TUNAI ATAU KREDIT, SAAT BELI BARANG?

TUNAI ATAU KREDIT, SAAT BELI BARANG?
TUNAI ATAU KREDIT, SAAT BELI BARANG?

TUNAI ATAU KREDIT, SAAT BELI BARANG? – Tergiur dengan promo kredit dengan bunga cicilan 0%? Memang cukup menggiurkan, ya, Sobat!

Nah, seperti yang kita tahu, Sobat Jasa Logo, membeli sesuatu secara tunai artinya mengeluarkan uang dalam jumlah besar sekaligus yang bisa menguras dompet. Nah, berikut ini merupakan ulasan mengenai tunai atau kredit, saat beli barang?

PERTIMBANGKAN LAGI!

Walaupun mungkin, Anda memiliki uang untuk membeli barang tersebut, tapi pastikan bahwa tetap ada sisa untuk memenuhi kebutuhan termasuk dana darurat supaya Anda tidak kelabakan ketika terjadi sesuatu secara dadakan.

Jika memang belum ada, maka artinya dibutuhkan kesabaran untuk memiliki barang yang Anda inginkan karena perlu menabung dulu beberapa waktu.

COBA TAHAN KREDIT, DAN TABUNG UANGNYA!

Sambil menabung, uang Anda sebenarnya juga bisa diputar kembali. Bukan hanya cukup untuk membeli barang yang Anda incar nantinya, tapi juga mendapat keuntungan lebih

Anda mungkin butuh waktu yang cukup lama untuk menabung tapi sambil menunggu uang ini terkumpul Anda bisa kok menggunakannya untuk berinvestasi dan mendapatkan keuntungan pasif dari sana.

Meskipun demikian sebaiknya cari yang memiliki risiko rendah ya, agar malah hilang uangnya!

PERHATIKAN NILAI JUAL BARANG NANTINYA!

Ada banyak sekali jenis barang yang bisa dibeli secara kredit, bahkan barang-barang seperti telepon pintar sekalipun.

Akan tetapi, Sobat! Alangkah lebih baik kalau mempertimbangkan nilai ke depannya sebelum benar-benar memutuskan komitmen jangka panjang ini.

Barang seperti telepon pintar, barang elektronik, tas atau sepatu, dan sejenisnya akan mengalami penyusutan nilai jika semakin lama digunakan, kalaupun dijual kembali nilainya akan menurun drastis.

Makanya akan lebih baik jika membelinya secara tunai agar tak menggunakan uang terlalu banyak. Berbeda jika barang yang dibeli adalah barang investasi seperti properti yang nilainya akan terus naik sehingga membeli secara kredit pun kemungkinan tak merugi.

KALAU KREDIT, PASTIKAN MAMPU BAYAR!

Biasanya cicilan jangka panjang akan cukup membebani karena memakan sebagian penghasilan. Anda mungkin akan merasa aman membayarnya dalam beberapa waktu ke depan tapi perencanaan tetap harus dibuat.

Nah, apakah ada kebutuhan yang bertambah nantinya, misalnya ketika akan rencana untuk menikah atau punya anak. Lalu, pertimbangkan juga apakah ada tambahan penghasilan atau justru kemungkinan pengurangannya.

JANGAN TERGODA BUNGA RENDAH, SOBAT!

Bagi Sobat Jasa Logo, jJangan mudah tergiur oleh bunga yang rendah karena ternyata ada yang namanya bunga mengambang yang jumlahnya akan naik turun, lo.

Mungkin saat Anda tertarik membeli suatu barang bunganya sedang rendah tapi bisa jadi suatu saat nanti tiba-tiba melonjak. Supaya aman pilih saja bunga tetap yang nilainya akan sama dari awal sampai akhir.

KESIMPULAN

Nah, sekarang Anda sudah bisa mulai menghitung uang, penghasilan per bulan, serta harga barang yang Anda inginkan.

Anda nampaknya juga perlu cek catatan keuangan Anda untuk melihat kira-kira mana metode yang paling cocok untuk membeli barang yang diinginkan. Lebih tepatnya jangan gegabah saat Anda akan mengeluarkan uang Anda, ya!

Demikian, Sobat Jasa Logo, ulasan mengenai tunai atau kredit, saat beli barang?

REKOMENDASI

Bagi Anda yang tengah bingung mencari desainer untuk aktivitas usaha Anda, segera hubungi pihak kami hanya di jasa logo.id!

Apa keuntungannya? Dengan pengerjaan yang super rapi dan cepat, kami mengunggulkan pelayanan demi kepuasan Anda, sobat jasa logo! Selain itu, klik di sini untuk update logo hasil karya tim melalui portal instagram jasalogo.id!

Related posts