6 Perbedaan iPhone dan Android, Perhatikan Sebelum Pilih

0
(0)

6 Perbedaan iPhone dan Android, Perhatikan Sebelum Pilih – Anda memang harus memutuskan terlebih dahulu untuk menggunakan jenis handphone yang mana. Hanya saja, apakah Anda telah memahami bagaimana cara menentukan pilihan agar tepat?

Nah, benar! Seperti yang kita ketahui bersama, banyak orang yang ikut-ikutan untuk membeli produk iPhone hanya agar mendapatkan gaya hidup yang mewah. Meskipun, harga iPhone lebih mahal dari HP Android pada umumnya.

Apakah sikap tersebut salah? Tidak juga!

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Namun, bukankah sayang, jika mereka tidak memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara mengoptimalkan pemakaian HP dengan teknologi tinggi tapi hanya digunakan untuk sosial media atau chatting saja.

Beberapa diantara mereka bahkan tidak tahu pasti apa kelebihan yang dimilikinya. Jadi, pastikan dulu bahwa Anda mengetahui perbedaan antara iPhone dan Android.

Baik, pada tulisan ini, jasalogo.id akan memberikan informasi seputar 6 perbedaan iPhone dan android, Anda harus perhatikan ulasan ini sebelih pilih yang mana.

6 Perbedaan iPhone dan Android, Perhatikan Sebelum Pilih

iPhone = Merk, Android = Sistem

Benar! Banyak orang yang salah kaprah dalam mengartikan Android dan iPhone. Keduanya dikira sama-sama merupakan sebuah sistem operasi. Namun, kenyataannya tidak begitu.

iPhone ialah sebuah merek perangkat yang telah diproduksi oleh Apple

Namun, Android merupakan sebuah Operating System atau bisa dibilang Oleh karenanya, jika Anda sedang berbicara tentang Android, pesaingnya bukanlah iPhone. Pesaing yang pantas dibicarakan adalah iOS

Jika Anda ingin berbicara tentang iPhone, maka Anda bisa membandingkannya dengan Samsung Galaxy, Nokia Lumia, Evercross, Xiaomi Redmi, Oppo dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ingat lagi perbedaannya ya, kalau iPhone menjalankan sistem operasi iOS, sedangkan produk lain bisa menjalankan sistem operasi Android, Windows Phone, Linux dan lain-lain.

iPhone hanya menjalankan sistem operasi iOS yang memang dibuat Apple untuk iPhone.

Android bersifat “OPEN”

Hingga detik ini, iPhone menjadi produk yang dibuat oleh Apple dan tidak ada iPhone lain yang diproduksi oleh perusahaan selain Apple.

Artinya, Apple dengan iOS-nya itu hanya ada di Apple.

Hal tersebut membuat iPhone menjadi salah satu produk yang sangat eksklusif karena terdapat dalam sebuah manajemen yang eksklusif pula.

Semua kebijakan telah diatur oleh pihak Apple dan pastinya selalu dipantau dengan sebaik-baiknya.

Perhatian penuh juga diberikan oleh Apple kepada semua jajaran produk iPhone karena iPhone merupakan satu-satunya produk hp yang dibuat oleh perusahaan Apple.

Entah itu tentang keamanan produk, aplikasi yang dijalankan, dan berbagai macam hal lain tentunya sangat diperhatikan oleh manajemen.

Meskipun Apple juga membuat produk lain semisal Macbook dan SmartWatch, tetapi mereka hanya memiliki beberapa jenis saja dan masih menggunakan “basic os” yang sama dengan iPhone.

Hal itu berbeda dengan HP bersistem operasi Android dan para perusahaan pembuatnya.

Jika Apple hanya berfokus pada satu iOS saja yaitu iPhone, maka perusahaan lain harus berfokus pada banyak hal.

