Memahami Tujuan Bisnis bagi Pelaku Usaha

Memahami Tujuan Bisnis bagi Pelaku Usaha – Tujuan bisnis merupakan hasil akhir yang ingin dicapai oleh para pelaku bisnis dari bisnis yang mereka lakukan.

Selain itu, tujuan tersebut merupakan cerminan dari berbagai hasil yang diharapkan bisa dilakukan oleh bagian-bagian dari perusahaaan (produksi, pemasaran, personalia, dan lain-lain) yang akan menentukan kinerja dalam jangka panjang.

Sumber daya ekonomi yang dikelola secara efektif dan efisisen dengan berbagai aktivitas bisnis bertujuan, yaitu:

  1. Menciptakan dan pengadaan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh manusia, baik individu, komunitas maupun masyarakat.
  2. Mendapatkan pendapatan yang di inginkan lebih besar daripada biaya atau ongkos yang telah dikeluarkan oleh pengelola bisnis.
  3. Menciptakan nilai tambah bagi pengelola bisnis dan masyarakat.
  4. Menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.
  5. Meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh pihak-pihak yang terlibat (pemilik, pekerja, dan sebagainya).

Oleh karena itu, pada ulasan kali ini, jasalogo.id akan memberi paparan untuk memahami tujuan bisnis bagi pelaku usaha. Jangan lupa ya sobat jasalogo.id, kalau Anda memutuskan usaha, Anda harus konsisten membangun bisnis.

Oke, secara umum, tujuan dari bisnis seperti yang disebut di atas menyediakan produk berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta memperoleh keuntungan dari aktivitas yang dilakukan.

Dalam jangka panjang, tujuan yang ingin dicapai tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen, namun terdapat banyak hal yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam bisnisnya, diantaranya:

Market Standing

Market Standing yaitu penguasaan pasar yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan dan profit dalam jangka panjang.

Innovation

Innovation yaitu inovasi dalam produk (barang atau jasa) serta inovasi keahlian. Tujuan bisnis yang ingin dicapai melalui inovasi adalah menciptakan nilai tambah pada suatu produk, misalnya shampo 2 in 1.

Physical and Financial Resources

Physical and Financial Resources yaitu perusahaan memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya fisik dan keuangan untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dan semakin menguntung.

Manager Performance and Development

Manager Performance and Development yaitu manager merupakan orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi. 

Untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik, manager perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan profesinya. 

Maka, diperlukan peningkatan kinerja dan pengembangan kemampuan manager melalui serangkaian kegiatan kompensasi yang menarik dan program training and development yang berkelanjutan.

Worker Performance and Attitude

Dimana, untuk kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.

Public Responsibility Bisnis

Public Responsibility Bisnis harus memiliki tanggung jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi dan menciptakan lapangan kerja, dan lain sebagainya.

Agar tetap beroperasi dan memiliki kelangsungan hidup, setiap bisnis harus memiliki tujuan. Ada berbagai tujuan dari suatu bisnis, namun umumnya tujuan bisnis meliputi:

  1. Profit (keuntungan)
  2. Mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan
  3. Pertumbuhan perusahaan
  4. Tanggung jawab sosial

Kondisi mempertahankan kelangsungan hidup bagi suatu perusahaan merupakan tujuan yang wajar.

Sebab, tujuan yang lain dapat dicapai hanya bila bisnis tetap bertahan hidup.Sedangkan bertumbuh merupakan tujuan karena bisnis tidak dapat tetap seperti semula adanya.

Misalnya, peningkatan market sharedan eningkatan produktifitas merupakan tujuan pertumbuhan yang penting. Saat ini pertanggungjawaban sosial merupakan tujuan yang penting.

Walaupun kelangsungan hidup, pertumbuhan dan pertanggungjawaban sosial merupakan tujuan yang penting, profit memegang peranan yang penting dalam bisnis. 

Profit atau keuntungan dapat dilihat dari dua sisi, yakni keuntungan bisnis dan keuntungan ekonomis.

Keuntungan bisnis merupakan selisih antara pendapatan (penghasilan) dengan pengeluaran (biaya-biaya). Yaitu, selisih antara harga jual dengan semua biaya produksi dan penjualan produk termasuk pajak.

Itulah ulasan bagaimana memahami tujuan bisnis bagi pelaku usaha.

Untuk informasi seputar bisnis lainnya, klik disini!