Strategi Digital Marketing Anti Gagal

Strategi Digital Marketing – mencakup seluruh upaya pemasaran yang menggunakan perangkat media elektronik atau internet.

Bisnis modern memanfaatkan saluran digital seperti search engine,  media sosial, email dan situs web lainnya untuk terhubung dengan para pelanggan  dan calon calon pelanggan.

Pemasaran digital atau Digital marketing merupakan istilah yang sangat digunakan untuk  berbagai taktik yang pastinya dapat Anda gunakan untuk menarik para pelanggan Anda dan membuat mereka membeli produk produk atau layanan Anda.

Pemasaran konvensional biasanya menggunakan media promosi seperti koran, brosur, iklan radio, dan spanduk.

Teknik pemasaran seperti ini menghabiskan banyak biaya dan cenderung tidak terukur efektifitasnya.

Pemasaran konvensional mengutamakan komunikasi satu arah tanpa mengetahui secara pasti tingkat ketertarikan audiens terhadap bisnis yang dipromosikan.

Strategi Digital Marketing Anti Gagal

Banyak cara atau pendekatan untuk melakukan strategi Digital Marketing, tetapi pada intinya, semua perlu melalui empat tahap berikut:

  1. Mengidentifikasi peluang dan atau tantangan dalam berbisnis dimana aset online dapat memberikan sebuah solusi.
  2. Mengidentifikasi kebutuhan yang tak terpenuhi dan menyesuaikan tujuan terdekat dari pelanggan kemudian menyelaraskan peluang bisnis.
  3. Mengembangkan visi tentang bagaimana aset online bisa memenuhi bisnis mereka dan kebutuhan pelanggan, tujuan, serta peluang dan tantangan.
  4. Memprioritaskan serangkaian inisiatif online (publikasi ataupun optimasi mesin pencari) yang dapat menyampaikan visi ini. Dalam setiap tahap tersebut, sejumlah teknik dan analisis dapat digunakan.

Perkembangan teknologi digital serta penggunaannya (dimana hampir 1 orang 2 smartphone) tentu sangat disayangkan bila tidak dimanfaatkan dengan baik.

Meski tidak bisa dipungkiri bahwa cara konvensional atau pun kondisi offline tidak bisa dipisahkan.

Nah supaya Anda lebih mudah memahaminya, coba ikuti langkah-langkah belajar digital marketing berikut ini:

Pilih Saluran Pemasaran Digital Marketing Anda

Ingat untuk selalu mencari saluran komunikasi yang relevan. Tidak semua platform harus Anda miliki untuk dijadikan saluran pemasaran digital Anda.

Pilihlah platform digital di mana audiens Anda berada. Untuk memilih saluran yang tepat dan sempurna untuk menjangkau audiens target dan persona Anda.

Anda harus mencari tahu platform apa yang mereka gunakan untuk ‘nongkrong’ secara online, jenis konten apa yang menarik dan aktivitas online apa yang menarik bagi mereka.

Berikut adalah daftar saluran pemasaran digital yang saat ini berfungsi dengan baik:

  • Media sosial marketing (Facebook, Instagram, LinkedIn, TikTok, Snapchat, dll.)
  • Pemasaran video (Youtube, Vimeo)
  • SEO content analysis
  • Iklan Google
  • Iklan Facebook
  • Email marketing
  • Influencer Marketing
  • Podcast
  • Pemasaran melalui pesan instan (aplikasi SMS / Obrolan)

Kuasai Teknik SEO untuk Digital Marketing

Jika anda sudah memiliki aset digital berupa business site, toko online, blog profesional, dan saluran digital lain yang digunakan untuk pemasaran online, anda wajib mempelajari Search Engine Optimization (SEO).

SEO dalam bahasa sederhana bisa diartikan sebagai upaya untuk mempengaruhi mesin pencari Google untuk merekomendasikan bisnis kita dalam daftar pencarian online.

Menguasai SEO memang tidak mudah, setidaknya anda memahami dasar-dasarnya. Alasannya sudah tentu karena calon konsumen potensial anda menggunakan mesin pencari untuk menemukan produk barang atau jasa.

Sejak adanya Google, sebagian besar orang mencari informasi secara online melalui mesin pencari (search engine).

Nah, SEO bisa membantu bisnis anda berada di peringkat teratas dan halaman satu mesin pencari.

Menurut data yang dipublikasikan Google, website yang menempati peringkat pertama sampai ke tiga halaman satu pencarian online mendapatkan lebih dari 50 persen klik.

