DRAFTER: PENGERTIAN, MACAM, PERKEMBANGAN

Drafter: Pengertian, Macam, Perkembangan – Apakah Anda telah mengenal siapakah profesi drafter itu?

Apakah seorang drafter sama halnya dengan desainer-desainer lainnya? Apakah fokus bidang dari profesi drafter?

Nah, untuk menjawab hal tersebut, kali ini, jasalogo.id akan bagikan informasi seputar drafter. Cek ulasan lengkapnya sampai akhir, ya!

DRAFTER: PENGERTIAN, MACAM, PERKEMBANGAN

APA ITU DRAFTER?

Drafter merupakan salah satu jenis desainer yang profesinya cenderung banyak dipergunakan di dalam perusahaan kontraktor. Posisinya di dalam perusahaan ialah menyediakan gambar desain maupun gambar pekerjaan atau project.

Perlu diketahui, bahwasanya di dalam dunia proyek, semua orang yang bekerja, minimal harus bisa membaca gambar teknik dari posisi tukang bangunan hingga manajer perusahaan sekalipun.

Salah satu pekerjaan drafter ialah di dunia konstruksi proyek. Di dalam dunia proyek, semua orang bekerja minimal harus bisa membaca gambar teknik dari posisi tukang terendah sampai project manager. 

Perkara soal gambar adalah salah satu tugas dari drafter dalam fase konstruksi.

Posisi seorang drafter dalam perusahaan tetap dibutuhkan untuk membuat revisi atau perubahan desain dan perubahan lapangan. Dan keseluruhan pekerjaan seorang drafter tersebut harus digambar.

Namun, bukan hanya bidang konstruksi saja, berikut ialah macam-macam drafter.

MACAM-MACAM DRAFTER

Macam-macam drafter, yang pertama ialah drafter arsitektur. Jika drafter macam ini, pekerjaannya adalah menyiapkan gambar teknik untuk pekerjaan arsitektur dan sipil. Drafter arsitektur bekerja untuk proyek pembuatan bangunan atau gedung.

Selanjutnya  drafter sipil. Drafter sipil, pada umumnya bekerja untuk membuat gambar topografi peta kontur dan gambar-gambar untuk pekerjaan sipil yang lain, seperti jalan, jembatan, pemetaan bendungan dan lain-lain.

Kemudian, macam drafter elektrikal. 

Drafter yang satu ini selalu berhubungan dengan pembuatan gambar perkabelan, diagram laut yang akan digunakan oleh para pekerja untuk menarik dan memasang instalasi kabel listrik pada pusat komunikasi, pembangkit listrik dan gedung-gedung.

Selanjutnya ialah drafter elektronik gambar-gambar, seperti diagram pencernaan, skema dan layout untuk pekerjaan instalasi listrik adalah pekerjaan drafter dalam bidang ini.

Macam drafter yang terakhir adalah drafter mekanikal. Tugasnya ialah menyiapkan gambar-gambar yang berhubungan dengan detail perakitan dari berbagai macam jenis peralatan permesinan.

PERKEMBANGAN PEKERJAAN DRAFTER

Pada awalnya, pekerjaan yang dilakukan oleh seorang drafter memang hanya dikerjakan di atas meja gambar. 

Tentunya, dengan segala macam peralatan menggambar manual biasa. Namun, seiring perkembangan teknologi, kini sudah ada aplikasi khusus yang digunakan untuk menggambar di computer. 

Aplikasi tersebut dikenal dengan nama CADD (Computer Aided Design and Drafting).Aplikasi CADD memiliki fungsi untuk memermudah pekerjaan seorang drafter. Sehingga, pekerjaannya dapat dikerjaan dengan lebih cepat dan tepat. 

Untuk itu, drafter masa kini dituntut untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut,

Namun, bukan hanya aplikasi CADD, tetapi beberapa aplikasi lainnya seperti AutoCAD, 3D Max, Sketchup, dan lain sebagainya.

DUA HAL SKILL YANG PERLU DIPAHAMI UNTUK JADI DRAFTER PEMULA

Akan tetapi, untuk menjadi seorang drafter pemula, Anda harus menguasai minimal dua hal. Apa itu dua hal?

Yang pertama, Anda harus menguasai program Autocad dan yang kedua, Anda harus menguasai sistem MEP.

Program AutoCad

Hal awal yang harus Anda kuasai ialah program autocad dua dimensi. Jadi, Anda tidak perlu mengoperasikan atau menguasai autocad tiga dimensi. Anda cukup memelajari autocad dua dimensi.

Dalam memelajari autocad dua dimensi, salah satunya, Anda harus bisa membuat objek gambar seperti membuat garis, kemudian membuat rectangle, line, circle, arc, polygon, dan lain-lain.

Kemudian, Anda harus bisa membuat objek, seperti menghapus kemudian meng-trim objek, kemudian memberi stratch objek, memindahnya, dan hal sederhana lainnya yang berhubungan dengan objek.

Di samping itu, Anda harus dapat membuat skala objek dan mengetahui cara mencetak gambar,cara mengatur layout dan lain-lain.

Sistem MEP

Sistem MEP atau Mecanical Electrical Plumbing. Anda perlu menguasai sistem MEP, yaitu instalasi plumbing seperti instalasi pipa air bersih atau air panas.

Kemudian ada instalasi hidran, elektrikal, sound system, data pada sistem, CCTV, dan sebagainya.

Demikian ulasan mengenai drafter, mulai dari pengertian, macam, hingga perkembangan-nya.

Untuk mengetahui ulasan desain lainnya, klik disini.