FAKTOR YANG BUAT VISUAL DESAIN MENARIK

FAKTOR YANG BUAT VISUAL DESAIN MENARIK – Sobat jasalogo.id, kita tahu, ada banyak faktor yang membuat mata konsumen atau pihak sasaran ternganga.

Bagaimana jika Anda tidak peka akan hal itu? Anda justru sibuk dengan visual desain yang menarik menurut Anda. Dan, Anda belum tahu barangkali, faktor apa yang buat visual desain jadi menarik.

Nah, supaya menambah wawasan, mari kita baca ulasan berikut ini, sobat jasalogo.id!

Faktor yang membuat desain menjadi menarik secara visual, antara lain adalah keberadaan hal-hal berikut ini, sobat, kita mulai saja!

PEMILIHAN WARNA

Benar, sekali!  Kunci dari suatu desain yang menarik adalah komposisi warna. Bagaimana susunan warna yang membentuk desain Anda adalah kunncinya.

Jadi, sobat jasalogo.id, setelah data Anda tersortir dengan skala prioritas, kini Anda dapat menentukan warna yang cocok untuk sebuah karya.

Pemilihan warna dapat ditentukan dari konsep analisa dan strategi yang telah ditentukan sebelumnya. Jika konsep warna sudah Anda dapatkan dari proses analisa dan strategi, tentu pekerjaan Anda akan lebih mudah dan terarah.

Tetapi bagaimana jika Anda sama sekali tidak mempunyai kriteria atau batasan tentang warna?

Berikut adalah beberapa tips saat Anda memutuskan memilih warna.

  • Segment usia berapa karya Anda akan ditampilkan? Bila usia ABG, pemakaian warna cerah akan cocok. Jika usia lanjut Anda bisa hanya menggunakan warna hitam putih saja atau Grayscale.
  • Terlebih dahulu tentukan warna background, apakah berwarna gelap, terang atau sedang, setelah itu tentukan warna yang cocok dengan warna background.
  • Ambil warna dari warna data yang paling dominan. Jika data gambar yang lebih banyak warna alam (hijau dan coklat), Anda dapat mengambil dari unsur warna tersebut.

LAYOUT

Setelah warna, Anda harus memerhatikan layout. Sobat jasalogo.id, layout merupakan usaha untuk menyusun, menata unsur-unsur grafis (teks dan gambar) menjadi media komunikasi yang efektif.

Jika data/ unsur grafis dan warna yang akan dipakai telah dipastikan sebelumnya, maka selanjutnya kita dapat melakukan proses tata letak / layout.

Namun pekerjaan layout ini memerlukan kaidah-kaidah yang perlu diketahui seperti: Proporsi, Keseimbangan, Irama, Kesatuan, Fokus dan Kontras. Kadang-kadang sulit untuk memenuhi semua kaidah tersebut ke dalam desain.

Lebih mudah jika kita fokus pada salah satu kaidah dan kompromi dengan kaidah lainnya. Untuk urusan layout, Anda dapat menggunakan bantuan software Coreldraw, Illustrator atau Freehand.

FINISHING

Faktor terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan untuk senantiasa diperhatikan adalah finishing.

Jadi, setelah beragam informasi dan data estetis yang Anda kumpulkan telah tersusun rapi, namun tetap masih kurang .

Sama seperti bangunan, meskipun denahnya yang sesuai rencana, bentuknya unik tapi jika tidak ada keramik, batu alam, tanaman, teralis atau pagar, maka bangunan tersebut terasa belum selesai atau belum difinishing.

Begitu pula desain grafis, agar tampilan lebih megah dan mewah, perlu penambahan detail berupa textur, efek, cahaya dan bentuk-bentuk yang harmonis. Dalam hal efek, software yang baik digunakan adalah adobe Photoshop dan Adobe After Effects bahkan 3DStudioMax.

KESIMPULAN

Demikian sobat jasalogo.id ulasan tentang faktor yang buat visual desain menarik.

Ikuti kami di instagram dengan klik di sini. Selain itu, Anda juga dapat jajan desain logo super premium dengan harga terjangkau di jasalogo.id!

Tenang, ada banyak fasilitas yang akan Anda dapatkan, salah satunya revisi logo sepuas Anda!