Kenapa Banyak Desain Logo yang Menggunakan Warna Biru? 

Warna biru adalah warna yang paling banyak digunakan untuk desain logo dalam berbagai bidang dan jenis bisnis. Kamu akan menemui logo warna biru untuk berbagai brand, mulai dari fashion, makanan, media sosial dan perusahaan. Desain logo banyak yang menggunakan warna biru karena biasanya dipengaruhi oleh beberapa alasan.

Selain hitam, penggunaan warna biru ini termasuk paling banyak seolah menjadi pilihan terakhir ketika bingung memilih warna. Penggunaan warna biru dalam desain logo cukup massive, bahkan saking banyaknya penggunaan tidak membuat orang lantas beralih ke warna lainnya. Warna biru yang tampil tenang ini sering kali pemilihan dikaitkan dengan kesan profesional dan tenang yang diciptakan dari warna ini. 

WARNA BIRU

Biru sering kali disebut juga sebagai warna nirvana, hal ini karena warna ini termasuk warna langit dan laut sebagai simbol alami. Penggunaan warna biru dapat menyimbolkan kenyamanan, langit, air air, tidur dan pikiran. Selain itu warna dalam desain logo bisa mencerminkan kepercayaan, profesionalitas, dan keamanan. 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Banyak perusahaan besar maupun kecil menjadikan warna biru untuk warna identitas merek agar logo tampil profesional. Warna biru ada dimana-mana dalam desain grafis termasuk untuk desain logo hingga tema desain media sosial. Penggunaan warna biru bisa mencerminkan alam atau hanya untuk menciptakan perasaan tenang dan damai. Warna ini ada dimana-mana termasuk dunia internet, biru menjadi warna yang cukup populer sebagai tema dan desain logo. 

Baca juga: Inspirasi Kombinasi Warna dalam Logo Terkenal yang Menarik

MAKNA PSIKOLOGI 

Warna biru umumnya memiliki makna psikologi seperti tenang, aman dan kepercayaan ketika digunakan sebagai desain logo atau untuk kebutuhan lainnya. Dalam penggunaannya desain logo bisa memiliki beberapa makna berbeda karena digunakan dalam shade warna yang berbeda pula. Setiap variasi kecerahan warna biru yang berbeda dapat mencerminkan makna yang berbeda pula. 

Untuk menggunakan dan memilih warna biru yang tepat, penting bagi desainer untuk memilih variasi warna biru yang sesuai dengan identitas yang ingin dibangun. Berikut beberapa makna psikologi berbeda untuk variasi biru yang berbeda:

Light Blue

Warna biru muda ini tampil lebih kalem dan pucat, beberapa warna light blue juga termasuk warna pastel. Penggunaan warna biru muda ini akan cocok merepresentasikan brand yang ingin tampil menyegarkan, mengundang, dan ramah. Makna psikologi ini akan cocok digunakan untuk warna brand fashion, minuman, dan brand anak-anak. 

Bright Blue

Kenapa Banyak Desain Logo yang Menggunakan Warna Biru? 

Warna biru cerah ini lebih terang dan mencolok tidak sekalem biru muda, tetapi tetap menciptakan kesan menenangkan dan fresh. Penggunaan warna biru cerah ini bisa digunakan untuk mencerminkan brand yang kreatif dan produktif. Biasanya warna biru ini banyak ditemui untuk warna logo media sosial dan warna logo finance. Variasi biru cerah ini bisa menciptakan kesan profesional untuk perusahaan dan brand keuangan. Warna biru ini banyak digunakan untuk logo perusahaan besar.

Dark Blue

Untuk variasi biru gelap biasanya warna ini akan tampil lebih elegan dan menciptakan kedalaman visual. Warna biru gelap akan efektif untuk mencerminkan brand yang kuat dan dapat diandalkan. Penggunaan paling relevan dengan warna biru gelap juga banyak digunakan untuk logo perusahaan, logo teknologi dan logo finance. Warna biru gelap bisa menekankan kesan profesional dan brand yang terpercaya. 

Muted Blue

Kenapa Banyak Desain Logo yang Menggunakan Warna Biru? 

Untuk variasi satu ini warna biru tampil muted atau pucat yang mana tidak terlalu terang tapi masih terlihat fresh. Variasi warna biru ini memiliki aksen biru keabuan sehingga tampil pucat dan tenang. Penggunaan warna ini dalam desain grafis bisa merepresentasikan kepedulian, respek, dan terpercaya. Hal ini membuat jenis font ini cocok digunakan untuk logo perusahaan, bisnis travel hingga warna desain logo fashion. 

Baca juga: Inspirasi Palet Warna Retro untuk Desain Nostalgia Menarik

EFEKTIVITAS WARNA BIRU

Pemilihan warna biru untuk berbagai desain grafis termasuk untuk desain logo ini juga dipengaruhi kemampuan warna ini untuk memiliki makna yang universal. Menurut penelitian University of Maryland, penggunaan warna biru dalam desain grafis menjadi favorit banyak orang dimana 42% laki-laki menyukai warna biru, sementara 29% yang menyukai warna biru. Diantara dua gender ini warna biru menjadi warna yang paling populer dan difavoritkan. 

