TIPS MUDAH MENDESAIN KEMASAN BAGI PEMULA

TIPS MUDAH MENDESAIN KEMASAN BAGI PEMULA
TIPS MUDAH MENDESAIN KEMASAN BAGI PEMULA

TIPS MUDAH MENDESAIN KEMASAN BAGI PEMULA – Sulit atau nggaknya membuat desain kemasan tergantung dengan bagaimana kerumitan bentuk desain yang ingin Sobat buat. Semakin abstrak, umumnya akan semakin rumit.

Apalagi Sobat ingin membentuk packaging tanpa perekat, maka kuncian kotaknya akan semakin kompleks.

Pada kesempatan ini, Sobat akan dibimbing mendesain kemasan dari yang paling dasar. Jadi, Sobat sebagai pemula tidak perlu takut gagal untuk membuatnya.

Sobat Jasa Logo mau coba? Yuk simak tips mudah mendesain kemasan bagi pemula.

STEP 1 – MEMAHAMI LAYER KEMASAN

Secara utuh sebuah kemasan memiliki 3 jenis layer. Masing-masing layer memiliki bnetuk dan fungsi berbeda. Berikut adalah jenis-jenisnya:

  1. Outer packaging, merupakan hal pertama yang dilihat pembeli karena visual yang dapat dilihat dari luar. Contohnya tas belanja dan kardus.
  2. Inner packaging, merupakan pelindung dari outer packaging supaya tida mudah lecet. Misalnya kotak ponsel yang diberi segel.
  3. Product packaging, adalah layer desain utama sebuah produk. Contohnya botol yang diberi label logo dan bungkus permen.

STEP 2 – MENENTUKAN DESAIN KEMASAN

Setelah Sobat tahu pembagian layer dari setiap desain packaging, maka langkah selanjutnya adalah menentukan desain kemasan. Pada langkah ini Sobat dapat melihat beberapa contoh referensi yang bisa menginspirasi Sobat.

STEP 3 – MEMBUAT DIELINE

Cara membentuk desain kemasan yang berikutnya yakni membuat dieline. Secara pengertian, dieline merupakan desain template datar untuk membuat kotak atau paket.

Template ini umumnya dipakai dalam desain grafis sebagai penanda bagian mana saja yang akan dipakai menjadi kerangka serta bagian mana yang akan dipotong.

Dieline bermanfaat banget jika Sobat kebingungan merapikan letak kemasan yang benar. Cukup dengan dieline saja Sobat jadi terbayang bagaimana bentuk akhirnya.

Tinggal rancang saja sesuai menggunakan desain kemasan yang ingin Sobat  buat.

Rancangan dieline dibagi menjadi beberapa bagian, tergantung bagaimana bentuk kemasan yang Sobat Jasa Logo inginkan. Berikut bagian yang sering dibuat bentuk dieline:

  1. Bagian wadah kotak
  2. Bagian penutup kotak
  3. Bentuk praktis dengan zip atau dirobek

STEP 4 – MEMOTONG DESAIN SESUAI DIELINE

Potong bagian yang tidak Sobat butuhkan untuk membuat kemasan, agar lebih mudah saat dilipat nantinya.

Ada tips, daripada memotong dengan gunting, potonglah dengan menggunakan cutter serta penggaris supaya hasilnya lebih rapi dan  pinggiran kertas jadi homogen.

STEP 5 – LIPAT KERANGKA KOTAK

Desain yang sudah terpotong pada step 4, selanjutnya dilipat sesuai bentuk kerangka yang sudah Sobat tentukan. Apabila Sobat tidak membuat kuncian unttuk kotak, maka Sobat dapat menggunakan lem atau double tape.

STEP 6 – MENCETAK ATAU MENEMPEL LAYER KEMASAN

Di tahap ini, Sobat Jasa Logo mencetak atau menempel layer untuk product packaging di sekitar kemasan. Pada layer sudah termasuk logonya.

KESIMPULAN

Demikian Sobat Jasa Logo, ulasan mengenai tips mudah mendesain kemasan bagi pemula!

REKOMENDASI

Bagi Anda yang tengah bingung mencari desainer untuk aktivitas usaha Anda, segera hubungi pihak kami hanya di Jasa Logo!

Apa keuntungannya? Dengan pengerjaan yang super rapi dan cepat, kami mengunggulkan pelayanan demi kepuasan Anda, sobat Jasa Logo!

  • Whatsapp

Related posts