8 Penyebab Bisnis Gagal Terus dan Solusinya

8 Penyebab Bisnis Gagal Terus dan Solusinya – Simak informasinya berikut, ya sobat jasalogo.id!

Pemasaran Kurang Efektif

Pemasaran yang kurang efektif menyebabkan sulitnya konsumen atau calon konsumen menjangkau produkmu.

Di zaman yang serba digital, kegiatan pemasaran kini sudah semakin beragam. Dengan memanfaatkan tools digital yang telah tersedia akan memudahkan kita memasarkan produk kita.

Mulailah pasarkan produk Anda melalui online marketplace atau dengan bantuan platform ride hailing. Nah, sebelum memilih sebuah platform pastikan Anda telah memahami syarat dan ketentuannya ya!

Kekurangan atau Kehabisan Modal

Nyatanya, modal masih menjadi salah satu aspek terpenting agar bisnis dapat berkembang atau setidaknya dapat survive.

Dengan jumlah modal yang cukup dan kemampuan mengolah yang baik tentunya akan semakin mempermudah bisnis untuk berekspansi.

Nah, untuk mencegah kegagalan bisnis akibat kelangkaan modal Anda dapat membuat dan melakukan perencanaan keuangan untuk bisnismu.

Hal ini dilakukan agar segala sumber daya yang telah dikerahkan terukur dan memiliki dampak positif bagi perusahaan.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan platform investasi berbasis securities crowdfunding untuk memenuhi kebutuhan modal dalam rangka ekspansi bisnis.

Kesalahan Manajerial atau Mismanajemen

Penyebab bisnis gagal selanjutnya yaitu kesalahan manajerial. Nah, memimpin dan menjalankan bisnis serupa dengan memimpin sebuah organisasi.

Dari kepala hingga karyawannya harus mampu berkoordinasi dan paham tanggung jawabnya masing-masing. Tak hanya itu, semua unit harus memiliki kesepahaman dalam visi dan misi.

Itulah sebabnya, ‘coba-coba’ atau mengandalkan intuisi saja tidak cukup, karena yang menjadi taruhannya adalah masa depan bisnis anda.

Itulah sebabnya Anda harus belajar ilmu manajemen yang mumpuni agar bisnis Anda bisa terus berkembang dan ‘sustainable’.

Solusi lainnya yaitu Anda dapat meminta bantuan mentor guna membekali Anda dengan ilmu praktikal cara-cara memimpin sebuah perusahaan.

Kurang Pengawasan

Selanjutnya ialah kurang pengawasan, sobat! Kurang pengawasan merupakan penyebab bisnis gagal berikutnya. Hal ini karena kurangnya pengawasan dapat berdampak pada kinerja bisnis yang Anda pimpin.

Misalnya produksi yang tidak sesuai SOP sehingga pelanggan kecewa. Untuk bisnis kecil yang baru merekrut karyawan, tak jarang juga terjadi masalah keuangan akibat kurangnya pengawasan.

Sekalipun Anda franchise suatu bisnis, pastikan Anda tetap melakukan pengawasan atau kontrol per minggunya.

Harga Kurang Tepat

Sebaik apapun produk yang kita tawarkan, penentuan harga sebuah jasa atau produk tidak boleh asal-asalan, ya, sobat ajsalogo.id!

Penentuan harga harus bersandar pada riset yang komprehensif seperti harga yang ditawarkan kompetitor, harga pasaran, dan keuanggulan dari produk kita sendiri.

Dengan riset tersebut juga kita dapat membidik target pasar dengan lebih jitu. Misalnya Anda merupakan pengusaha properti, harga rumah rata-rata di sekitar Anda yaitu 700 jutaan.

Anda bisa lho jual di bawah harga rata-rata untuk membeidik segmen tertentu, atau menjualnya dengan harga yang lebih mahal dengan fasilitas yang lebih mumpuni.

Minim Inovasi

Kecanggihan teknologi memudahkan segala hal berkembang secara cepat. Perusahaan yang tak tanggap membaca perubahan zaman akan tertinggal.

Itu artinya, tonggak dari keberlangsungan bisnis kita terletak pada kemampuan inovasi yang mumpuni. Inovasi untuk melahirkan produk baru yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Sudah banyak contoh kekalahan para perusahaan besar dunia dalam membaca perubahan yang berakhir dengan kebangkrutan.

Tidak Disiplin saat Berusaha

Tidak ada pencapaian yang dapat diraih dalam satu malam. Semuanya memerlukan proses, kerja keras dan waktu.

Sikap setengah-setengah dalam berusaha hanya akan membuat Anda keburu bosan, lelah dan semakin jauh dari target impian.

Sebelum memulai berbisnis, pastikan diri Anda sendiri bahwa bisnis yang Anda dirikan adalah bisnis yang memang Anda minati.

Kalah dari Kompetitor

Persaingan tidaklah buruk, sobat! Justru persaingan melahirkan ide dan inovasi baru untuk menghadirkan produk atau jasa yang semakin relate dengan kebutuhan konsumen.

Persaingan ibarat dua mata pisau, apabila Anda mampu memanfaatkannya, perusahaan Anda akan banyak belajar, beradaptasi dan berinovasi. Tapi tidak apa-apa, tetap semangat!

Itulah 8 penyebab bisnis gagal terus dan solusinya. Anda dapat juga melakukan pemesanan desain logo yang professional di jasalogo.id! Kami hadir 24 jam untuk Anda!