Peran Label Kemasan pada Produk UMKM

Peran Label Kemasan pada Produk UMKM –Sobat jasalogo.id, akhir-akhir ini ditengarai bermunculan kemasan pada barang dagang yang sangat beranekaraga.

Ada banyak pemilik usaha yang memutar otak untuk menghadirkan bentuk kemasan unik dan memiliki value yang tinggi.

Namun kenyataannya, minimnya informasi tentang pentingnya peran kemasan terhadap pemasaran produk, menjadi salah satu alasan banyaknya produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ada banyak yang masih susah untuk bersaing secara global.

Ditengarai bahwasanya, sobat jasalogo.id, masih ada sebagian pelaku UMKM yang tidak memerhatikan kemasan yang dibuat.

Alhasil, produk tersebut tidak memiliki nilai jual lebih di mata konsumen. Selain itu, ketatnya persaingan pasar juga mengakibatkan banyaknya produk UMKM  kurang laku karena memiliki desain kemasan yang tidak menarik.

Seyogyanya, desain pada kemasan harus bisa menyampaikan komunikasi dari produk tersebut. Dimana,, desain dari suatu produk yang menarik terbukti mendukung produk untuk lebih laku dan dapat dijual dengan harga yang lebih mahal.

Hal tersebut tentu dapat membuat para pelaku UMKM memeroleh keuntungan yang lebih besar.

Nah, lalu bagaimana sebenarnya peran label kemasan pada produk UMKM?

Pada artikel kali ini, jasalogo.id akan memberikan ulasan tentang bagaimana peran label kemasan pada produk UMKM, diantaranya adalah sebagai berikut:

MASALAH DI MARKETING/ PEMASARAN

Permasalahan modal bukanlah satu-satunya kendala bagi gerak pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Para pelaku usaha kecil berhadapan dengan permasalahan pemasaran bagi produk mereka. UMKM kalah bersaing dengan produk-produk industri besar yang mapan dalam pembiayaan dan mapan dalam strategi pemasaran.

STRATEGI PEMASARAN

Kembali berbicara terkait strategi marketing nih sobat.

Dimana, diketahui bahwa strategi pemasaran memegang kendali yang sangat penting dalam keberhasilan penerimaan produk di masyarakat, namun banyak UMKM yang masih menganggap sepele hal tersebut.

Pelaku UMKM umumnya beranggapan bahwa tanpa kegiatan promosi, produk yang dihasilkan tetap laku dibeli oleh konsumen.

LABEL/ KEMASAN

Salah satu faktor penting dalam strategi pemasaran yang masih seringkali diabaikan oleh sebagian besar UMKM adalah desain label dan kemasan bagi produk yang dihasilkan.

Label dan kemasan merupakan salah satu kunci bagi UMKM untuk lebih meningkatkan nilai jual produk. Minimnya perhatian UMKM pada bidang pemasaran mengakibatkan sebagian bisnis mereka tersendat.

Meskipun produk yang dihasilkan berkualitas jika tidak mampu mengkomunikasikannya kepada konsumen maka nilai jual produk tidak akan terekspos. Kemasan menjadi kendala UMKM se-Nusantara.

ASUMSI LABEL MENARIK = BIAYA MAHAL

Sebagian besar UMKM masih mengemas produk apa adanya. Hal itu disebabkan karena pandangan bahwa membuat kemasan yang baik dan menarik membutuhkan biaya yang mahal.

Pandangan tersebut didasari oleh persepsi bahwa dibutuhkan alat yang mahal untuk mengemas produk makanan atau pun minumannya agar menarik ketika dilihat oleh konsumen.

Persepsi pelaku UMKM terhadap label/etiket, kemasan ataupun produk yang bernilai tambah perlu diubah. Hal itu disebabkan karena kemasan yang baik akan meningkatkan nilai jual produk 40% – 100% dari harga awal.

KUALITAS LABEL/ KEMASAN

Sobat jasalogo.id, label dan kemasan yang memadai dapat menghasilkan keuntungan lebih besar karena produk yang dihasilkan layak dijual dengan harga yang lebih tinggi.

KESIMPULAN

Akhirnya, Anda harus memahami bagaimana posisi label suatu produk atau lebih akrab disapa kemasan.

Nah, ulasan tersebut di atas menyatakan soal peran label kemasan pada produk UMKM. Anda dapat menghubungi jasalogo.id untuk mendapatkan promo menarik lainnya.