Trik Membuat Logo Produk yang Berkesan

Logo yang sering kita temui dengan istilah lambang, adalah suatu visual identity yang sering kita jumpai dalam suatu produk barang ataupun jasa. – trik membuat logo produk yang berkesan

Gambaran visual yang mendeskripsikan banyak hal ini sangat berkaitan erat dengan aktivitas branding dan marketing sebuah perusahaan.

Logo atau lambang biasanya dijadikan sebagai penanda dan kualitas bisnis serta sarana untuk membangun kesan konsumen terhadap perusahaan.

Membuat logo untuk perusahaan dan bisnis sangat penting karena akan membuat sebuah produk terlihat stand out saat waktunya masuk ke dalam kompetisi.

berikut simak baik-baik penjelasan Jasalogo.id terkait trik membuat logo yang berkesan.

baca juga – memahami jenis-jenis logo

Trik Membuat Logo Produk yang Berkesan

Membuat Logo yang Berbeda Dari Lainnya

 
Para pebisnis dan pengusaha sering berpikir bahwa untuk membuat logo produk yang akan selalu terkenang di hati para pelanggan, maka kita harus membuat logo yang berbeda dari produk-produk yang lain.
 
Akan tetapi, kita harus selalu ingat bahwa logo produk merupakan representasi visual pertama dari produk yang dihadirkan oleh perusahaan Anda.
 
Maka langkah utama yang perlu kita lakukan adalah mengecek ulang apakah nama produk kita relevan dengan target pelanggan kita atau tidak. 
 
Kita perlu memastikan bahwa logo produk dan target pelanggan kita saling memberikan efek yang kuat.
Bagaimana jika logo produk tidak relevan sama sekali dengan target pelanggan kita? Jawabannya sederhana yaitu, ubah logo produk sampai benar-benar 100% cocok! 
 
Selain itu, pemilihan warna pada logo produk memiliki kekuatan psikologi tersendiri. Baca – Psikologi Warna Desain Logo
 
Sebagai contoh, warna kuning memiliki arti optimisme, kehangatan dan kejelasan. Sedangkan, warna biru merepresentasikan rasa mempercayai, ketergantungan dan kekuatan. Untuk itu, pemilihan warna pada logo produk kita juga harus jelas dan dipikirkan secara matang.
 
Tujuannya agar logo produk yang kita buat dapat mengirimkan sinyal yang tepat kepada para pelanggan. 
 

Ketahui Fungsi dan Tujuan dalam Membuat Logo

Bentuk logo tidak harus mutlak mengikuti objek & bentuk brand, misalkan contoh entitasnya berupa produk permen bukan berarti logo harus menggunakan bentuk permen.

Atau jika entitasnya berupa jasa percetakan bukan berarti logo harus bergambar kertas atau lembar document. Karena jika seperti itu, maka akan terjadi kebingungan pada pasar dan konsumen. Untuk menghindari hal tersebut maka sebaiknya logo harus dibuat unik dan semenarik mungkin.

Dalam kaitannya sebuah identitas brand, logo mungkin hanya salah satu dari atribut identitas visual lainnya.

Oleh Karena itu penting untuk diketahui bahwa dengan hanya membuat logo saja belumlah cukup untuk membangun presepsi dan brand awareness di masyarakat.

Baca – membuat brand jangan asal-asalan

Logo Tulisan Buatlah Font yang Sudah Di Custom

Ada banyak sekali logo yang hanya berupa tulisan. Hal tersebut sebenarnya cukup wajar karena typography memang sedang menjadi tren dikalangan desainer.

Namun, agar memiliki kesan yang lebih personal dan unik, desainer perlu menggunakan Font yang sudah mereka custom secara mandiri.

Sejatinya, tidak salah untuk menggunakan stok font yang umumnya tersedia pada software merancang logo.

Akan tetapi, font kreatif yang bisa menyesuaikan visi dan misi brand akan terlihat jauh lebih otentik.

Ambil contoh perusahaan Coca Cola. Mereka menggunakan font custom dan berhasil menduduki peringkat atas minuman soda favorit.

Buatlah Logo Sederhana Sehingga Mudah Diingat

Buatlah sebuah logo yang sederhana dan mudah diingat. Selain untuk membuat ketertarikan di benak konsumen logo yang sederhana juga akan memberikan sebuah tempat dan kesan yang baik bagi siapa saja yang melihatnya.

Berbeda dengan logo yang terkesan abstrak dan sulit untuk diingat, orang-orang cenderung dengan mudah melupakan entitas brand yang digambarkan dengan visual abstrak yang rumit karena akan sulit untuk diartikan dan dikaitkan dengan kesan dan identitas brand tersebut.

Kamu juga harus bisa memprediksikan apakah logo yang kamu buat akan disukai semua orang.

So, beberapa trik membuat logo produk yang berkesan. Kira-kira warna apa yang sesuai dengan brand toko atau usaha Anda? 

Namun, yang menjadi catatan saat ingin menentukan logo, sesuaikan juga dengan filosofi, kebutuhan, hingga target usaha Anda, ya

Team desain jasalogo.id sudah paham betul mengenai psikologi warna dalam membaut desain logo yang unik, menarik sesuai dengan visi misi usaha Anda, jadi pastikan anda memesan desain logo hanya di jasalogo.id kami aktif 24 jam siap melayani pesanan anda