Berbicara soal bagaimana gaya desain logo akan memengaruhi tampilan visual dan branding merek. Gaya desain akan disesuaikan jenis bisnis, produk hingga identitas merek. Pada logo brand kecantikan dan fashion yang seringkali tampil elegan memiliki perbedaan gaya desain.
Style logo yang elegan memiliki tampilan bersih, garis halus dan bentuk sederhana, sehingga menciptakan kesan mewah dan premium. Penggunaan gaya desain logo elegan memang termasuk sering ditemui pada desain logo kecantikan dan fashion. Desain logo yang elegan akan mencerminkan brand yang mewah dan high end.
PERBEDAAN LOGO BRAND ELEGAN KECANTIKAN DAN FASHION
Meski brand kecantikan dan fashion seringkali tampil mewah, namun style logo keduanya memiliki perbedaan. Tampilan elegan dipilih untuk membuat brand yang terpercaya dan mewah. Perbedaan logo brand yang elegan untuk kecantikan dan fashion terlihat pada style elemen yang digunakan.
Penggunaan Ikon
Ikon logo pada brand kecantikan dan fashion seringkali mengambil ikon yang sederhana sehingga menciptakan tampilan logo elegan. Bentuk ikon bisa apa saja termasuk huruf inisial, gambar dan lainnya yang sederhana.
Logo Kecantikan: Ikon Inisial, Siluet Wajah dan Daun
Pada logo kecantikan untuk bisnis skincare, kosmetik dan klinik kecantikan sering menggunakan ikon sederhana seperti inisial, siluet wajah dan daun atau bunga. Ikon yang elegan pada desain logo kecantikan diambil dari gambar yang relevan dengan bisnis ini. Siluet wajah dan daun akan mencerminkan produk dan fungsinya sehingga mudah dipahami.
Logo Fashion: Inisial, Hewan dan Abstrak
Berbeda dengan bisnis fashion yang jarang menggunakan ikon gambar tetapi lebih sering menggunakan ikon huruf inisial. Namun ada beberapa brand terkenal yang menggunakan logo hewan seperti Lacoste dengan buaya atau Puma dengan hewan Puma. Ada juga brand yang menciptakan bentuk ikon abstrak yang unik seperti logo Adidas dan Nike.
Perbedaan Gaya Font
Untuk perbedaan gaya font pada logo brand yang elegan biasanya menggunakan font sederhana dan bersih. Meski bisa menggunakan font serif atau sans serif, terkadang ada perbedaan style.
Logo Kecantikan: Gaya Huruf Tipis
Untuk menciptakan tampilan yang elegan brand kecantikan sering memilih gaya huruf sederhana yang tipis. Font yang tipis tah hanya tampil elegan tetapi juga efektif menciptakan kesan feminim. Tak hanya gaya huruf tipis terkadang font logo kecantikan menggunakan gaya huruf tipis pada font script yang elegan.
Logo Fashion: Gaya Huruf Tebal dan Tipis
Jika gaya huruf logo kecantikan lebih tipis dan elegan, sementara gaya font fashion lebih elegan dan bersih. Penggunaan font yang mudah terbaca seperti sans serif tetapi tidak terlalu tipis cukup populer. Gaya huruf yang tebal maupun tipis dengan font sans serif akan menciptakan kesan stylish dan minimalis.
Baca juga: 5 Font Mewah untuk Desain Logo Fashion
Kesan Warna Berbeda
Penggunaan warna yang menciptakan brand yang elegan juga perlu menyesuaikan karakter atau pesan merek. Warna brand fashion dan kecantikan memiliki perbedaan meski sama-sama bertujuan tampil elegan. Ada warna yang sering digunakan daripada beberapa warna elegan lain sehingga mencerminkan jenis brand dengan baik.
Logo Kecantikan: Warna Netral dan Pastel
Brand kecantikan juga kerap menggunakan warna hitam agar tampil high-end tetapi sering pula menggunakan warna cerah yang lembut. Selain warna netral seperti hitam dan putih, penggunaan warna pastel juga populer untuk brand skincare. Daripada warna cerah yang mencolok, penggunaan warna pastel lebih relevan dengan citra brand yang elegan dan feminim.
Logo Fashion: Warna Netral dan Gold
Untuk brand fashion, jarang sekali desain logonya berani menggunakan warna cerah mencolok karena kurang cocok dengan citra elegan. Bahkan untuk brand sport juga lebih banyak yang menggunakan warna netral seperti hitam. Warna hitam dan putih juga efektif menciptakan tampilan yang elegan, selain hitam beberapa brand fashion terkadang menggunakan warna emas.
