Analisis Benefit dan Cost dalam Perjalanan Bisnis

Analisis Benefit dan Cost dalam Perjalanan Bisnis – Sobat jasalogo.id, perlu Anda ketahui, bahwa dalam membangun bisni perlu suatu pemikiran. Dimana, sangat diperlukan pemikiran dan pengetahuan akan bisnis yang cukup mendalam serta kepekaan terhadap apa yang kita rasakan dari produk atau jasa yang kita beli dan konsumsi.

Pertanyaannya ialah, mengapa akhirnya kepekaan tersebut dibutuhkan?

Kepekaan  dibutuhkan karena untuk memahami value, kita harus melakukan perbandingan antara dua hal penting yaitu pertama, benefit, atau manfaat yang dirasakan setelah kita membeli dan mengonsumsi produk atau jasa tertentu.

Dan yang kedua adalah cost, cost yaitu pengorbanan atau biaya yang kita keluarkan untuk mendapatkan benefit dari produk maupun jasa yang kita konsumsi.

Kepekaan yang dimaksud di sini merupakan kemampuan kita untuk memastikan benefit dan cost dari sebuah produk atau jasa, di mana keduanya sering kali merupakan sesuatu yang abstrak dan intangible/ tidak berwujud.

BENEFIT

Berbicara soal benefit atau keuntungan, pada beberapa orang bisa jadi kesulitan untuk menilai benefit seperti rasa lezat dari suatu makanan, kecepatan dari sebuah pelayanan publik, terangkatnya status sosial dari sebuah mobil mewah, misalnya.

Kesulitan untuk mengidentifikasi berbagai benefit yang melekat pada sebuah produk atau jasa adalah sesuatu yang sering dijumpai pada konsumen.

Hal tersebut banyak disebabkan karena konsumen tidak benar-benar mengamati dengan seksama benefit dari sesuatu yang mereka beli.

Sobat jasalogo.id, dapatkah dipastikan 100% bahwa semua konsumen ketika membeli sesuatu mempertimbangkan benefitnya? Bisa jadi tidak, bukan!

Bahkan banyak kejadian konsumen membeli sesuatu tanpa benefit yang nyata dan jelas bagi dirinya.

Jika seorang ibu rumah tangga yang terbiasa membeli 20 macam produk di sebuah supermarket harus mengidentifikasi berbagai benefit dari produk yang dibelinya, bisa jadi identifikasinya tidak selalu jelas dan tepat.

COST

Perlakuan yang sama juga berlaku untuk identifikasi cost, yaitu seperti penjelasan sebelumnya dimaknai sebagai biaya atau pengorbanan yang harus dikeluarkan konsumen untuk mendapatkan berbagai benefit dari sebuah produk atau jasa.

Nah, identifikasi cost bahkan bisa jadi lebih sulit lagi karena cost atau pengorbanan yang dikeluarkan konsumen sangat luas cakupannya.

Pengorbanan yang harus dikeluarkan konsumen tersebut pada dasarnya terbagi dua yaitu pertama, pengorbanan yang berbentuk finansial/ uang, dan yang kedua, pengorbanan yang berbentuk non-finansial.

Apabila pengorbanan itu berbentuk uang, maka dapat kita katakan pengorbanan tersebut berkaitan dengan harga produk atau jasa. Kesulitan muncul dalam aspek pengorbanan non-finansial.

Pengorbanan itu meliputi pengorbanan yang terkait dengan waktu, tenaga, perasaan, dan aspek tak berwujud lainnya yang dikeluarkan konsumen.

Untuk lebih memahami pengorbanan konsumen, dapat kita ambil sebuah ilustrasi seorang karyawan yang sedang membeli makan siang di sebuah restoran fast food.

Untuk mendapatkan satu paket makan siang seharga tiga puluh ribu rupiah yang terdiri dari satu ayam goreng, nasi, dan satu gelas minuman, karyawan tersebut harus antri selama 15 menit.

Pertanyaannya adalah, apa saja cost atau pengorbanan yang dikeluarkan oleh karyawan untuk mendapatkan makan siang tersebut?

MAKA,

Boleh ditarik benang merah, sobat jasalogo.id, konsumen bisa jadi menilai sebuah pengorbanan untuk mendapatkan benefit dari produk atau jasa yang dibelinya kebanyakan adalah tinggi, dan kemungkinan akan selalu lebih besar atau melebihi dari benefitnya

Pendapat tersebut sangat masuk akal, namun kenyataannya dalam praktik bisnis hal tersebut tidak selalu demikian.

Banyak sekali konsumen fanatik yang rela menembus kemacetan untuk menuju tempat makan tertentu, begitu pula dengan konsumen yang rela antri sampai kakinya pegal untuk mendapatkan gadget canggih terbaru dari merk tertentu.

Atau, ada juga ribuan pengguna motor yang walaupun kehujanan tetap menggunakan motornya dibandingkan menggunakan mobil angkutan kota.

Ternyata hal demikian berkaitan dengan value dari perusahaan atau bentuk usaha yang Anda jalankan.

Itulah beberapa terkait dengan ulasan tentang analisis benefit dan cost dalam perjalanan bisnis.

Untuk Anda mengakses informasi seputar jasaogo.id, klik di sini.