media sosial:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Pilih Format Logo yang Tepat

Tips Menggunakan Logo dalam Media Sosial

Ketika ingin menggunakan desain logo dalam media sosial penting untuk memilih jenis format logo yang tepat. Umumnya format logo yang baik menggunakan format PNG atau JPEG. Untuk Format PNG terkadang dipilih untuk digunakan dalam jenis desain lainnya.

Desain logo harus menggunakan format yang memastikan logo memiliki ukuran yang berkualitas. Format yang tepat akan memastikan konsistensi logo dalam berbagai penggunaan. Media sosial yang berbeda mungkin akan membutuhkan format logo yang berbeda pula.

Atur Gaya Visual Sesuai Media Sosial

Selain mengatur format desain logo yang tepat penting juga untuk mengatur agay visual logo. Beberapa platform mungkin akan membutuhkan gaya visual dengan logo tebal daripada tipis. Ukuran logo yang ditempatkan dalam ukuran kecil mungkin akan sulit untuk terlihat. 

Pada penggunaan untuk ukuran yang kecil perbesar ukuran logo agar mudah untuk terlihat dengan jelas. Biasanya untuk foto profil pastikan logo terlihat dengan jelas meski menggunakan ukuran yang kecil. Atur ukuran dan ketebalan agar mudah terlihat jelas dalam berbagai format dalam media sosial. 

PIlih Tata Letak atau Komposisi yang Konsisten

Ketika desain logo akan digunakan dalam desain pemasaran seperti poster brosur atau konten media sosial, pastikan tata letak logo konsisten. Ini akan memudahkan audiens menemukan logo dan melihatnya dengan baik. Tata letak yang konsisten akan membantu merek terlihat jelas dan menarik perhatian. 

Atur penempatan desain logo pada sebuah desain, agar tampilan desain terlihat profesional jika tata letaknya konsisten. Desain logo dalam desain pemasaran seringkali ditempatkan di sudut pada bagian atas atau bawah dengan ukuran kecil. Jika pada semua jenis desain pemasaran akan ditempatkan pada area yang sama akan menciptakan desain yang konsisten dan profesional.

Baca juga: Tantangan Menciptakan Logo yang Diterima Secara Global

Perhatikan Penekanan dan Kontras

Penggunaan desain logo juga harus memerhatikan kontras agar desain logo terlihat jelas. Pastikan logo yang digunakan dalam media sosial terlihat jelas dengan memperhatikan pemilihan latar belakang dan wara logo. Pilih warna latar yang bisa membuat desain logo terlihat jelas dan mencolok.

Jika desain logo kurang kontras, ini akan membuat logo tidak efektif untuk dikenali dan diingat oleh audiens. Tema atau warna media sosial juga bisa memengaruhi kejelasan logo. Pastikan warna logo bisa memberikan kontras dan penekanan yang jelas agar logo terbaca dengan baik. 

Gunakan Ukuran Logo yang Konsisten

Ketika menggunakan desain logo dalam semua jenis desain media sosial penting juga memastikan ukuran logo konsisten. Terutama jika logo dijadikan watermark di setiap postingan maka desain logo harus memiliki ukuran yang konsisten. Jika ukuran logo di setiap postingan media sosial selalu berbeda ini akan menciptakan tampilan yang tidak konsisten.

Desain konten bisa terlihat kurang profesional karena setiap konten tidak memiliki ukuran logo yang sama. Pastikan logo konsisten dengan membuat template untuk konten media sosial. Dengan memiliki template setiap konten desain logo akan konsisten sementara elemen lainnya bisa diedit dengan mudah.

Baca juga: Komposisi Terbaik untuk Desain Logo yang Menarik

Agar dapat digunakan untuk membangun desain identitas merek yang kuat. logo harus digunakan dengan konsisten pada semua konten media sosial. Tetapi terkadang beda format dan ukuran akan membutuhkan desain logo dengan variasi berbeda. Penting untuk menggunakan beberapa variasi logo dalam media sosial untuk memastikan identitas merek tetap jelas.

