Strategi Jitu Memasarkan Produk UMKM

Strategi Jitu Memasarkan produk UMKM,- jumlah UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia kian hari semakin meningkat.

Hal ini menuntut para pemilik UMKM untuk bisa lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif demi perkembangan UMKM.

Kemajuan teknologi tentu banyak mempengaruhi perkembangan UMKM itu sendiri. Para pengusaha mau tidak mau harus ikut beradaptasi agar usahanya tetap bertahan dan berkembang.

Hal ini bukan perkara bisa atau tidak bisa. dapat dikatakan bahwa teknologi akan menjadi tombak penting bagi kemajuan UMKM di Indonesia.

Setiap usaha yang dijalankan penting untuk dapat menerapkan strategi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan target segmentasinya.

hal ini memiliki peranan yang penting karena keberlangsungan UMKM sangat tergantung dari cashflow yang positif dari pemilik UMKM tersebut. Berikut ini Jasalogo.id tampilkan beberapa tips pemasaran produk terbaik dan sesuai dengan skala UMKM

Strategi Jitu Memasarkan Produk UMKM

Produk yang Unik

Terlebih dahulu kamu harus menyiapkan produk yang unik dibanding produk yang dimiliki kompetitor pada umumnya.

[Produk UMKM yang Paling banyak diminati Konsumen]

Saat memikirkan akan terjun dalam bisnis UMKM terutama usaha rumahan, maka hal yang perlu diperhatikan ialah penentuan sebuah produk.

Pikirkan produk yang menarik dan juga mudah untuk dipasarkan. Tidak cukup cuma menarik, jika Anda ingin membuat pelanggan terus merasa penasaran, maka produk Anda harus unik dan memiliki value kebermanfaat yang tinggi.

Produk yang unik akan dapat membantu Anda dalam memenangkan persaingan pasar dan membuat konsumen loyal dalam menggunakan produk Anda. Bukan hanya itu, produk yang unik juga akan membuat iklan Anda semakin menarik.

Tampilan yang menarik perhatian

Konsumen Indonesia pada umumnya tertarik pada tampilan visual kemasan. Sudah menjadi rahasia umum dalam bisnis bahwa penampilan produk menjadi daya pikat utama terutama.

[cara menulis deskripsi produk yang memikat konsumen]

Kemasan diproduk Anda dapat menjadi sebuah pembeda antara produk Anda dengan kompetitor, semakin unik dan menarik kemasaran yang Anda berhasil buat, semakin meningkat pula minat pembeli untuk membeli produk Anda.

Maka dari itu, sangat penting untuk mempelajari cara mengemas produk yang baik, aman serta menarik perhatian konsumen.

Konsumen pada umumnya mudah tertarik pada tampilan kemasan. Kita tidak bisa bantah bahwa penampilan menjadi daya pikat utama terutama untuk sebuah produk jualan.

Maka dari itu, sangat menjadi hal penting untuk mempelajari cara mengemas produk yang baik, aman dan juga menarik perhatian banyak konsumen.

Pahami Target dan Segmentasi Pasar

Dalam memasarkan produk, kita perlu membuat strategi kampanye promosi. Namun, agar kampanye tepat sasaran dan tidak buang-buang biaya, Anda harus menyasar target yang tepat.

Karena itu, penting untuk kita menentukan target pasar, profil konsumen, demografi, dan lain sebagainya yang memang sesuai dengan produk kita. walupun itu semua tidaklah mudah.

Seorang pebisnis ulung juga senantiasa memikirkan target pasar. Ini menjadi sangat penting karena Anda akan tahu apa yang diinginkan oleh calon konsumen. Apakah Ia anak-anak, dewasa laki-laki atau dewasa perempuan.

[4P Bauran Kunci Sukses Marketing]

Atau bisa juga produk untuk general segala usia. Tentu ini akan sangat berkaitan dengan jenis produk lain dikemudian hari nantinya.

