Membuat Bisnis Plan Sederhana: Cocok untuk Pemula

Membuat Bisnis Plan Sederhana: Cocok untuk Pemula
sumber: jasalogo.id

Membuat Bisnis Plan Sederhana, untuk pemula.- Untuk Anda yang sedang menjalankan usaha atau ingin memulai usaha, mulailah dengan membuat rencana bisnis atau bisnis plan yang akurat dan sistematis.

Sebaiknya Anda membuat bisnis plan pada tahap awal untuk mengetahui arah dan tujuan bisnis Anda kedepannya. Untuk membuat bisnis plan sebagian orang mungkin akan bingung harus memulai darimana. Dalam artikel kali ini, Jasalogo.id akan berikan cara membuat bisnis plan sederhana cocok untuk pemula.

Bisnis plan merupakan sebuah rancangan bisnis yang akan Anda tulis, mulai dari perencanaan awal, proses berjalannya bisnis, hingga plan menyukseskan bisnis tersebut. Di dalamnya juga memuat solusi yang kamu siapkan ketika terjadi problem dalam bisnis Anda.

Meski kedengarannya mudah, tetapi membuat bisnis plan tidak semudah membalikkan tangan, karena bisnis plan yang baik juga menyangkut rencana modal yang diinvestasikan, baik itu uang, material, waktu, dan tenaga.

Bisnis plan sangat penting untuk menjabarkan bisnis secara jelas dan mengetahui strategi yang akan dijalankan, hal ini layaknya sebuah blue print perusahaan yang sifatnya mungkin saja rahasia namun bisa pula sifatnya terbuka. tergantung bagaimana kebijakan Anda selaku ownernya.

Nah langsung saja kali ini, Jasalogo.id akan bagikan sejumlah tips membuat bisnis plan sederhana yang dapat Anda coba.

Yuk, simak baik-baik!

 

 

Baca juga [Business Plan: Pengertian, Manfaat, Kegiatan dan Indikator]

Membuat Bisnis Plan Sederhana: Cocok untuk Pemula

Gambaran Ide Bisnis

Ide bisnis pada dasarnya mahal harganya. Tetapi untuk mengukur value gagasan Anda, cari tahu apakah gagasan Anda ini bakal mempunyai nilai komersial atau tidak.

Coba tanyakan kepada diri Anda sendiri dan lakukan riset secara sederhana. Apakah itu dibutuhkan konsumen? Apa keunggulannya? jika tidak dilaksanakan akan terjadi apa? kenapa harus cara yang begitu?

Latar Belakang Bisnis Plan

Pada bagian ini, Anda harus menjelaskan alasan kenapa membuat dan merintis bisnis tersebut.

Bagian ini penting, baik untuk sebuah bisnis besar atau usaha kecil dengan modal minim.

Beberapa hal yang harus kamu jelaskan antara lain ialah

  1. peluang yang Anda lihat,
  2. orang-orang (jaringan) yang terlibat dalam bisnis tersebut,
  3. daftar konsultan,
  4. struktur organisasi,.

Analisis Produksi Bisnis

Kamu bisa membeberkan rencana berikut ini:

  1. Sumber bahan dasar pasokan.
  2. Mesin yang digunakan untuk memproduksi skala besar.
  3. Varian produk apa yang ditawarkan kepada konsumen.
  4. Harga, diskon dan promo produk.
  5. Layanan lain, semisal menyediakan jasa antar atau tidak.

Strategi Segmentasi Pemasaran

Anda bisa memilih berbagai metode pemasaran, baik secara digital maupun konvensional untuk menarik para calon pelanggan.

Jangan lupa, cantumkan strategi pemasaran yang terdiri dari segmen pasar, target pasar, serta positioning produk agar bisa lebih bersaing dengan jenis usaha sejenis.

salain daripada itu, secara lebih detail Anda diharapkan untuk menentukan siapa target market Anda. Anda dapat memulai dari kategori anak-anak, kalangan orang remaja maupun orang dewasa.

Masih banyak faktor yang dapat Anda gunakan seperti dari wilayah, minat pelanggan, dan banyak lainnya.

List Model Rencana Keuangan

Membuat rencana keuangan dalam tahap awal sangat penting untuk menjalankan sebuah bisnis. Bayangkan jika Anda baru mulai mengurus keuangan jika posisi bisnis Anda sudah besar dan transaksinya sudah sangat banyak, pasti Anda akan kerepotan untuk mengurusnya.

Analisis perencanaan keuangan dalam suatu usaha lebih banyak didasarkan kepada data-data proyeksi keuangan. Proyeksi keuangan di sini berupa proyeksi kebutuhan modal awal, perkiraaan penjualan dan arus kas.

Analisis Risiko Bisnis

Tidak ada bisnis yang nihil dari risiko. Semua proses dari operasional, distribusi, hingga produksi pasti akan ada sebuah risiko yang mau tak mau harus berhasil kita lewati.

Anda harus menjelaskan semua risiko dan strategi menangani risiko dalam rancangan business plan Anda. Sehingga apabila langkah-langkah perusahaan semuanya bisa terstruktur, rapi, terkontrol dan dapat diminimalisir kondisi resikonya.

Selanjutnya tentu saja Bisnis plan yang anda buat haruslah jujur dan apa adanya berdasarkan kondisi usaha, disertai data-data yang anda perlukan sebagai pelengkap namun pastinya harus anda pastikan keakuratan data-data yang anda sertakan tersebut.

Demikian Tips membuat plan sederhana ala Jasalogo.id. semoga bermanfaat…

baca [standart pembuatan bisnis plan yang wajib anda lengkapi]

 

Team desain jasalogo.id profesional dalam membuat desain logo yang unik, menarik sesuai dengan visi misi usaha Anda, jadi pastikan anda memesan desain logo hanya di jasalogo.id kami aktif 24 jam siap melayani pesanan anda