SUKSES DENGAN CUSTOMER RESPONSIVE

0
(0)

Sukses dengan Customer Responsive – Tahukah Anda, sobat jasalogo.id, istilah customer responsive merujuk kepada komitmen perusahaan untuk terus menerus melakukan penyesuaian atas produk atau jasa yang ditawarkan agar bisa memenuhi kualifikasi dan keinginan konsumen yang makin kompleks.

Dengan demikian penerapan strategi customer responsive sendiri tak lain bertujuan untuk menciptakan sebuah hubungan yang erat dan intens dengan konsumen. Jika perusahaan berhasil menciptakan kondisi ini maka perusahaan dikatakan memiliki intimacy/ kedekatan dengan customernya.

Di ulasan kali ini, jasalogo.id akan memberikan informasi perihal sukses dengan customer responsive!

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

TIMING/ WAKTU

Pertama, customer responsive akan berkaitan erat dengan timing atau waktu. Aspek ini juga mengandung arti kecepatan dalam menangkap peluang bisnis. Ketika konsumen memiliki keinginan dan selera tertentu, maka sebenarnya hal tersebut adalah peluang.

Namun, peluang yang terdapat di sekeliling perusahaan tidak seluruhnya dapat dimanfaatkan menjadi keuntungan. Peluang baru bisa dijadikan keuntungan jika pertama, perusahaan memiliki strength, yaitu memiliki kelebihan dari sisi internal dibandingkan dengan kompetitor.

KECEPATAN RESPON

Kedua, peluang baru dapat dijadikan keuntungan jika perusahaan memiliki unsur timing yang tepat, yaitu terkait dengan kecepatan respon.

Misalnya, sobat jasalogo.id, tentang keberhasilan Toyota melalui produk Agya bukanlah kebetulan, melainkan kombinasi yang tepat antara kemampuan internal dan kecepatan respon.

Pertanyaannya adalah, mengapa perusahaan lain tidak melakukan hal yang sama seperti Toyota dengan Agya nya? Bisa diduga karena perusahaan lain tidak menganggap program LCGC adalah peluang, atau perusahaan lain melihat adanya peluang tetapi tidak memiliki kekuatan internal.

SOLUTION/ SOLUSI

Pelajaran ketiga adalah bisa jadi merupakan hal yang paling penting dalam customer responsive, yaitu solution/ solusi. Sebesar apapun peluang yang dimiliki perusahaan tidak akan berarti jika perusahaan tidak mampu memberikan solusi yang diharapkan dari adanya peluang tersebut.

Langkah untuk membentuk sebuah intimacy atau kedekatan dengan konsumen harus dimulai dengan listen yaitu mendengarkan konsumen.

Makna dari mendengar konsumen sangat luas yaitu mendengarkan keinginan, keluhan, ketidak sukaan, kebahagiaan, dan bahkan kemarahan dari konsumen terhadap suatu produk atau jasa.

Beruntunglah perusahaan saat ini hidup dalam ekosistem digital, sehingga memudahkan perusahaan untuk mendengar lebih dalam dari sisi konsumen melalui teknologi internet dan media sosial misalnya.

Perusahaan dapat mengumpulkan berbagai informasi berharga dari konsumen melalui jejaring sosial yang dirancang oleh perusahaan.

Informasi yang didapat dari konsumen tersebut sangat berguna untuk proses learn dan pada akhirnya dijadikan basis untuk membuat strategi bisnis inovatif yang berorientasi pada konsumen

MENCIPTAKAN KEDEKATAN DENGAN KONSUMEN/ CUSTOMER INTIMACY

Kedekatan dengan konsumen bisa terwujud jika perusahaan mampu berinteraksi secara one-to-one dengan konsumennya.

Makna dari one-to-one secara sederhana adalah interaksi individual, yaitu bisa berbentuk pelayanan atau produk yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen secara individual.

Namun dalam bisnis berskala besar dengan konsumen mencapai ribuan atau bahkan jutaan orang, interaksi individual seperti itu jauh lebih sulit.

Ketika perusahaan hendak membangun intimacy dengan konsumen melalui konsep one-to-one interaction, maka perusahaan memerlukan bantuan sistem dan aktivitas tertentu.

Dalam praktiknya, perusahaan yang akan menciptakan customer intimacy perlu mengetahui aspek apa saja yang perlu dinilai atau dievaluasi terhadap penerapan strategi tersebut.

Strategi customer responsive sangat memperhatikan sejauh mana perusahaan mampu memberikan solusi atas masalah yang dihadapi oleh konsumennya.

Bahkan solusi yang ditawarkan kepada konsumen sebaiknya lebih dari satu.

4 PROSES CUSTOMER INTIMACY

Customer intimacy yang didapat dari customer responsive tidak akan terjadi tanpa melalui empat proses utama yaitu:

  • communication,
  • customer participation,
  • compromise, dan
  • social interaction

KESIMPULAN

Ulasan mengenai sukses dengan customer responsive merujuk kepada komitmen perusahaan untuk terus menerus melakukan penyesuaian atas produk atau jasa yang ditawarkan.

Klkik disini untuk mengetahui seputar jasalogo.id, pusat jasa desain logo terbaik bagi Anda!

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.