3 HAL UTAMA SAAT MULAI BANGUN BISNIS DARI NOL

3 Hal Utama Saat Mulai Bangun Bisnis dari Nol – Segala persiapan jelang mulai bisnis, apalagi dari nol sangat penting dilakukan.

Namun, apa saja hal utama tersebut?

Jadi, setelah banyak sumber bisnis yang coba admin dalami, ternyata ada beberapa hal yang sepertinya bakal menarik banget jikalau jasalogo.id bagikan di ulasan ini. Oke, kita mulai saja.

3 HAL UTAMA SAAT MULAI BANGUN BISNIS DARI NOL

Berikut 3 hal utama saat mulai bangun bisnis dari nol.

KONSEP BISNIS

Yang pertama itu adalah Anda harus bikin konsep dari sebuah bisnis atau biasa disebut konsep bisnis. Kebanyakan, kita  selalu merenung. “Enaknya, bisnis apa, ya? Jualan apa, ya? Dagang apa, ya?

Na, sebetulnya, apakah ada cara gampang bisnis apa yang layak buat kita coba?

Setelah admin coba telusuri ada dua bahan yang bisa Anda cermati dalam menentukan konsep bisnis yaknni kebutuhan pasar dan layanan produk terbatas.

Kebutuhan Pasar

Bahan pertama ialah kebutuhan dari pasar dan yang kedua itu adalah faktor kelangkaan.

Berbicara terkait kebutuhan dari pasar, jangan sampai Anda bikin sesuatu yang ternyata tidak ada nilainya. Anda harus menyesuaikan dengan siapa yang akan butuh serta siapa target konsumen yang relevan dengan zaman.

Layanan Produk Terbatas

Kalau misalnya sudah mulai terbentuk konsep dan kebutuhan pasar. Lalu, bagaimana Anda bisa menemukan detail produk atau jasa yang dibutuhkan serta penyedia produk atau jasa yang terbatas? 

Anda harus menentukan produk atau layanan yang masih terbatas keberadaannya. Sebab, tahap ini akan menentukan seberapa tinggi persaingan Anda dengan pemilik bisnis yang lain.

Coba Anda perhatikan, sudah banyak atau belum pemain lain yang menawarkan produk atau jasa tersebut. Apabila ternyata belum banyak orang yang terjun ke situ berarti kesempatan Anda gitu ya!

Namun, untuk menentukan produk yang langka dan bernilai itu tentu tidak mudah.

Jangan sampai Anda memilih tipe produk atau layanan yang ternyata tidak terlalu bernilai, ya, sobat!

TARGET KONSUMEN

Kemudian, tahap ke-dua adalah target konsumen. Anda harus tahu dulu siapa target konsumen Anda. Siapa sih orang yang bakal membeli produk atau jasa Anda. Apakah konsumen itu kebanyakan laki-laki atau perempuan dan di kisaran usia berapa.

Lalu, sasaran Anda adalah anak muda atau seseorang yang sudah dewasa. Termasuk juga, kira-kira kemampuan ekonominya seperti bagaimana.

Anda juga harus memahami, nih. Bagi konsume yang kelas menengah atas atau menengah ke bawah, dalam situasi apa mereka akan membeli produk atau jasa Anda.

Tentukan beda gitu cara komunikasinya bagian produk gue kelas menengah atas atau bawah juga bakal beda gitu sensitifitas harganya semakin kenal sama siapa konsumen Anda, Anda bakal lebih gampang menjalani tahap selanjutnya.

KEPUASAN KONSUMEN

Dimana, tahap selanjutnya yaitu kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen adalah fokus pada segala upaya agar membuat konsumen Anda senang dan puasdengan produk atau jasa Anda. Kesannya, memang itu terlihat sepele banget.

Akan tetapi, tahap ini adalah tahap yang terpenting dalam sebuah bisnis. Baik itu bisnis Anda merupakan bisnis dalam skala menengah, skala kecil atau bahkan skala mikro.

Misalnya, Jika Anda bikin warung makan. Bisa atau tidak untuk Anda membuat konsumen Anda puas. Konsumen cenderung menyukai tempat yang bersih dan nyaman hingga menu yang lengkap dan tersedia cepat. 

Pada intinya, pelayanan yang baik akan berimbas pada tingkat kepercayaan konsumen. Oleh karena itu, hal ini sangat penting bagi sehatnya pertumbuhan bisnis Anda.

Baiklah, itu tadi ulasan jasalogo.id tentang 3 hal utama saat mulai bangun bisnis dari nol. Semoga ulasan ini bermanfaat, ya! Klik disini untuk informasi lebih lanjut!