Artinya, kesempatan audiens menemukan dan memutuskan untuk membeli produk anda lebih besar.

Menerapkan Search Engine Marketing (SEM)

Anda mungkin bertanya apa sih bedanya SEO dan SEM? Ada pula yang bertanya tentang SEM vs SEO lebih baik mana?

SEM atau Search Engine Marketing adalah cara untuk meningkatkan visibilitas website anda pada halaman pencarian mesin pencari seperti Google.

Jika SEO lebih ditujukan untuk meningkatkan performa website anda dalam daftar pencarian digital, SEM menjadi strategi promosi website anda. SEM meningkatkan visibilitas website melalui penelusuran berbayar.

Jika anda ingin mengiklankan suatu produk di mesin pencari, tentunya anda mendaftarkan website anda menggunakan metode Pay per Click (PPC), dan iklan Google Ads.

Karena menjadi strategi promosi, SEM sangat penting dilakukan bagi website yang sudah dioptimasi secara organic menggunakan SEO. SEM membuat daya jangkau website anda lebih luas dan efektif lewat iklan.

Melalui SEM, teknik SEO yang anda terapkan dalam website bisnis menjadi lebih maksimal. Dalam bisnis, SEM juga mencakup Social Media Marketing (SMM), yaitu bentuk pemasaran digital menggunakan social media.

Buat Content Digital Marketing Yang Menarik

Content marketing adalah strategi pemasaran melalui konten yang memiliki nilai informatif yang disesuaikan dengan pencarian audiens.

Menggunakan strategi ini membuat pemilik usaha dapat memetakan target pasarnya secara jelas dan terukur.

Strategi ini juga termasuk dalam metode digital marketing yang bertujuan untuk membangun loyalitas konsumen terhadap suatu brand sehingga mendorong penjualan produk atau jasa.

Dalam bahasa sederhana, konsep ini mengharuskan pelaku usaha menarik konsumen di internet melalui konten menarik yang disajikan secara rutin.

Kriteria konten yang menarik antara lain memiliki nilai informasi yang berguna dan menghibur audiens. Namun, content marketing harus dijalankan secara rutin dan terus menerus.

Audiens lebih betah mengunjungi situs web yang menyajikan konten menarik daripada mencari produk atau jasa secara langsung.

Audiens gemar melihat ulasan suatu produk dan bahkan membagikan ulasan tersebut jika dianggap menarik dan bermanfaat.

Dapatkan Testing dan Evaluasi Konten dan Iklan

Untuk mendapatkan hasil yang masksimal harus melakukan beberapa kali percobaan, perlu testing konten dan Iklan, mencari formula yang paling maksimal mendatangkan customer.

Kita tidak bisa benar-benar menilai sebuah konten itu bagus tanpa mengetes kepada audiens, termasuk dalam menjalankan strategi Iklan.

Perbanyak Link dengan Bergabung Bersama Forum dan Komunitas

Yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis salah satunya adalah komunikasi yang mumpuni.

Untuk menghandle konsumen dan klien sangatlah sulit jika tidak mempunyai meahlian komunikasi tersebut. Begitu pula bila Anda mempunyai rencana memasuki Facebook Pages, Kaskus.

Jadilah anda anggota komunitas  yang bermartabat dengan selalu  menghargai dan menghormati seluruh anggota yang bergabung di forum.

Jangan sembarangan mempromosikan produk Anda di forum pendidikan maupun kesehatan apalagi jika produk tersebut tidak ada kaitannya sama sekali  dengan dua forum yang sedang anda ikuti.

Berikut strategi diatas merupakan cara terbaik untuk memulai strategi digital marketing yang bisa Anda terapkan. berikut Jasalogo.id tutup dengan kesimpulan sederhana dibawah ini:

  • Kalau bisnis Anda baru, fokuslah ke upaya organik yang minim modal terlebih dahulu (website, landing page, SEO, blog);
  • Untuk membangun komunikasi dan engagement dengan target pasar, manfaatkan Google Bisnisku, WhatsApp Bisnis, email marketing, video marketing hingga sosial media;
  • Setelah memiliki lebih banyak modal, silakan mencoba strategi digital marketing yang berbayar. Seperti SEM, PPC, dan native advertising;
  • Agar jangkauan bisnis makin luas, Anda bisa mencoba affiliate marketing dan mengoptimasi strategi digital marketing lainnya