Buka Peluang Jaringan

Istilah networking juga tidak pernah jauh dari dunia bisnis. Networking atau jaringan memang wajib dimiliki oleh setiap pengusaha. Dengan demikian sayap bisnis mampu melebar kemana saja. Ini sangat penting dalam peningkatan wilayah promosi. Bahkan dengan membuka peluang jaringan, maka produk akan jauh lebih dikenal secara luas.

Setiap pengusaha harus memiliki jaringan agar bisnis kita dapat meluas. Jaringan berperan penting dalam peningkatan wilayah promosi. Bahkan dengan membuka peluang jaringan, maka produk akan jauh lebih dikenal secara luas.

Kampanye Produk dan Pemasaran Yang Tepat

Dalam memasarkan produk, Anda perlu membuat strategi kampanye promosi. Namun, agar kampanye ini tepat sasaran dan tidak buang-buang biaya, Anda harus menyasar target dengan cermat dan tepat.

Karena itu, penting untuk menentukan target pasar, profil konsumen, demografi, dan lain sebagainya yang sesuai dengan produk Anda.  

Mempunyai UMKM yang sukses dan dikenal oleh banyak orang, menjadi impian setiap pemilik UMKM.

[strategi marketing anti gagal]

Pemasaran secara online atau biasa dikenal dengan “Online Marketing” merupakan salah satu strategi pemasaran yang tepat untuk mempromosikan UMKM Anda.

Strategi Promosi

Promo menjadi salah satu cara unik untuk menarik perhatian calon pelanggan supaya membeli produk yang Anda tawarkan. Mereka akan mudah tertarik ketika mendengar istilah “promo”.

Promo dapat berupa potongan harga, kupon hadiah, cashback, ataupun promo lainnya. Anda dapat membuat promo di hari-hari atau momen penting, seperti libur akhir/awal tahun, hari nasional, atau hari peringatan.

Promosi saat ini dapat dilakukan secara online dan juga secara offline. Salah satu promosi yang dapat dilakukan secara online dan dengan biaya yang cukup terjangkau ialah menggunakan media sosial, selain melalui media sosial, anda dapat pula menggunakan relasi atau melalui word of mouth.

Membuat Website Produk atau Media Sosial

Cara lain yang dapat dilakukan agar produk kita dikenal adalah dengan menyediakan website untuk produk Anda.

website tersebut yang berisi tentang detail informasi produk meliputi harga, deskripsi produk, cara berbelanja, dan review dari konsumen.

Hal ini bertujuan untuk menjangkau pembeli yang berasal dari berbagai daerah. Sosial media juga dapat menjadi alternatif baru bagi usaha kita dan tentunya memberikan informasi yang lengkap serta ada call to action untuk menjangkau produk Anda.

Memang bukan perkara mudah untuk mendesain sebuah usaha bisnis. Tidak hanya soal punya barang dan menawarkannya saja. Jauh dari itu semua, seorang pebisnis juga harus mengenali produknya sendiri. Mulai dari keunggulan hingga kekurangannya.

Inilah yang kemudian menjadi patokan ketika hendak menerapkan strategi di atas.

Sebagai pebisnis UMKM, Anda tidak hanya diharuskan paham bagaimana cara menghabiskan produk. Sudah sepatutnya juga mempelajari cara menetapkan komoditas yang mempunyai value tinggi.

Anda juga dituntut untuk terus beinovasi serta berkreasi. Mengingat pertumbuhan dunia bisnis begitu pesat, baik yang makro maupun ukuran UMKM. Persaingan begitu ketat terutama dalam hal melakukan promosi serta memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen.

Team desain jasalogo.id sudah paham betul mengenai desain logo yang unik, menarik sesuai dengan visi misi usaha Anda, jadi pastikan anda memesan desain logo hanya di jasalogo.id kami aktif 24 jam siap melayani pesanan anda