Media sosial dalam era digital ini tidak hanya digunakan untuk sesama manusia saling berinteraksi satu sama lain, tetapi juga tempat promosi yang efektif. Beberapa media sosial yang paling banyak digunakan adalah Facebook, Instagram dan Twitter. Untuk bisa efektif dalam mempromosikan merek dalam media sosial penting untuk ukuran konten setiap media sosial, serta beberapa ide konten menarik. 
Jika kamu ingin menggunakan media sosial sebagai alat untuk promosi yang efektif, penting tahu cara efektif dalam menggunakan media sosial. Mulai dari tahu ukuran konten atau postingan yang tepat untuk setiap media sosial. Selain itu perlu paham konten seperti apa yang relevan atau banyak digunakan dan efektif dalam media sosial tersebut.
Desain konten yang dibuat relevan dan sesuai ukuran postingan akan efektif dan memudahkan penggunaannya, tidak perlu mengubah ukuran lagi. Biasanya merek yang memiliki banyak akun media sosial akan membuat berbagai ukuran desain yang disesuaikan ukuran postingan sosial media. Agar bisa efektif membangun kehadiran merek secara online, penting memanfaatkan semua media sosial yang ada dengan konten yang konsisten.
UKURAN POSTINGAN YANG TEPAT UNTUK MEDIA SOSIAL
Setiap media sosial memiliki ukuran postingan yang berbeda, selain itu dalam sebuah media sosial ada beberapa jenis konten seperti postingan, sampul, story, dan profil. Berikut beberapa ukuran media sosial untuk Facebook, Instagram, dan Twitter:

Media sosial satu ini sudah populer sejak lama untuk berbagi postingan menarik. Aplikasi media sosial satu ini sudah memiliki fitur marketplace sendiri, yang bisa digunakan untuk memasarkan produk.
Pengguna Facebook sendiri beragam dari anak muda hingga orang tua, sehingga penting untuk merek membangun kehadiran online menggunakan konten menarik dalam media sosial ini. Berikut beberapa ukuran untuk konten pada media sosial Facebook:
Postingan: 1200 x 630 piksel
Profil: 180 x 180 piksel
Sampul: 820 x 312 piksel
Biasanya membangun konten pada Facebook lebih banyak menyasar semua kalangan terutama para orang yang sudah tua. Konten bisa dibuat agar relevan dengan kalangan orang yang sudah tua.
Baca juga: 8 Ide Instagram Post untuk Membangun Branding Bisnis
Untuk media sosial ini lebih berfokus pada konten tulisan seperti thread atau tulisan bersambung. Meskipun begitu penggunaan gambar ditambah konten tulisan yang menarik bisa menarik perhatian. Ada yang bilang jika media sosial ini hanya untuk orang yang suka membaca, karena kontennya lebih berfokus pada penceritaan. 
Media sosial ini juga banyak digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari anak muda hingga para profesional. Untuk membangun branding merek bisa membuat konten relevan dengan model penceritaan yang disertai gambar pendukung. Berikut beberapa ukuran untuk konten pada akun twitter.
Postingan: 1200 x 675 piksel
Profil: 400 x 400 piksel
Header: 1500 x 500 piksel
Dalam desain untuk konten Twitter, merek bisa memanfaatkan cerita merek atau cerita audiens untuk menarik perhatian. Manfaatkan pula desain sampul atau header akun yang matching dengan profil untuk menciptakan konsistensi.
Desain untuk postingan Instagram biasanya lebih beragam template. Tidak fokus pada desain setiap postingan, tetapi terkadang membuat desain yang berkesinambungan. Terdapat beberapa template layout yang kerap digunakan seperti crossfade, tiles atau row by row. 
Tampilan akun instagram yang bisa menampilkan keseluruhan postingan dengan rapi, membuatnya bisa dibuat antar post memiliki elemen yang bersambung. Hal inilah yang membuat Instagram menjadi favorit dalam membangun merek yang kuat. Berikut beberapa ukuran konten pada Instagram:
Postingan: 1080 x 1080 piksel
Profil: 110 x 110 piksel
Story: 1080 x 1920 piksel (vertikal)
Untuk Instagram ini terdapat tambahan desain untuk Instagram story yang ikut diprioritaskan dalam membangun merek dan promosi. Pada Facebook dan Twitter juga terdapat story, namun lebih efektif menggunakannya pada Instagram untuk promosi.
