Jenis Inovasi Kemasan UMKM Sedang Trend

Jenis Inovasi Kemasan UMKM – Anda jalankan merupakan bisnis UMKM yang berfokus dalam pembuatan sebuah produk dan bukan dalam bentuk jasa, pastinya Anda harus membuat kemasan untuk produk tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa UMKM menjadi tonggak perekonomian Indonesia? Pada tahun 2018, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenkopUKM) mencatat ada 64,2 juta pelaku UMKM atau 99,9% dari jumlah pelaku usaha di Indonesia.

Banyaknya angka pelaku UMKM tersebut juga membuat penyerapan tenaga kerja dari sektor ini sebanyak 117 juta pekerja atau 97% dari penyerapan tenaga kerja dunia usaha.

Maka dari hal tersebut, UMKM menjadi salah satu bidang yang tahun ini banyak dilirik masyaralat untuk digarap menjadi bisnis.

Mendesain kemasan produk UMKM perlu mempertimbangkan sisi kreativitas yang mencerminkan produk yang akan Anda pasarkan.

Desain merupakan kombinasi yang tepat dari gambar, warna, teks yang digabungkan untuk membentuk sebuah layout yang tepat. Tapi sering juga para pelaku usaha yang mungkin tidak begitu mengerti tentang desain kemasan justru menabrakkan semua elemen tersebut yang justru menghancurkan estetika dari visualisasi desain kemasan.

Ketika barang Anda merupakan barang yang sudah umum dijual dalam produk UMKM, maka pakaging produk Anda harus beda dariapda yang lainnya, harus menarik perhatian konsumen.

Dapat kita ketahui bahwa ketika kemasan produk Anda akan benyak mempengaruhi keputusan pembelian. Maka dari itu penting untuk Anda perhatikan kemasan seperti apa yang menarik konsumen yang bisa anda jadikan sebagai kemasan produk Anda. berikut Jasalogo.id jabarkan model-model kemasaran untuk produk UMKM Anda.

Jenis Inovasi Kemasan UMKM Sedang Trend

Jenis Inovasi Menarik Untuk Produk UMKM

Gunakan Kemasan Yang Menarik

Kebanyakan orang Indonesia cenderung lebih suka dan lebih mudah menerima sesuatu yang berbau visual.

ketertarikan dalam hal visual ini merupakan tantangan terbesar untuk Anda, Kalau produkmu makanan, yakni bagaimana Anda membuat orang tertarik bahkan bisa lapar dan ingin mengkonsumsi produk Anda hanya dengan melihat dari kemasannya.

Dalam hal ini Anda juga bisa menggunakan teknik fotografi makanan. Pastikan gambar yang Anda letakkan dalam desain memiliki resolusi tinggi agar gambar tidak pecah saat tercetak.

Baca [Tips Foto Produk Profesioanl hanya dengan SmartPhone]

Penggunaan warna pada gambar juga akan menentukan pengaruh keputusan pembeli. Sedikit bocoran tentang warna untuk produk makanan, kamu bisa menggunakan warna merah dan kuning yang membangkitkan selera makan orang yang melihatnya.

Baca Juga [Psikologi Warna]

inovasi kemasan ramah lingkungan dan sederhana

Desain Ramah Lingkungan dan Sederhana

Kita perlahan lahan menyadari bahwa kerusakan lingkungan itu nyata adanya, termasuk pengaruh generasi muda yang kurang menjaga lingkungan.

Nah latar belakang ini dapat menjadi salah satu cara Anda untuk memikat hati pelanggan serta turut ikut mengkampanyekan mengurangi penggunaan plastik dengan memberikan tas kanvas atau totebag dari kemasan produk Anda.

Kamu bisa membuat logo brand produk kamu di tas tersebut untuk branding lebih luas. Jasalogo.id sedia 24 Jam membuatkan desain Loo Produk profesional.

Cara membuat kemasan yang menarik bisa kamu lakukan dengan berbagai cara, namun hal yang paling penting dan perlu kamu ingat adalah desain kemasan memang menjadi cara pertama untuk menarik perhatian konsumen.

Tanpa desain yang menarik, produkmu tidak memiliki identitas yang akan membantu konsumen mengenali produk dengan baik. Sebuah desain pun akan menjadi pembeda yang sangat menarik dari produk sejenis.

Desain yang dilekatkan pada kemasan perlu Anda pastikan tercetak dengan baik. Jangan sampai desain yang ada justru pudar atau robek karena bahan yang tidak mampu melindungi desain produk dengan baik. Maka antara bahan kemasan dengan gambar yang akan dicantumkan haruslah disinkronkan.

Selain bisa gampang diingat oleh pelanggan, tas dari produk kamu juga bisa dipakai kembali oleh pelanggan untuk berbelanja dan lainnya. Keuntungan didapat, pelanggan ikut senang.

Pastikan juga teks yang ada mudah dibaca. Jangan sampai desain kemasan yang ada justru membuat produkmu sulit diingat karena desain yang aneh dan teks yang sulit dibaca.

inovasi tampilan sisi unik produk

Inovasi Kemasan Unik dari Sisi Produk UMKM

Cara membuat kemasan produk UMKM yang menarik yakni tunjukkan sisi unik dari produk kemasan Anda.

Mengapa sisi unik ini harus ada? Mengingat banyak sekali saingan Anda yang menjual produk sama, warna sama dan beberapa kesamaan lainnya. Itulah mengapa sisi unik ini harus benar-benar diperhatikan.

Produk yang Unik akan membedakan dengan produk lainnya. walaupun produk Anda isinya sama namun ketika kemasan produk Anda tersebut unik, pembeli akan cenderung memilih untuk membeli produk dari kemahan Anda yang Unik dan beda dari lainnya tersebut.

Dengan bantuan kemasan yang unik dapat meningkatkan branding produk Anda, yang unik biasanya akan secara sukarela di posting atau di-share ke media sosial oleh pelanggan Anda. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat jika anda dapat mencipkan keunikan yang memikiat publik.

jasalogo.id.

Cara membuat kemasan yang menarik pada dasarnya bisa Anda lakukan dengan banyak cara, namun hal yang paling penting dan perlu kamu ingat adalah desain kemasan memang menjadi cara pertama untuk menarik perhatian konsumen.

Tanpa desain yang menarik, produk Anda tidak memiliki identitas yang akan membantu konsumen mengenali produk dengan baik. Sebuah desain pun akan menjadi pembeda yang sangat menarik dari produk sejenis.

Baca juga:

Menulis Deskripsi Produk yang Memikat Pembeli

Trik Membuat Logo Produk yang Menarik