Tips Menggunakan Logo dalam Media Sosial

Jenis desain logo bisanya bervariasi ada yang yang monogram, wordmark hingga kombinasi. Untuk digunakan dalam media sosial sediakan beberapa variasi seperti ini:

Ikon: Logo yang hanya berupa ikon cukup fleksibel untuk digunakan dalam berbagai jenis konten. Selama bentuk ikon unik dan sederhana, penggunaan dalam media apapun akan mudah dikenali dan diingat.

Ikon dan Nama Merek: Sediakan juga variasi yang memiliki ikon dan nama merek. Versi kombinasi teks dan logo ini akan memudahkan audiens mengenali nama merek daripada hanya logo saja.

Ikon, nama merek dan slogan: Untuk versi lengkap ini akan cocok bila digunakan dalam desain kemasan atau brosur sebagai sampul. Penggunaan slogan akan membantu dalam menekankan identitas merek dengan baik. 

Nama merek: Ada juga versi logo yang hanya menggunakan nama merek tanpa ikon dan slogan. Jenis ini mungkin akan efektif jika digunakan dalam desain yang sederhana untuk memudahkan pembacaan nama merek. 

Baca juga: Tips Memilih Jenis Logo yang Tepat untuk Identitas Merek

CARA MENGGUNAKAN LOGO DALAM MEDIA SOSIAL BERBEDA

Setiap media sosial akan membutuhkan jenis logo yang berbeda, termasuk ukuran dan formatnya. Perhatikan cara menggunakan logo untuk media sosia yang berbeda2:

Tips Menggunakan Logo dalam Media Sosial

Facebook: Untuk media sosial ini penggunaan desain logo umumnya akan memiliki ukuran 170 x 170 piksel agar desainnya tampak menarik. Biasanya logo dalam media sosial facebook akan ditampilkan dalam bentuk lingkaran meski ukurannya persegi. Untuk itu ketika menggunakan logo pada facebook atur logo pada center dan pastikan spasi atas-bawah atau kanan–kiri seimbang agar logo terlihat jelas.

Instagram: Berbeda dengan instagram, ukuran logo yang ideal agar berkualitas tinggi dan jelas adalah 110 X 110 piksel. Karena banyak pengguna instagram mengakses instagram melalui mobile, gunakan ukuran 200 x 200 piksel. Pastikan logo sederhana agar pada perangkat mobile bisa terlihat jelas.

LinkedIn: Sementara untuk desain logo yang digunakan dalam platform ini disarankan untuk ukuran 268 x 268 piksel. Umumnya pada platform user akan memiliki bentuk profil bulat, sementara perusahaan akan memiliki profil kotak. Sesuaikan tata letak sesuai kebutuhan agar logo terlihat seimbang dan menarik.

Twitter: Media sosial yang berfokus pada tulisan ini juga memiliki ukuran logo yang disarankan digunakan. Twitter bisa menggunakan logo dengan format bervariasi seperti GIF, JPG hingga PNG, namun umumnya format PNG disarankan untuk digunakan dalam logo media sosial apapun. Ukuran yang disarankan adalah 400 x 400 piksel, dan logo akan terlihat dalam bentuk lingkaran. 

KESIMPULAN

Penggunaan desain logo dalam media sosial bertujuan untuk membangun identitas merek yang kuat. Desain logo akan digunakan dalam beragam jenis desain dengan ukuran dan format berbeda agar efektif. Penting untuk mengatur penggunaan logo agar terlihat jelas dan efektif untuk branding.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

  1. Balace, Belle. (2018, Aug 23). Dos And Don’ts of Adding A Logo To Social Media Graphics. Barnimages. https://barnimages.com/blog/tips/adding-a-logo-to-social-media-graphics/  ↩︎
  2. How to Use Your Logo on Social Media. (2022, Sept 9). FreeLogo Design. https://www.freelogodesign.org/blog/2022/09/09/how-to-use-your-logo-on-social-media ↩︎