Baca juga: Ide Konten Media Sosial untuk Membangun Branding Merek
BEBERAPA IDE KONTEN KREATIF UNTUK FACEBOOK, TWITTER DAN INSTAGRAM
Jenis konten yang kreatif dan menarik perhatian akan membangun merek yang kuat dan efektif membangun branding. Berikut beberapa ide konten media sosial Facebook, Instagram dan Twitter:
Gambar dan Grafik Menarik
Untuk konten yang bisa menarik perhatian umumnya menggunakan desain yang menarik. Penggunaan gambar yang menarik sesuai isi konten bisa meningkatkan daya tarik audiens untuk membaca konten. Selain itu penggunaan grafik bisa dimanfaatkan untuk menyajikan data dengan sederhana dan mudah dipahami.
Pastikan juga untuk menggunakan desain yang berkualitas tinggi agar desain bisa terbaca dengan baik dan menyampaikan informasi dengan efektif. Gambar dan grafik harus menggunakan warna menarik sesuai warna merek atau jenis konten.
Video Pendek

Era digital konten berupa video pendek seperti pada reels menjadi favorit dan hiburan bagi banyak orang. Gunakan konten video singkat menarik dan relevan dengan tren serta merek. Klip singkat berupa animasi atau gif biasanya efektif menarik perhatian.
Tanya-Jawab (Q&A)
Konten lain yang biasanya dapat menarik perhatian banyak audiens adalah konten tanya jawab atau QnA. Dalam Instagram konten ini bisa didukung oleh fitur Q&A pada Instagram story. Ini akan membangun interaksi yang positif dengan pengikut, melalui pembicaraan menarik. Pengikut bisa memberikan saran pertanyaan agai apapun yang bisa direspon oleh akun merek.
Konten Interaktif
Dalam desain konten yang interaktif, selain tanya jawab, dapat pula berupa kuis, polling atau jajak pendapat. Konten seperti dapat meningkatkan partisipasi pengguna untuk terlibat interaksi dengan merek. Akun media sosial suatu merek yang aktif melakukan interaksi dengan pengikut akan efektif membangun citra positif.
Kisah Pengguna (User-generated Content)
Membangun ikatan emosional dan meningkatkan kepercayaan publik bisa dengan menggunakan kisah pengguna. Audiens lain biasanya akan tertarik dengan merek jika ada ulasan, foto atau testimoni dari pelanggan lain. Konsumen akan melihat review, ulasan dan cerita pengguna sebelum membeli produk atau layanan.
Konten Edukasi dan Informasi
Media sosial milik suatu merek dapat digunakan untuk membangun konten yang edukatif tentang merek. Konten dapat digunakan dalam bentuk tips, tutorial atau informasi berguna lainnya yang relevan. Semakin beragam konten akan membuat merek terasa lebih familiar dan menarik perhatian.
Baca juga: Ciri dan Gaya Font untuk Desain Konsep Retro
Tren dan Berita Terkini
Konten yang bisa menarik perhatian dalam media sosial juga bisa berupa konten tentang tren dan berita terkini. Misalnya merek makanan bisa menampilkan konten tentang makanan populer dan keterkaitannya dengan merek. Ini akan membuat merek tidak hanya relevan tetapi juga up to date dengan hal baru.
Acara dan Promosi
Dalam membangun merek yang kuat, salah satu fungsi media sosial seperti Instagram, Facebook dan Twitter adalah untuk promosi. Media sosial suatu merek tertentu biasanya akan banyak berisi informasi promosi, acara, dan penawaran khusus. Acara promosi atau penawaran khusus akan lebih mudah menjangkau audiens yang luas, ketika diunggah dalam desain menarik pada media sosial.
Konten Hiburan
Sesekali konten Instagram bisa berupa hiburan seperti meme, video lucu atau lainnya. Namun konten hiburan harus tetap relate, meme untuk akun jualan terkait jualan, begitupun yang lainnya. Sehingga meski terdapat konten hiburan tidak menyalahi jenis usaha merek.
KESIMPULAN
Dalam membangun media sosial merek yang menarik dan efektif membangun kesadaran merek yang kuat. Penting untuk memanfaatkan media sosial yang memiliki banyak pengguna dan populer seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Untuk menggunakan beberapa media sosial tersebut, penting untuk mengetahui perbedaan ukuran konten dan jenis konten yang relevan. Hal tersebut akan membantu merek membangun kehadiran online yang kuat.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.