Karena, Apple hanya berfokus pada satu gadget hp saja, maka jelaslah jika iPhone memiliki kualitas yang lebih dibandingkan dengan produk lain.

iPhone Tak Miliki Penyimpanan Eksternal

Dewasa ini, memori eksternal dalam jumlah kapasitas penyimpanan yang besar sudah tersedia di pasaran.

Hal ini dikarenakan banyaknya produk yang memberikan tempat khusus berupa “slot” untuk memori luar yang memang sangat disukai banyak orang.

Berbeda dengan produk iPhone, produk ini sama sekali tidak memiliki slot memori eksternal dan tidak akan bisa menjadi sebuah memori eksternal.

Sehingga, jika Anda ingin membeli iPhone, sangat disarankan bagi Anda untuk memilih iPhone yang menggunakan kapasitas memori 32 GB atau lebih karena berkas digital saat ini sudah sangat cepat membuat sebuah perangkat digital sesak.

Berbicara konektifitas, apabila Anda pernah menyambungkan perangkat Android Anda ke komputer, maka hasilnya pasti akan sangat familiar.

Berbeda jika Anda menggunakan iPhone, Anda tidak akan pernah menemukan file secara langsung, Anda harus menggunakan program yaitu iTunes.

Jadi, jelas jika perpindahan file dari iPhone tidak bisa dilakukan seperti Android. Ini merupakan salah satu hal yang membuat banyak orang enggan memilih Apple.

Pakai iPhone seolah Harus Miliki PC

Mengapa menggunakan iPhone seolah-olah Anda wajib memiliki komputer desktop yang cukup mahal?

Jelas! Jika iPhone tergantung dengan keberadaan komputer untuk bertukar berkas file dengan gadget lain. Meskipun bisa dengan mudah untuk sesama produk Apple, tetapi tetaplah tidak semudah Android.

iTunes bisa dipasang di komputer berbasis Mac OS ataupun Windows OS.

Suku Cadang iPhone Mahal dan Susah

Jika Anda merupakan pengguna dari smartphone Android, mungkin akan mudah bagi Anda untuk menemukan suku cadang atau spare-part nya di berbagai gerai.

Hal ini sangat berbeda dengan iPhone.

Tidak banyak counter HP yang menjual spare-part untuk produk iPhone. Maka, Anda harus benar-benar paham akan hal ini.

Anda harus menemukan tempat khusus untuk mendapatkan suku cadang dari Apple semisal home-button, layar, tombol volume atau power, kamera, suku cadang speaker dan sebagainya.

Kualitas dan Penampilan

Kualitas dari iPhone sudah pasti sangat baik. Mengapa? iPhone hanya dibuat oleh Apple dan tidak dibuat oleh pabrik lainnya, segala sesuatunya harusnya lebih terukur dari segi riset daripada saingan mereka yang berbeda-beda pabrikan.

Selain itu, harga iPhone yang relatif mahal memang terbayar dengan kualitasnya jika dibandingkan dengan hp Android yang relatif “jauh” lebih murah.

Tapi, beberapa tipe premium HP Android semisal jajaran Samsung Galaxy S series, Note series, Google Pixel, Xiaomi Mi series atau Sony XZ series memiliki kualitas yang sangat dekat dengan iPhone, berkelas dan mewah.

Untuk masalah penampilan, keduanya memiliki penampilan dan gaya yang pastinya berbeda. Untuk HP Android yang sekelas dengan harga seri iPhone, biasanya sama-sama bagus, elegan dan menawan.

Karena penampilan adalah masalah selera, maka biarkan pembaca yang memutuskan.

Hanya saja iPhone biasa terlihat elegan dan terlihat mahal sedangkan Android tidak semuanya terlihat berkelas, hanya beberapa saja yang berharga premium yang bisa di sandingkan dengan cantiknya iPhone.

Demikian ulasan terkait 6 perbedaan iPhone dan Android yang harus Anda perhatikan sebelum pilih yang Anda butuhkan.

Anda bisa mendapatkan informasi seputar teknologi dengan klik disini

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.