Analisis Kompetitor Sebelum Menentukan Strategi

Analisis Kompetitor Sebelum Menentukan Strategi
sumber: jasalogo.id

Analisis Kompetitor Sebelum Menentukan Strategi. – Di belahan dunia mana pun, setidaknya akan ada satu kompetitor di sektor bisnis yang sama. Jangan Panik, ini adalah hal yang wajar. Justru adalah hal yang sehat dan mesti terjadi di dunia bisnis.

Jika kita bermindset out of the box, kita bisa menjadikan Kompetitor bisnis menjadi pihak yang terus memotivasi Sobat Finansialku untuk menciptakan inovasi dalam produk maupun pemasarannya.

Apapun bisnis yang akan Anda kembangkan, dapat dipastikan kemungkinan besar bisnis Anda akan menghadapi persaingan di pasar.

Namun berbeda dengan apa yang dipikirkan umumnya orang, persaingan sebenarnya baik untuk bisnis. Adanya persaingan bisnis biasanya berarti menandakan ada permintaan di pasar, dan penawaran tersebut bernilai jual yang bersaing.

Selain daripada itu, persaingan dapat memotivasi Anda untuk berinovasi lebih, tampil beda, dan mengembangkan penawaran terbaik Anda untuk bisa menonjol di pasar dan meningkatkan pembelian konsumen di pasar segmentasi Anda.

Jadi, bukan masalah ketika Anda baru mengenal pasar, analisis kompetitif merupakan sesuatu yang harus ada dalam daftar tugas Anda, karena pesaing Anda di luar sana mempraktikkannya untuk menemukan peluang dalam kompetisi pasar.

Mematikan pesaing dengan cara yang sehat tidak masalah selama masih dalam tahap kewajaran dan sesuai dengan prosedur dan etika atau tidak melanggar aturan dalam berbisnis.

Analisis Kompetitor ini penting untuk Anda dilakukan. Jika Anda tidak bisa mengontrol gerak-gerik pesaing, maka pesaing itu yang akan menghentikan laju perkembangan bisnis Anda.

Disinilah Anda bisa memanfaatkan keberadaan pesaing untuk bisa berinovasi. Tentunya, pesaing harus dianalisis terlebih dahulu sehingga Anda akan mudah mengontrol laju perkembangannya.

Ada beberapa cara untuk menganalisa laju pesaing dalam dunia bisnis. Anda sebagai pengusaha perlu untuk mengetahui beberapa hal yang telah Jasalogo.id rangkum berikut:

Baca juga

[Apa itu kompetitor: definisi dan trik menghadapinya]

[Memhami Konsep Manajemen Strategi Usaha]

Analisis Kompetitor Sebelum Menentukan Strategi

Apa Itu Analisis Kompetitif

Analisis kompetitif ialah proses mengidentifikasi pesaing dan menganalisis strategi bisnis pesaing untuk menentukan kekuatan dan kelemahan mereka dalam menjalankan bisnisnya.

Berikut Jasalogo.id jabarkan secara sederhana, Analisis Kompetitor Sebelum Menentukan Strategi. :

Mengidentifikasi Kompetitor

Pesaing bisa diidentifikasikan untuk mengetahui jumlahnya serta jenisnya termasuk juga kekuatan dan kekurangan dari bisnis pesaing. Untuk mengidentifikasinya, Anda perlu melakukan beberapa hal berikut ini;

  1. Mengenal dan mengetahui jenis produk atau jasa yang ditawarkan pesaing
  2. Melihat seberapa besar pasar yang dikuasai oleh pesaing
  3. Mengidentifikasi antara peluang dan ancaman dari perkembangan pesaing
  4. Mengidentifikasi keunggulan serta kelemahan pesaing.

Tentukan Jenis Kompetitor

Setelah Anda berhasil mengidentifikasi pesaing, saatnya Anda menentukan sasaran pesaing Anda. Disini, Anda bisa membedakan pesaing sesuai dengan produk yang mereka tawarkan. Berdasarkan produk yang mereka miliki, Anda bisa membagi pesaing menjadi dua tipe, yakni;

Kompetitor langsung, yaitu usaha atau merek yang produknya sama persis dengan produk yang akan Anda jual. Misalnya, Anda dan kompetitor sama-sama menjual sate ayam.

