Manfaat Branding Menggunakan Nama Merek Terkenal

Branding merupakan langkah untuk membangun identitas merek yang kuat. Ada banyak jenis branding yang bisa digunakan untuk membangun merek yang kuat di pasaran. Branding menggunakan nama merek yang sudah terkenal kerap dijadikan pilihan karena memiliki manfaat untuk memasarkan produk baru agar lebih cepat dikenal publik.

Pernahkah menemui produk atau layanan baru namun nama merek jauh lebih besar dari nama produknya? Ini bisa merupakan contoh branding menggunakan nama merek terkenal. Nama merek yang sudah terkenal dijadikan langkah strategis untuk memasarkan produk baru dari merek tersebut.

Biasanya pelanggan lebih mempercayai produk baru dari nama merek terkenal. Mereka menganggap produk tersebut dapat dipercayai karena dirilis oleh merek yang pelanggan sudah familiar.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Tidak hanya pada industri bisnis produk atau layanan, nama merek ini juga sering dijadikan strategi pemasaran dalam industri kreatif. Dalam industri kreatif seperti film atau buku akan juga sering menggunakan nama penulis atau sutradara untuk mempromosikan karya baru.

Nama dari merek orang terkenal bisa dijadikan strategi branding yang kuat dan dapat memberikan manfaat membangun identitas merek yang kuat. Produk atau layanan baru pun akan mudah menjangkau masyarakat yang luas. Penggunaan nama yang sudah diakui masyarakat ini kerap menjadi pilihan favorit ketika membangun branding.

BEBERAPA POIN PENTING PERAN NAMA MEREK TERKENAL DALAM BRANDING

Membangun branding menggunakan nama merek terkenal kerap menjadi pilihan favorit karena akan mudah mengenalkan produk atau karya baru. Jika perhatian yang besar didapatkan ini akan menguntungkan. Simak beberapa peran merek terkenal pada branding:

Memanfaatkan Reputasi Positif Merek

Merek terkenal biasanya memiliki reputasi positif dimata pelanggan dan cenderung lebih dipercaya. Merilis produk atau layanan yang berafiliasi merek terkenal akan membantu produk mendapatkan kepercayaan masyarakat.

Reputasi positif merek terkenal dapat memberikan dampak positif pada merek yang bekerja sama dengan merek tersebut. Produk baru dapat memanfaatkan reputasi terkait merek terkenal tersebut misalkan pada kualitas, keunggulan dan keberhasilan.

Memanfaatkan aspek-aspek penting yang membangun reputasi positif merek tersebut akan membantu membangun kepercayaan konsumen.

Meningkatkan Daya Tarik

Merek terkenal tentunya sudah terkenal oleh masyarakat luas, ini dapat meningkatkan daya tarik pada produk. Merek terkenal juga dapat membantu merek atau produk baru agar lebih dikenal secara luas oleh masyarakat.

Orang cenderung akan tertarik dengan produk baru yang bekerja sama dengan merek terkenal. Terkadang konsumen menganggap bahwa produk yang dihasilkan merek tersebut pasti tidak mengecewakanmu. Ini akan membantu produk mendapatkan perhatian dan membuat produk lebih diingat oleh pelanggan.

Akses ke Penggemar Setia

Biasanya merek terkenal sudah memiliki pelanggan yang setia, konsumen terkadang akan membeli atau mencoba produk baru karena penasaran. Merek terkenal tidak hanya dikenal secara luas karena menarik atau unik tetapi juga karena kualitas produknya.

Pelanggan cenderung setia dengan merek karena percaya akan kualitas produknya. Membangun branding dapat menggunakan pelanggan setia merek terkenal untuk mengenalnya dengan baik. Pelanggan dari merek terkenal biasanya juga memberikan dukungan pada produk baru yang terkait merek terkenal.

Menyampaikan Nilai atau Gaya Hidup

Nama merek terkenal juga terkadang terkait dengan gaya hidup tertentu. Misalnya merek terkenal mencerminkan gaya hidup sehat, sehingga dapat membantu merek yang bekerja memiliki citra yang sama.

Bekerja sama dengan merek terkenal akan berguna membangun branding merek dengan mencerminkan nilai-nilai yang diwakili merek tersebut. Ini akan membantu merek menyampaikan pesan yang konsisten tentang nilai atau gaya hidup merek tersebut.

Penjualan yang Lebih Baik

Membangun branding menggunakan nama merek terkenal juga akan membantu meningkatkan penjualan. Merek terkenal membantu meningkatkan kepercayaan dan keyakinan masyarakat terhadap kualitas produk atau layanan. Ini dapat memengaruhi keputusan pembelian.

Konsumen cenderung akan memilih produk dan layanan dari merek yang sudah terkenal. Alasan inilah yang membuat nama merek lebih ditonjolkan daripada nama produk. Konsumen bisa langsung melihat nama merek sehingga dapat memengaruhi keputusan pembelian.

Risiko dan Tantangan

Meskipun ada banyak manfaat untuk membangun branding dengan menggunakan merek terkenal, namun terdapat pula beberapa tantangan dan risiko yang terkadang perlu dihadapi. Nama terkenal yang memiliki citra positif akan menguntungkan, namun bila terjadi skandal perihal produk atau pelayanan ini bisa mengakibatkan kerugian yang besar.

Kontroversi negatif merek terkenal akan jauh lebih cepat tersebar daripada merek kecil. Sehingga perlu banyak pertimbangan ketika memilih bekerja sama apakah merek tersebut dapat dipercaya atau tidak.

CONTOH-CONTOH PEMANFAATAN NAMA MEREK TERKENAL

Merek terkenal biasanya dibuat lebih menonjol dalam desainnya daripada tulisan nama leoduk atau lainnya. Ini agar dapat segera dikenali oleh konsumen. Berikut beberapa contoh pemanfaatan merek terkenal:

Peluncuran Produk Bersama Tokoh Terkenal

Sebuah bisnis dapat bekerja sama dengan tokoh terkenal seperti selebriti atau influencer yang sudah memiliki nama terkenal. Meluncurkan produk kolaborasi bersama yang masih mencerminkan karakter tokoh tersebut akan memberikan keuntungan pada bisnis. Termasuk meningkatkan daya tarik dengan memanfaatkan pengaruh dan popularitas mereka.

Endorsement Produk

Bisnis bisa juga memanfaatkan selebriti untuk mempromosikan produk mereka dengan menjadikan mereka wajah yang mewakili produk biasanya disebut brand ambassador. Ini dapat meningkatkan minat dan citra positif pada produk.

Lisensi Merek

Ada juga cara memanfaatkan merek terkenal dengan membeli lisensi merek mereka seperti konsep bisnis franchise. Bisnis bisa meluncurkan produk dengan memakai nama merek yang sudah terkenal untuk membangun identitas merek yang kuat. Lisensi produk biasanya seperti pakaian, aksesoris atau peralatan.

KESIMPULAN

Ada banyak sekali manfaat menggunakan nama merek terkenal untuk mempromosikan produk atau layanan baru. Tidak hanya pada industri bisnis tetapi untuk mempromosikan industri kreatif. Nama merek terkenal dapat meningkatkan popularitas produk atau karya, ini karena konsumen cenderung percaya pada produk yang sudah familiar. Merek terkenal biasanya memiliki citra positif yang bisa dimanfaatkan sebagai citra merek atau produk baru.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.