Syarat Kecakapan Desainer Grafis Profesional

Syarat Kecakapan Desainer Grafis Profesional
Syarat Kecakapan Desainer Grafis Profesional
Rate this post

Syarat Kecakapan Desainer Grafis Profesional – Tahukah sobat jasalogo.id, bahwasanya, bidang desain grafis merupakan bagian dari ilmu seni rupa yang dimanfaatkan untuk berkomunikasi.

Read More

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang diprasyaratkan bagi Anda sobat jasalogo.id yang akan bekerja dalam bidang profesi ini, antara lain menyangkut wawasan, keterampilan, kepekaan, dan kreativitas.

Nah, dalam bidang kompetensi desain grafis, inilah hal-hal yang harus Anda kuasai sebelum bekerja sebagai desainer adalah sebagai berikut.

Syarat Kecakapan Desainer Grafis Profesional

Sikap Kerja (Attitude)

Saat Anda bekerja sebagai penunjang bidang komunikasi termasuk komunikasi visual dengan desain ini, Anda harus bisa menjadi sosok yang sadar dan bertanggung jawab akan tugasnya. Anda juga perlu memelajari bagaimana teori-teori yang berkaitan  dengan fokus pekerjaan Anda. Sebab, saat Anda mengetahui teori-teorinya, maka Anda akan mudah untuk memilah hala pa yang harus Anda lakukan untuk mencapai tujuan.

Mengapa hal itu penting? Sebab, ada beberapa hal yang menyangkut keahlian demikian, yakni meliputi tentang:

  1. Pesan/ message (apa maksud informasi);
  2. Khalayak/ audience (siapa masyarakat/pelihat yang dituju), dan
  3. Sasaran/ objective (apa yang diharapkan setelah mendapat informasi).

Kerumitan ketiga aspek ini akan berkembang sejalan dengan makin kompleksnya masalah komunikasi yang dihadapi.

Pengetahuan, Keterampilan, dan Kepekaan (Skill, Knowledge and Sensibility)

Kompetensi yang kedua adalah pengetahuan Anda, keterampilan Anda, serta kepekaan Anda. Poin ini tidak boleh Anda abaikan. 

Nah, dalam bidang desain grafis, ada beberapa pengetahuan lho, sobat, jasalogo.id! Apa saja? Inilah beberapa pengetahuan dasar kesenirupaan umum dan kepekaan khusus yaitu:

  1. Pengetahuan, keterampilan, dan kepekaan olah unsur rupa/desain. Termasuk garis, bidang, bentuk, tekstur, kontras, ruang, irama, warna, dan lain-lain. Selain itu, prinsip desain yang meliputi harmoni, keseimbangan, irama, kontras, kedalaman, dan lain-lain.
  2. Untuk desain grafis disyaratkan Anda menguasai garida (grid system) dan kolom  halaman, pengetahuan warna (lingkaran warna, intensitas, analog, saturasi, kromatik, dan lain-lain).
  3. Selain itu, Anda dituntut memiliki kepekaan warna, baik aditif (cahaya langsung) maupun subtraktif (pantulan atau pigmen), pengetahuan warna monitor (RGB) dan warna untuk percetakan (CMYK, Spot Color). Karena, Anda perlu menyesuaikan pilihan warna mana yang akan Anda buat.
  4. Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam olah huruf atau tipografi. Tipografi sendiri meliputi keluarga huruf, ukuran huruf, bobot huruf, istilah dalam tipografi, dan keterampilan mengolah huru. Hal itu, baik secara manual (dengan tangan) maupun secara digital.
  5. Anda perlu memiliki keterampilan menggambar dan kepekaan pada unsur gambar (garis, bidang, warna, dan seterusnya)

Memiliki pengetahuan dasar fotografi. Apa hubungan antara fotografi dengan desain/ seni rupa? Ya, tentu mei 

Kreativitas (Creativity)

Kemampuan kreatif merupakan kompetensi kunci dalam profesi ini. Bidang desain grafis menuntut hasil yang bukan hanya benar dan sesuai misi komunikasi, tetapi juga karya yang menampilkan keunikan, daya tarik, dan kesegaran gagasan.

Hal ini menjadi penting karena pada dasarnya manusia selalu menuntut hal baru dan inovasi rancangan untuk menghindari kebosanan Untuk menjadi desainer grafis yang profesional, dibutuhkan suatu pedoman berbasis keilmuan (teori maupun praktik) yang nantinya bisa Anda gunakan dalam dunia profesi dan karier.

Nah, itulah syarat kecakapan desainer grafis professional yang dapat Anda kuasai. Baca seksama, perhatikan, resapi, dan lakukan ya, sobat jasalogo.id! Supaya tahap demi tahap Anda dapat menjadi desainer grafis yang professional.

Bagaimana? Sudah siap untuk mewujudkannya? Selamat mencoba, ya!

Di sisi lain, untuk Anda yang membutuhkan jasa desain logo professional 24 jam dengan pengerjaan super rapi bebas revisi sampai oke, hubungi kami, hanya di jasalogo.id!

  • Whatsapp

Related posts