Desain logo biasanya akan memiliki warna yang disesuaikan dengan kebutuhan brand dan pesan yang ingin disampaikan. Warna logo dapat merepresentasikan makna dan pesan melalui makna psikologi setiap variasi warna. Fungsi warna dalam logo berguna mencerminkan karakter merek, pesan merek hingga bertujuan untuk menarik perhatian.
Setiap wana dapat menciptakan kesan berbeda dan dapat digunakan untuk fungsi yang berbeda. Pahami dengan baik identitas merek sehingga bisa memilih warna sesuai fungsinya. Setiap warna bisa berguna untuk merepresentasikan fungsi tertentu berdasarkan jenis brand dan pesan merek.
FUNGSI WARNA DALAM DESAIN LOGO
Peran warna dalam desain logo tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan daya tarik desain logo tetapi juga berguna untuk merepresentasikan pesan tertentu. Setiap variasi warna dengan kecerahan berbeda dan warna yang berbeda akan memiliki kemampuan yang berbeda. Perhatikan fungsi beberapa warna dalam desain logo:
Merah untuk Menarik Perhatian

Warna merah banyak digunakan sebagai warna untuk tujuan menarik perhatian dengan cepat dibandingkan warna lainnya. Warna merah mencolok lebih efektif menarik perhatian mata manusia. Sebagai warna brand, penggunaan warna merah berguna untuk membuat logo efektif mmbangun identitas yang kuat pada ingatan audiens.
Biasanya untuk menarik perhatian, warna merah banyak digunakan untuk logo brand makanan hingga logo perusahaan digital. Tak hanya efektif membuat logo lebih cepat menarik perhatian tetapi warna merah juga membantu merepresentasikan cinta, passion, ketajaman, kekuatan dan ketertarikan. Diantara warna logo yang banyak menggunakan warna kalem dan netral, warna merah memiliki fungsi menarik perhatian yang lebih baik.
Biru untuk Menginspirasi

Untuk penggunaan warna biru yang kalem atau gelap dapat berfungsi untuk menginspirasi. Warna biru dapat merepresentasikan teknologi dan kepercayaan sehingga bisa mencerminkan brand yang terpercaya. Kemampuan warna biru dalam mencerminkan inspirasi membuat warna banyak ditemui dalam brand teknologi hinga perusahaan besar.
Fungsi warna biru dalam desain logo juga mampu menciptakan perasaan yang tenang dan damai. Warna biru meski tidak mampu mencolok tetapi bisa berfungsi mencerminkan kesan terpercaya, kebebasan, kekuasaan, dan kepercayaan. Sebagai warna logo, warna biru termasuk paling banyak digunakan untuk logo perusahaan, teknologi hingga logo aplikasi.
Baca juga: 7 Logo Perusahaan Warna Biru yang Profesional
Hijau untuk Mencerminkan Stabilitas

Sementara jika logo menggunakan warna hijau yang alami dan fresh, maka warna bisa memiliki fungsi mencerminkan stabilitas dan keseimbangan. Warna hijau bisa merepresentasikan keseimbangan visual dan kesan alami. Kestabilan yang diciptakan dari penggunaan warna hijau ini banyak digunakan untuk brand minuman dan logo perusahaan.
Kemampuan warna hijau dapat menciptakan kesan stabil sesuai dengan tujuan perusahaan sehingga bisa menciptakan kesan logo yang profesional. Tak hanya mencerminkan kesan stabil, warna hijau dapat menciptakan harmoni, alam, pertumbuhan dan kesegaran. Untuk itu warna hijau juga banyak digunakan untuk warna logo brand makanan dan minuman sehat.
Kuning untuk Menonjolkan Logo