Secara universal, warna biru dikenal memberikan dampak produktivitas positif dalam meningkatkan produktivitas. Hal ini membuat banyak gedung perusahaan atau perkantoran memiliki warna biru. Jika diperhatikan banyak gedung tinggi bahkan gedung universitas memiliki warna biru. 

Dalam hal ini warna biru dikenal efektif untuk memengaruhi persepsi audiens pada perusahaan yang stabil, tenang dan bermoral. Tidak hanya pada desain logo, penggunaan warna biru dalam lingkup perusahaan termasuk kedalam gedung hingga desain interior.

Warna biru yang tidak tampil mengancam atau mencolok seperti warna merah, penggunaannya bisa mencerminkan brand yang dapat diandalkan, aman dan damai. Warna biru bisa diterapkan dalam berbagai kebutuhan termasuk untuk branding, iklan, dan desain produk. Ini akan membantu dalam menunjukkan semua hal positif warna biru dalam desain tersebut. 

PENGGUNAAN WARNA BIRU UNTUK LOGO MEDIA SOSIAL

Penggunaan desain logo berwarna biru dapat menciptakan tampilan yang tenang dan nyaman untuk desain website dan aplikasi media sosial. Tidak heran banyak media sosial yang menggunakan warna biru, karena efektif untuk menciptakan tampilan yang menarik. 

Desain Facebook

Kenapa Banyak Desain Logo yang Menggunakan Warna Biru? 

Logo untuk media sosial yang diluncurkan pada tahun 2004 ini menghubungkan banyak orang termasuk teman dan keluarga. Penggunaan warna biru dalam desain logo facebook ini menggunakan variasi biru terang yang mencerminkan kesan handal dan terpercaya.

Desain untuk laman media sosial ini juga menggunakan warna biru untuk aplikasi dan websitenya karena bisa memberikan kenyamanan pada pengguna aplikasi. Kombinasi warna biru terang dengan putih menciptakan tampilan harmonis dan kontras yang nyaman untuk dilihat. 

Desain LInkedin

Warna biru yang digunakan dalam logo untuk media sosial linkedin ini menggunakan variasi warna biru tua. Penggunaan warna biru sedikit gelap menciptakan kesan yang lebih profesional dan memiliki kedalaman visual. Warna biru dalam desain untuk website linkedin ini juga dikombinasikan dengan warna putih untuk menciptakan harmoni dan tampilan yang menarik. Pemilihan warna biru untuk desain platform ini berguna untuk menunjukkan brand yang berkesan profesional dalam membangun jaringan di internet. 

Baca juga: 7 Kombinasi Warna untuk Desain Logo Bisnis Makanan

WARNA BIRU UNTUK BERBAGAI BIDANG BISNIS

Warna biru tidak hanya populer untuk digunakan dalam desain logo media sosial dan platform dalam internet tetapi juga untuk berbagai bidang bisnis. Penggunaan warna bisa digunakan untuk mencerminkan jenis bisnis kursus, produk terkait air, dan logo bisnis travel. Berikut beberapa contohnya:

Desain Logo British English Course

Pada desain logo untuk bisnis kursus bahasa inggris ini warna biru yang digunakan dikombinasikan dengan warna oranye untuk menciptakan tampilan brand yang terlihat menarik. Warna biru yang digunakan pada logo tersebut mencerminkan brand yang terpercaya dan profesional. Kombinasi dengan warna oranye tampak harmonis karena menggunakan saturasi yang tepat.

Desain Logo Gracio Fast Cool

Kenapa Banyak Desain Logo yang Menggunakan Warna Biru? 

Penggunaan warna biru untuk bisnis produk elektronik yang berhubungan dengan air tersebut menciptakan tampilan brand yang relevan. Logo inisial tersebut menggunakan warna biru dalam bentuk gradasi monokrom sehingga menciptakan efek ilusi nyata. Warna biru dalam logo tersebut mencerminkan kesan dingin, segar dan tenang sesuai produk bisnis tersebut. Desain logo juga tampak profesional dan dapat diandalkan dengan menggunakan warna biru gradasi yang menarik.

Desain Logo Bagus Bali Trans

Penggunaan desain logo untuk bisnis travel juga termasuk yang paling banyak ditemui karena menciptakan kesan profesional dan terpercaya. Pada logo travel tersebut, ikon logonya berupa ikon pulau bali dan gambar mobil travel.

Ini untuk menunjukkan jika bisnis bergerak menyediakan layanan transportasi travel. Warna biru dalam logo tersebut membuat logo tampil sederhana dan menarik karena memiliki gradasi. Warna biru tua membuat desain logo tampak lebih andal dan terpercaya daripada biru muda. 

KESIMPULAN

Ketika ingin menggunakan warna biru dalam desain logo pertimbangkan untuk memahami makna psikologi yang diciptakan setiap variasi warna biru. Penggunaan warna biru juga perlu mempertimbangkan bidang bisnis, pesan merek hingga tujuan yang ingin dicapai merek tersebut. Warna biru memang menjadi warna favorit untuk digunakan dalam desain logo termasuk untuk logo perusahaan, finance hingga logo fashion. Pastikan warna biru sesuai dengan identitas merek agar mencerminkan identitas bisnis dengan baik. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.