Mengelola Bisnis Start Up untuk Anda Pemula

Mengelola Bisnis Start Up untuk Anda Pemula – Sering mendengar istilah start up, bukan? Bahkan, Anda yang sambaing pada artikel ini, tentu tengah mencari informasi soal bagaimana mengelola bisnis start up untuk Anda pemula!

Simak beberapa upaya yang harus Anda perjuangkan saat membangun bisnis start up, sobat jasalogo.id!

IDE

Tahap awal dari sebuah start-up adalah ide. Ide tersebut harus menjawab sebuah masalah, yang biasanya adalah masalah yang Anda hadapi. Ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab:

Apa masalah yang ingin Anda pecahkan?

Mengapa masalah itu muncul?

Apakah itu masalah Anda?

Apa yang sudah dilakukan oleh orang lain tentang masalah tersebut?

Apakah Anda kompeten untuk menjawab pertanyaan tersebut?

Mencari ide seharusnya mudah, ternyata tidak. Padahal mencari ide ini gratis. Tinggal mengkhayal. Pasalnya banyak orang yang sekedar mengkhayalpun ternyata sukar.

CARI MASALAH

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan kepada saya adalah “bisnis apa yang menarik”.

Lah, ini salah! Harusnya justru Anda yang harusnya punya ide. Kalau saya yang punya ide, nantinya malah itu jadi start-up saya.

Seperti saya katakan sebelumnya, ternyata memiliki ide yang orisinal itu langka. Padahal untuk mencari ide itu modalnya hanya mengkhayal.

Jika mengkhayal saja sudah tidak bisa, apalagi menjalankan bisnisnya. Bisnis start-up dimulai dari sebuah masalah yang membutuhkan solusi.

Misal, Anda kesulitan mendapatkan informasi mengenai hotel di berbagai kota dan saat ini tidak ada layanan atau aplikasi yang dapat menjawab pertanyaan (masalah) Anda tersebut.

Maka, Anda membuat sebuah usaha (startup) yeng menyediakan informasi mengenai hotel dan hal-hal terkait.

MASALAH UNTUK ANDA, BUKAN?

Masalah Buat Kamu? Apakah masalah yang ingin dipecahkan tersebut adalah masalah Anda secara pribadi? Personal problem. Biasanya sebuah ide itu muncul karena sebuah masalah yang dihadapi oleh sang inovator.

Necessity is the mother of invention. Masalah yang menjadi masalah pribadi (personal problem) dari sang pengembang biasanya menarik karena dia mengembangkan start-up itu bukan semata-mata untuk mencari uang.

Hidup mati, dia akan mencari solusi terhadap masalah itu. (Dan orang lain yang memiliki masalah yang sama akan menikmati hasilnya.)

Jika masalah yang ingin dipecahkan bukan masalah pribadi, ada banyak pertanyaan atas keseriusan dalam memecahkan masalah tersebut.

INGIN IKUT-IKUTAN

Sukses Ada orang yang mengembangkan sebuah start-up karena ingin mirip seperti start-up yang sudah terkenal. Sebagai contoh, ada orang yang membuat usaha dengan aplikasi yang mirip Facebook karena ingin sukses seperti Facebook.

Ini dikenal dengan istilah “me too” atau clone. Yang seperti ini biasanya gagal karena berbagai alasan.

SOLUSI MENCARI

Masalah Ada pendekatan lain yang berlawanan, yaitu solution looking for problems. Sebagai contoh, kita bisa membuat program (memasak, dan lain-lain), bisnis apa yang bisa saya kembangkan dengan keahlian tersebut?

APA YANG SUDAH

Ada Setelah kita mengidentifikasi masalah yang ingin kita pecahkan, kita perlu meneliti dahulu apa-apa yang sudah dilakukan oleh orang lain.

Apakah ada perusahaan yang sudah mencoba memecahkan masalah ini? Jika sudah ada dan gagal, apa sebabnya?

Melakukan penelitian ini merupakan hal yang penting. Boleh jadi kegagalan dari start-up sebelumnya adalah karena timing.

Pada saat itu mungkin belum ada teknologi yang dapat menjawab masalah itu.

Apakah Anda Jagoan di Bidang Ini?

Nah, sobat jasalogo.id! Ketika Anda sudah memastikan diri untuk membuat start-up di sebuah bidang tertentu, maka (tim) Anda harus menjadi yang terbaik (terjago) dalam bidang itu.

Jika tidak, maka Anda akan disusul oleh pihak lain yang lebih kompeten. Boleh jadi memang Anda yang “terbaik” di bidang itu karena belum ada orang lain yang menekuninya.

Akan tetapi dengan berjalannya waktu, dan dengan lebih terbukanya orang-orang dengan ide yang Anda kembangkan, akan ada orang-orang lain yang akan mengembangkan produk yang sama.

Maka dari itu, Anda harus selalu melakukan inovasi dan mengasah ilmunya.

KESIMPULAN

Demikian, sobat jasalogo.id, terkait dengan ulasan tentang bagaimana Mengelola Bisnis Start Up untuk Anda Pemula.

Silakan hubungi jasalogo.id untuk desain logo menarik!