Cara Ampuh Bangkit dari Kegagalan Bisnis

Cara Ampuh Bangkit dari Kegagalan Bisnis – Pernah dari Anda merasa terpuruk karena gagal berbisnis sobat jasalogo,id? Kondisi demikian adalah hal yang wajar.

Dimana, dalam hidup, tidak semuanya bisa berjalan dengan mulus sesuai dengan yang kita harapkan. Walaupun sudah bekerja keras selama ini, nyatanya tidak menjamin semuanya akan baik-baik saja.

Apalagi sejak masa pandemi covid hingga masa PPKM, hampir semua sektor usaha menjadi lesu. Tidak sedikit juga yang harus gulung tikar dan melakukan PHK.

Tapi, bukan berarti semuanya berakhir begitu saja. Kegagalan bisnis sebenarnya seperti memiliki 2 sisi mata uang logam, dimana memiliki peluang 50:50 dengan keberhasilan Anda.

Justru banyak sekali pebisnis besar yang lahir dari kegagalan demi kegagalan yang mereka alami sehingga bisa mengispirasi jutaan orang.

Tentu saja bangkit dari kegagalan bukanlah perkara yang mudah. Oleh karena itu, beberapa tips berikut ini wajib Anda ketahui supaya bisa segera bangkit lagi dari kegagalan usaha.

Bagi Anda yang masih pemula, juga bisa menjadikannya persiapan supaya bisa lebih baik ketika menghadapi kegagalan bisnis. Selamat menyimak!

Melatih Pikiran untuk Survive – Tidak Terjebak

Sobat jasalogo.id, kita semua tahu bahwa tidak ada yang menyenangkan dari sebuah kegagalan. Emosi dan pikiran negatif pastinya akan bermunculan dalam benak kita.

Namun melatih pikiran agar tetap solutif adalah kemampuan yang sangat penting untuk para pengusaha dalam menghadapi kegagalan. Bahkan bisa di bilang, hal ini yang pertama harus di lakukan.

Jika emosi dan fikiran negatif cukup kuat kita rasakan maka biarkan dulu. Loh, mengapa begitu? Bukannya kita harus berpikir dan juga bersikap positif supaya bisa menemukan solusi?

Justru ini adalah upaya untuk menjaga pikiran agar tidak terjebak di dalam situasi dan tetap mengarah kepada solusi.

Alih-alih langsung berpikiran positif dan menekan emosi, lebih baik Anda mencari cara untuk melepaskan emosi yang efektif dan efisien untuk mendapatkan mental yang lebih tenang.

Dengan begitu, Anda bisa berpikir lebih jernih dan punya energi untuk mengarahkan diri pada solusi.

Anda juga bisa melatih diri agar tetap tenang. Ibaratnya dalam situasi kemacetan di lalu lintas, dibanding memencet klakson terus menerus lebih baik memutar musik yang menenangkan bukan?

Karena tingkat stres yang terlalu tinggi akan menghambat Anda untuk melihat situasi dan solusi secara lebih jernih. Apalagi jika yang dihadapi adalah kegagalan usaha, yang bisa jadi melibatkan nominal uang yang tidak sedikit serta aset berharga lainnya.

Bangun Mindset Kegagalan sebagai “Uang Sekolah”, Gimana, tuh?

Sobat jasalogo.id, seyogyanya kegagalan itu memiliki perbandingan 50 : 50 dengan kesuksesan, betul?

Kok bisa ya? Perhatiin deh, mungkin banyak dari kita yang akhirnya mengumpulkan uang Rp 10 juta untuk modal usaha butuh waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Sehingga saat harus kehilangan uang tersebut, tentu sangat berat rasanya, bukan?

Nah, tapi kita tidak bisa memungkiri kalau banyak sekali orang sukses yang awalnya gagal namun pada akhirnya bisa melewati proses tersebut.

Sedangkan, orang yang benar-benar gagal memilih menyerah saat menghadapi kegagalan. Kira-kira menurut Anda mengapa mereka memiliki sikap yang berbeda?

Hal tersebut alasannya karena mereka yang pada akhirnya bisa sukses menganggap bahwa uang tersebut adalah “uang sekolah” untuk berbisnis.

Sehingga, sobat, untuk kegagalan itu dianggap sebuah proses seperti halnya Anda sekolah di sistem pendidikan formal. Selama Anda bersekolah, sadar tidak kalau biaya yang di keluarkan bisa sampai dengan ratusan juta?

Mungkin Anda tidak merasakan karena di bayarkan orangtua. Tapi nyatanya, bukan hanya uang sekolah yang di bayarkan, tapi juga uang seragam, perlengkapan sekolah, uang bensin, dan lainnya yang jumlahnya tidak sedikit.

Apakah karena mengeluarkan uang tersebut, akhirnya sekarang kita menyebutkan bahwa orangtua kita bangkrut? Kan tidak.

Sadari Apa Faktor Penyebab Kegagalan Bisnis

Seperti yang sudah di sebutkan pada poin pertama, melatih pikiran agar tetap solutif adalah wajib bagi Anda sebagai pengusaha, sobat!

Anda dapat  melihat kegagalan dari berbagai sisi dan perspektif yang berbeda. Coba amati, pelajaran apa yang bia Anda ambil dari berbagai kejadian yang Anda alami. Dengan begitu, mental entrepreneurship Anda akan semakin terasah.

Nah, jika pikiran dan emosi sudah lebih tenang kini saatnya mencari faktor-faktor penyebab kegagalan dan melakukan evaluasi.

Sikap mental yang tenang ini sangat diperlukan supaya Anda bisa lebih mudah menemukan letak masalahnya.

Secara umum, permasalahan bisa terbagi dalam beberapa kategori utama yakni orangnya dan juga bisnisnya. Orang yang dimaksud disini adalah diri Anda sendiri.

Pahami Potensi Diri Sendiri

Banyak sekali entrepreneur pemula yang menyerah saat mengalami kegagalan bisnis.

Tahukah Anda kalau salah satu sebab dari hal ini karena mereka tidak memahami betul potensi pribadinya. Mereka tidak tahu apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan dirinya.

Tidak Berhenti Mencari Peluang

Coba pikirkan peluang apa saja yang bisa di lakukan dalam jangka waktu dekat. Tidak perlu langsung mencari ide yang brilian. Yang penting jangan biasakan untuk menunda-nunda dan mencari alasan.

Anda harus memanfaatkan sumber daya yang Anda miliki untuk mendapatkan peluang-peluang bisnis baru.

Baik itu untuk menyelesaikan masalah pada bisnis maupun untuk mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik. Misalnya Anda punya waktu untuk scrolling sosial media, maka pastikan Anda juga mencari peluang di sana.

Itu tadi Cara Ampuh Bangkit dari Kegagalan Bisnis yang bisa banget sobat jasalogo,id terapkan. Jangan lupa selalu berdoa dan berusaha! Klik disini untuk informasi desain logo professional!