Tips Membuat Proposal Bisnis untuk Pemula

Tips Membuat Proposal Bisnis untuk Pemula – Sobat jasalogo.id, tahu tidak? Proposal bisnis adalah sebuah dokumen yang Anda presentasikan kepada investor untuk meyakinkan mereka agar memberikan pendanaan untuk bisnis yang akan Anda buat.

Saat Anda masih pemula, penting diketahui bahwa proposal bisnis akan menggambarkan “problem statement, solusi yang disajikan, dan informasi mengenai harga”.

Tergantung pada jenis industri dan bisnis yang akan Anda buat, pastinya.

Nah, kali ini, sobat jasalogo.id, akan kita bahas tentang tips membuat proposal bisnis untuk pemula.

Berikut, selengkapnya hanya untuk sobat jasalogo.id!

Kami lansir dari ekrut.com, dikatakan ada beberapa tips sebagaimana di bawah ini, sobat!

Proposal bisnis seharusnya mampu menggambarkan seperti apa bisnis Anda serta bagaimana bisnis yang Anda lakukan bisa membawa keuntungan!

Simak uraian bagaimana cara membuat proposal bisnis yang baik di bawah ini.

DESKRIPSIKAN SEPERTI APA BISNIS YANG AKAN ANDA BUAT

Sebuah proposal bisnis harus diawali dengan deskripsi singkat tentang proyek atau ide bisnis yang Anda usulkan. Pada bagian inilah Anda menceritakan mengenai ide bisnis Anda.

Bagian awal merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh calon investor. Jadi, pastikan, walau Anda pemula, namun Anda menulis dan menjelaskannya sebaik mungkin.

Jangan ragu untuk menulis ulang dan membuat beberapa konsep pengantar proposal. Ini akan membuat Anda menulis proposal semenarik mungkin.

KINERJA PERUSAHAAN DAN LAPORAN KEUANGAN

Bagian lain yang harus disertakan dalam proposal investasi adalah bagian tentang kinerja dan latar belakang keuangan perusahaan.

Bila Anda sudah memiliki perusahaan yang sudah mapan, akan sangat mudah untuk memasukkan bagian keuangan dari catatan bisnis dan pencapaian bisnis lainnya.

Di sisi lain bila Anda belum meluncurkan bisnis, Anda bisa menggantinya dengan informasi tentang pemilik bisnis, bagaimana memunculkan ide atau proyek serta bagaimana yang Anda lakukan dengan bisnis ini.

METODE PEMASARAN DAN PENJUALAN YANG DIRENCANAKAN

Bagian penting lainnya dalam cara membuat proposal bisnis adalah riset pasar dan rencana untuk menggaet pasar tersebut. Riset pasar berguna untuk mengetahui siapa saja pesaing di bidang bisnis atau industri yang telah Anda rencanakan tersebut.

Setelah melakukan riset tersebut, Anda harus menemukan berbagai macam strategi yang akan diterapkan untuk berhasil mendominasi pasar tersebut. Buatlah beberapa list rencana yang akan dilakukan dalam proposal yang Anda buat.

Pada bagian ini juga Anda harus memberikan grafik yang menguraikan pertumbuhan pasar di masa lalu dan potensi pasar di masa depan.

Hal ini sangat penting, karena para calon investor bisa menghitung ROI (return on investment) dan potensi pada investasi yang akan mereka lakukan.

Pastikan Anda menyertakan sumber yang terpercaya dari data tersebut, untuk meyakinkan para calon investor agar mau memberikan pendanaan pada bisnis yang akan Anda buat.

RISIKO PADA BISNIS ANDA

Membangun sebuah bisnis tentu memiliki risiko yang tinggi. Anda harus menjabarkan apa saja risiko yang akan terjadi pada bisnis yang akan Anda buat.

Namun, jangan lupa sertakan solusi yang akan Anda lakukan untuk mengurangi atau bahkan menghindari risiko tersebut.

Hal ini harus digambarkan sebaik mungkin supaya para calon investor yakin untuk mendanai bisnismu.

KUMPULKAN INFORMASI TENTANG INVESTOR

Setelah proposal bisnis Anda siap untuk diserahkan kepada investor, walau Anda masih pemula, sebaiknya Anda juga mengumpulkan informasi terkait siapa investor yang sekiranya akan setuju dengan kesepakatan tersebut.

Sebagaimana kita tahu bahwa ada banyak jenis investor yang kerap memberi pendanaan pada perusahaan startup mulai dari angel invesor, venture capital, bank, P2P lending atau investor perseorangan.

KESIMPULAN

Demikian ulasan terkait dengan tips membuat proposal bisnis untuk pemula yang wajib Anda simak secara utuh, sobat!

Untuk Anda yang tengah akan membuat desain logo, Anda bisa menghubungi jasalogo.id, klik disini!