Jenis Logo
Sementara itu perbedaan style logo brand elegan pada bidang fashion dan kecantikan terlihat pada penggunaan jenis logonya. Jenis logo wordmark dan lettermark cukup populer pada kedua brand tersebut. Logo yang sederhana biasanya efektif menciptakan kesan elegan.
Logo Kecantikan: Logo Wordmark dan Kombinasi
Brand kecantikan termasuk sering menggunakan logo yang sederhana dan fokus pada nama merek sehingga menciptakan tampilan elegan. Penggunaan jenis logo lettermark dan wordmark akan menciptakan logo elegan karena biasanya menggunakan font sederhana.
Ikon yang digunakan juga dibuat elegan dan bersih sehingga tampil mewah. Namun logo yang mengkombinasikan nama merek dan ikon gambar paling banyak ditemui dalam desain logo kecantikan.
Logo Fashion: Logo Lettermark, wordmark dan Kombinasi
Berbeda dengan logo fashion yang memiliki bentuk sederhana sehingga jarang menggunakan jenis logo kombinasi. Penggunaan wordmark dan lettermark termasuk yang populer karena memudahkan nama brand terbaca. Font logo fashion sehingga sering menggunakan font tebal dan tajam.
Baca juga: 6 Desain Logo Lettermark Geometris untuk Berbagai Bisnis
TIPS MEMBEDAKAN LOGO KECANTIKAN DAN FASHION
Perbedaan gaya desain logo brand kecantikan dan fashion yang elegan terletak pada penggunaan style elemen, selain itu juga dipengaruhi jenis produk dan identitas merek. Meski sama-sama bergaya elegan tetapi penggunaan elemen hingga style desain cukup berbeda. Untuk membedakan kedua logo tersebut, perhatikan beberapa hal ini:
Logo Skincare Sering Menggunakan Ikon daripada Fashion
Hal tersebut karena ikon logo pada brand kecantikan mencerminkan jenis produk atau fungsi produk. Misalnya ikon bunga dan daun untuk mencerminkan bahan produk skincare.
Berbeda dengan logo fashion yang lebih sering menggunakan teks dan inisial. Desain logo fashion tidak membutuhkan ikon untuk merepresentasikan jenis bisnis karena justru membuat logo kurang sederhana dan kurang universal.
Logo Kecantikan Warna Netral dan Logo Fashion Warna Pastel
Perbedaan warna cukup jelas untuk membedakan desain logo kedua jenis brand tersebut. Kebanyakan logo fashion menggunakan warna hitam, sementara logo kecantikan lebih sering memiliki warna pastel. Penggunaan warna pastel bisa mencerminkan nuansa dan mood bervariasi sehingga lebih relevan dengan bisnis kecantikan.
Baca juga: Desain Logo Kecantikan Wanita Beauty by Shofia
Gaya Font yang Berbeda
Penggunaan jenis dan gaya font cenderung mirip karena sering menggunakan font sederhana seperti sans serif, serif dan script. Untuk membedakannya perhatikan gaya font logo fashion yang lebih sederhana dan bersih, berbeda dengan font logo kecantikan yang lebih unik dan dekoratif. Tak jarang font pada logo fashion lebih tebal dan memiliki huruf tegas berbeda dengan logo kecantikan yang kebanyakan bergaya elegan.
Pesan dan Tujuan Brand yang Berbeda
Style logo pada brand yang elegan menggunakan gaya font sederhana agar mudah dibaca dan diingat nama mereknya. Jika brand fashion ingin tampil elegan dan stylish maka perlu menggunakan jenis logo dan elemen yang relevan. Terkadang jenis produk memengaruhi style logo, misalnya logo fashion anak akan menggunakan desain ramah dan penuh warna.
Sementara brand fashion dewasa lebih elegan dan sederhana. Berbeda dengan logo kecantikan yang memiliki perbedaan style logo berdasarkan identitas merek saja. Jarang pemilihan warna atau ikon menyesuaikan target audiens, hanya terkadang produk laki-laki sering menggunakan warna gelap. Perbedaan gaya desain logo brand juga bisa dibedakan berdasarkan jenis produk dan target audiens.
KESIMPULAN
Untuk menciptakan desain logo fashion dan kecantikan yang menarik pilih style yang tepat terutama jika elegan. Kedua desain logo akan memiliki perbedaan style logo brand yang elegan. Logo fashion dan kecantikan memiliki ciri khas brand tersendiri, sehingga meski sama elegan akan tampil beda karena mempertimbangkan beberapa hal lainnya.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.