Fungsi menggunakan warna cerah dan mencolok biasanya karena mampu membuat logo menarik perhatian. Logo yang mencolok karena mudah ditemukan audiens dan mudah dibedakan dengan banyak logo yang lain. Selain warna merah, warna yang memiliki fungsi menonjolkan desain logo bisa menggunakan warna kuning.
Penggunaan warna kuning akan berguna untuk membuat logo menonjol sehingga mudah mencolok diantara warna logo lainnya. Logo warna kuning yang mencolok juga berguna mencerminkan masa muda, bahagia dan menyenangkan, optimis dan energi. Sama seperti logo warna merah, warna kuning juga banyak digunakan sebagai warna logo makanan, selain itu juga untuk logo perusahaan dalam bidang kreatif.
Baca juga: Rekomendasi Palet Warna Kuning sesuai Tema Musim
FUNGSI WARNA LOGO SECARA UMUM
Ketika ingin memilih warna untuk desain logo, pertimbangkan fungsi dan peran warna sehingga memilih warna yang tepat. Setiap warna dapat memiliki fungsi yang berbeda karena memiliki kecerahan dan makna psikologi yang berbeda. Secara umum fungsi warna untuk logo memiliki beberapa peran yaitu:
Mencerminkan Pesan Merek
Makna psikologi setiap variasi warna dan jenis warna akan berbeda-beda, ada yang yang mencerminkan kesan mewah, netral, formal hingga bahagia. Setiap jenis warna memiliki makna psikologi tersendiri, terutama untuk variasi kecerahan warna yang berbeda.
Pesan dan karakter merek dapat direpresentasikan melalui pilihan warna yang sesuai. Pilih warna dengan makna psikologi yang relevan dengan pesan merek. Selain itu tingkat kecerahan warna juga bisa menciptakan kesan dan pesan berbeda, misalnya warna biru gelap dan biru muda.
Menarik Perhatian
Warna logo juga memiliki peran agar logo tampil lebih menarik sehingga bisa memikat audiens. Biasanya logo akan dibuat menggunakan warna hitam dan putih, namun agar menarik sebaiknya menggunakan warna audiens. Penggunaan warna cerah atau warna gelap dengan berbagai variasi kombinasi bisa meningkatkan daya tarik visual logo.
Desain logo akan jauh lebih dan unik jika memiliki warna tertentu, jika bertujuan menarik perhatian warna mencolok bisa dijadikan pilihan. Logo warna yang kurang menarik bisa sulit ditemukan dan diingat. Untuk kombinasi warna yang menarik perhatian dapat mengkombinasikan warna yang kontras.
Baca juga: 7 Desain Logo Warna Cerah dan Menarik Perhatian
Mencerminkan Jenis Bisnis
Warna juga berfungsi untuk merepresentasikan jenis bisnis, terkadang ada beberapa warna yang khas bisnis tertentu. Pilih jenis warna yang sesuai untuk mencerminkan jenis bisnis sehingga memudahkan identifikasi oleh audiens. Beberapa jenis industri memiliki warna-warna yang khas sehingga bisa langsung dikenali audiens.
Misalnya merah dan kuning untuk mencerminkan logo makanan, sementara warna hijau dan biru untuk mencerminkan logo minuman. Beberapa juga identik dengan jenis produk seperti warna coklat untuk kopi dan coklat. Pemilihan warna berdasarkan kemampuan warna dalam mencerminkan jenis bisnis ini akan cukup efektif.
Menciptakan Mood Tertentu
Setiap warna logo dipilih berdasarkan tujuan merek, sehingga berfungsi menciptakan mood yang relevan. Mood warna dapat tercipta sesuai makna psikologi dan tingkat kecerahan warnanya. Warna yang cerah, gelap, lembut dan mencolok bisa menciptakan mood berbeda.
Oleh karena itu, pastikan memilih warna yang menciptakan mood sesuai dengan karakter merek sehingga warna berfungsi dengan baik. Warna gelap cenderung menciptakan mood yang misterius, tegas dan kaku. Berbeda dengan warna cerah yang bisa mencerminkan mood yang menyenangkan karena warna yang cerah dan tampil ceria.
KESIMPULAN
Dalam membangun identitas yang kuat, warna merupakan elemen visual yang memiliki fungsi penting dalam desain logo. Setiap variasi warna akan memiliki makna, pesan hingga kemampuan mencerminkan sesuatu. Pastikan warna brand akan memiliki warna yang menarik sehingga relevan dengan identitas merek dan membuat logo efektif menarik perhatian. Fungsi warna harus bisa membantu merepresentasikan tujuan dan pesan merek.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.