Ketahui Trik Memahami Pelanggan Agar Setia! – Halo sobat jasa logo! Antara penjual dan pembeli atau konsumen harus memiliki keterikatan batin, nih!
Ya, betul, jika sudah terjalin komunikasi yang baik, maka hubungan romantis antara penyedia barang atau jasa dengan konsumen akan terjalin erat dan bisa dikatakan sebagai pelanggan setia!
MENERIMA HADIAH ATAU RECEIFING GIFT!
Sobat jasa logo, dalam hubungan mungkin ada sebagian orang yang merasa nggak nyaman ketika menerima hadiah karena merasa malah jadi beban, tapi sebagian yang lain baru merasa dicintai ketika mendapatkan hadiah lo.
Nah, begitu pula dalam marketing! Dalam pemasaran, kebanyakan orang malah sangat suka dengan hal ini.
Dimana untuk menerapkannya, Anda bisa melakukan give away, memberikan diskon, kupon, poin, dan sejenisnya.
Apabila Anda ingin membuatnya lebih menguntungkan, Anda bisa melakukan kontes atau kompetisi kecil-kecilan melalui media sosial dan memberikan hadiah untuk juaranya.
BERI KATA-KATA AFIRMASI ATAU PENERIMAAN
Meskipun kelihatan sepele ternyata kata-kata memiliki kekuatan yang mungkin tak kita bayangkan. Hal sesimpel mengucapkan terima kasih atas pembelian yang dilakukan konsumen serta mengucapkan dengan ramah “semoga hari Anda menyenangkan!” pun akan membuat mereka bahagia, sobat!
Nah, ketika menjual pakaian misalnya, Anda juga bisa mengatakan bahwa baju yang dipilih tampak bagus dipakai oleh konsumen.
Mengapresiasi konten yang dibuat oleh konsumen terkait dengan produkmu juga akan membuat mereka senang.
SELALU DEKAT DENGAN KONSUMEN – PHYSICAL TOUCH
Jika diartikan, maka love language yang satu ini artinya adalah sentuhan. Anda bisa juga melakukannya dengan membuat iklan atau kampanye yang relate dengan apa yang dirasakan dan dilakukan oleh target pasar.
Namun, nampaknya tidak hanya itu, Anda juga bisa muncul menjadi bagian dari keseharian para konsumen, sebagai contoh menjadi sponsor di event yang mungkin didatangi konsumen.
Selain itu, Anda juga dapat memasang iklan di tempat-tempat yang bisa mereka lihat, dan yang terpenting produk itu sendiri bisa memenuhi kebutuhan mereka.
ACT OF SERVICE, APA ITU?
Poin selanjutnya ialah terkait dengan pelayanan nyata yang perusahaan atau jasa Anda berikan, sobat!
Betul, act of service dapat diartikan sebagai seseorang yang senang ketika mendapatkan bantuan. Saat konsumen merasa kesulitan, di situlah Anda harus membantu mereka melalui layanan customer service.
Anda harus menghindari penjelasan yang berbelit-belit dan membuat mereka semakin bingung, jangan pula lekas emosi.
Nah, keberadaan bantuan sekecil apapun bisa bikin mereka senang dan merasa diperhatikan.
JANGAN BURU-BURU BANGUN KOMUNIKASI DENGAN KONSUMEN! ISTILAHNYA BUAT QUALITY TIME ANDA DENGAN PELANGGAN, YA!
Berbicara soal quality time dengan pelanggan, nyatanya tak harus mengobrol tentang hal-hal yang tak perlu dengan konsumen.
Namun, Anda hanya perlu menyediakan waktu untuk bersama dengan mereka terutama saat dibutuhkan.
Misalnya, meluangkan waktu untuk menanggapi komentar mereka di media sosial, melakukan sesi tanya jawab, atau memberikan after selling service. Hal tersebut bisa menaikkan brand loyalty para konsumen karena merasa sudah dekat dengan brand sehingga kemungkinan berpaling hanya sedikit.
Semudah itu, bukan?
Kesimpulan
Nah, itu dia cara untuk menerapkan love language dalam dunia marketing. Bukan cuma doi Anda aja yang butuh dipehatikan supaya setia dan bisa langgeng tapi para konsumen juga.
Rekomendasi
Bagi Anda yang tengah bingung mencari desainer untuk aktivitas usaha Anda, segera hubungi pihak kami hanya di jasa logo.id!
Apa keuntungannya? Dengan pengerjaan yang super rapi dan cepat, kami mengunggulkan pelayanan demi kepuasan Anda, sobat jasa logo!
Selain itu, klik di sini untuk update logo hasil karya tim melalui portal instagram jasalogo.id!