Trik Dasar Desain Karakter untuk Pemula

Trik Dasar Desain Karakter untuk Pemula,- Tampilan Visual banyak dianggap lebih menarik jika dibandingkan dengan tampilan kata-kata. Maka, tidak mengherankan jika banyak orang yang menggunakan karakter dalam gambar untuk menyampaikan suatu pesan tertentu.

Desain karakter merupakan proses visualisasi karakter yang disesuaikan dengan tema cerita. Mulai dari nama, bentuk tubuh, gaya gambar, pose, ekspresi psikologis, dan gaya busana.

Hal tersebut berguna supaya ada korelasi antara cerita dan gambar. Selain itu desain karakter berguna untuk menciptakan konsep penokohan yang sempurna. Coba Anda perhatikan tayangan “Toy Story”, “Doraemon”, “Discricible me”. Semua karakternya dibuat melalui proses ini. Jenis desain karakter dinilai lebih sulit dan rumit.

Sebelum membuat visual karakter, tentu Anda pahami dulu tema dan jalan cerita yang akan anda tentukan. Bagaimana watak tokoh dan apa saja adegan yang ada di dalam cerita. Kalau sudah, saatnya membuat konsep dasar karaktermu. Membuat konsep dasar karakter adalah tahap paling awal dalam perancangan desain karakter.

Langkah ini terbagi menjadi dua, yaitu dari segi fisik dan segi psikologis. Di tahap ini, kamu belum perlu membuat visualnya. Yuk lihat apa saja komponennya! 

Jasalogo.id

Trik Dasar Desain Karakter untuk Pemula

Konsep Membuat Karakter Fisik

Tentukan Jenisnya, Apakah Manusia, Hewan, atau Jenis Lainnya?

Menentukan jenis karakter yang Anda buat adalah hal yang paling menyenangkan. Bermainlah dengan imajinasi sendiri terkait jenis karakter seperti apa yang akan dihadirkan.

Tidak semua karakter harus berupa manusia dan berasal dari planet bumi, semua tergantung pada olah imajinasi yang akan dituangkan dalam alur cerita Anda.

Di tahap ini, bahkan Anda bisa menciptakan satu jenis karakter baru yang bukan manusia atau hewan, misalkan sosok robot pintar yang bisa membaca pikiran orang? Atau sekuntum bunga yang merasa kesepian? Semuanya bisa Anda ciptakan sendiri dengan modal imajinasi.

Tentukan Kelamin dari Karakternya

Ini penting banget. Anda mesti jelas dalam menentukan jenis kelamin karakter yang akan dibuat, yaitu laki-laki atau perempuan.

Hal ini dimaksut supaya kedepannya Anda dapat dengan mudah untuk menentukan bentuk tubuh, ekspresi, dan aksesoris yang dikenakan tokoh karakter.

Menentukan Karakter Fisik

Hadirkan cerita sebagaimana kehidupan karakter Anda sendiri, seperti tempat tinggal mereka, bagaimana cara mereka menjalankan kehidupan serta informasi pendukung lainnya.

Informasi pendukung bisa Anda dapatkan dari hasil riset dan survei ke berbagai tempat, budaya, dan profesi agar kehidupan dan karakter yang Anda ciptakan dapat benar-benar hidup.

Hal ini nantinya akan mempermudah Anda dalam membuat desain karaktermu sendiri melalui latar belakang cerita tersebut.

Berikan Nama Pada Karakter

Memberi nama yang kreatif pada karakter dan relate dengan latar belakang ceritanya. Misal karakter Anda bernama ‘John’, maka penampilannya bisa jadi berubah menjadi seseorang yang bernama ‘Rhonny’.

Pembentukan kepribadian karakter juga memberikan pengaruh yang sabgat besar terhadap karakter yang akan ditampilkan.

Sama seperti latar belakang cerita, pastikan Anda telah memahami kepribadian karakter yang akan dibuat. Karena semakin kamu tahu, maka akan lebih mudah untuk merealisasikannya dalam bentuk desain yang hebat.

Warnai kulit disesuaikan dengan asal karakter yang telah dibuat

Layaknya manusia, karakter yang Anda buat pasti punya latar belakang. Misal di dalam cerita, karakter yang Anda buat berasal dari Amerika, berarti warna kulitnya lebih condong ke warna putih atau masuk ke Brown tones.

Baca [Psikologi Warna yang Wajib Anda Ketahui]

Konsep Karakter dari Segi Psikologis

Kalau tadi sudah membahas dari segi fisik, sekarang kami akan membahas konsep karakter dari segi psikologisnya nih, yaitu dilihat dari watak dan kepribadian. Umumnya ada tiga jenis penokohan yang sering digunakan, yakni protagonis, antagonis, dan tritagonis.

Misal karakter buatan Anda masuk ke dalam golongan tokoh protagonis. Ia memiliki sifat yang ceria, mudah senyum, tidak mudah menyerah, dan selalu menyemangati teman-temannya. Ini akan berkaitan dengan ekspresi, pose, gaya busana, dan aksesori yang akan dikenakan tokoh.

Ekspresi ialah alat komunikasi utama dalam desain karakter. Visual ekspresi karakter akan memberi pesan secara tidak langsung terhadap penonton, maka perhatikan bagaimana alis, mata, mulut saat mengekspresikan kemarahan, kesenangan, tertawa, dan lainnya.

Itu dia tahapan Trik Dasar Desain Karakter untuk Pemula yang bisa menjadi panduanmu saat membuat desain karakter. Sekarang konsep visual karaktermu jadi jauh lebih matang deh. Selamat mendesain karakter !

Team desain jasalogo.id Profesional dalam membaut desain logo yang unik, menarik sesuai dengan visi misi usaha Anda, jadi pastikan anda memesan desain logo hanya di jasalogo.id kami aktif 24 jam siap melayani pesanan anda