Kompetitor tidak langsung, yaitu usaha atau merek yang berada di sektor yang sama dengan Anda, tapi menawarkan produk yang berbeda. Misalnya, Anda menjual produk minuman berupa kopi, sedangkan kompetitor Anda menjual produk minuman berupa boba drink.

Dengan mengenali kedua jenis kompetitor diatas, Anda dapat mengetahui mana kompetitor yang bisa menjadi pesaing berat Anda. Mana yang perlu dapat perhatian khusus dari Anda, dan mana yang sekiranya cukup menjadi perhatian untuk bisnis Anda.

Ingat, walau Anda mengamati gerak-gerik pesaing bukan berarti waktu dan pikiran Anda habis untuk memikirkan pesaing. Tidak! Jika Anda terlalu fokus pada pesaing sementara tidak melakukan perubahan pada perusahaan Anda, yang terjadi adalah sebaliknya.

Identifikasi Peluang dan Ancaman

Motif analisis pesaing adalah untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan kompetitor, membandingkannya dengan strategi bisnis Anda sendiri, dan mengidentifikasi peluang serta ancamanyang dapat diperkirakan.

Kenali Cara Kompetitor Dalam Melakukan Promosi

Promosi menjadi tonggak utama para pelaku usaha. Tanpa melakukan promosi, harga semurah apa pun atau pelayanan sebaik apa pun tidak akan dikenal oleh publik.

Oleh karena itu, kenali bagaimana kompetitor melakukan promosi produknya lewat beberapa indikator berikut:

  • Promo seperti apa yang ditawarkan kompetitor pada pelanggan
  • Tools apa saja yang digunakan kompetitor sebagai media promosi
  • Apakah kompetitor menggunakan influencer dalam mempromosikan produknya
  • Seberapa luas jangkauan dan tingkat keterlibatan audiens dengan materi promo dari kompetitor

Jurus Kuncinya ialah Lakukan Analisis SWOT

Ketika akan melakukan analisis kompetitor, lakukan analisis SWOT sebagai trik kunci sebelum menentukan strategi.

Analisis SWOT digunkan untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses) kompetitor, serta peluang (opportunities) dan ancaman (threats) apa saja yang mungkin timbul dari persaingan bisnis antara Anda dengan Kompetitor yang telah Anda tentukan dan menjadi objek analisis kompetitor.

Untuk melakukan analisis SWOT, anda dapat gunakan beberapa pertanyaan sebagai berikut:

  • Apa keunggulan kompetitor dibandingkan usaha Anda? (Misalnya, kualitas produk, pemasaran konten, harga, konten media sosial, dan-lain-lain)
  • Apa keunggulan kompetitor yang tidak Anda miliki? (Misalnya, modal yang cukup besar untuk bisa berkolaborasi dengan macro-influencer atau hadiah mewah saat giveaway)
  • Apa saja kelemahan kompetitor?
  • Apa saja keunggulan yang Anda miliki? (Misalnya, pelayanan yang baik atau fasilitas metode pembayaran lengkap)
  • Apa saja keunggulan kompetitor yang mengancam usaha Anda?
  • Apa saja peluang yang memungkinkan kompetitor atau usaha Anda untuk bisa memenangkan persaingan di sektor usaha yang sama?

Demikian Jasalogo.id rangkum Analisis Kompetitor sebelum menentukan strategi apa yang cocok untuk Anda laksanakan dalam Bisnis Anda. hasil anaisis tersebutlah yang kemudian menjadi bekal dan pertimbangan dalam menentukan langkah strategis yang harus anda jalankan dalam mengembangkan bisnis.

Demikian, semoga bermanfaat…

 

Baca juga [Membuat Bisnis Plan Sederhana untuk Pemula] 

Team desain jasalogo.id sudah paham betul mengenai psikologi warna dalam membaut desain logo yang unik, menarik sesuai dengan visi misi usaha Anda, jadi pastikan anda memesan desain logo hanya di jasalogo.id kami aktif 24 jam siap melayani pesanan anda