6 Prinsip Desain Grafis, Anda Wajib Memahami

6 Prinsip Desain Grafis, Anda Wajib Memahami – Selain Anda harus memahami syarat kealian secara individu seorang desainer grafis, Anda juga perlu memahami sebetulnya bagaimana prinsip desain grafis yang wajib bagi Anda untuk memehami hal tersebut, sobat jasalogo.id!

Bagi Anda yang belum memahaminya, Anda sangat tepat berada di ulasan kali ini. Sebab, jasalogo.id akan memberikan informasi kepada Anda terkait dengan 6 prinsip desain grafis yang wajib Anda fahami.

Sudah bersiap? 

6 Prinsip Desain Grafis, Anda Wajib Memahami

Berikut merupakan informasi tentang 6 prinsip desain grafis, yang Anda wajib memahami:

Komposisi (Composition)

Pertama, merancang/ mendesain pada dasarnya adalah hasil penyusunan pengalaman visual dan emosional dengan memperhatikan elemenelemen dan prinsip-prinsip desain yang dituangkan dalam satu kesatuan komposisi yang mantap.

Komposisi atau disebut juga dengan “Composition/ Componere (asal kata dari bahasa Latin)” memiliki arti penggabungan. Pada dasarnya, suatu komposisi merupakan penggabungan dari banyak bagian menjadi suatu bentuk yang serasi/sepadan

Keseimbangan (Balance)

Kedua, keseimbangan dapat dicapai dengan menampilkan unsur-unsur desain. 

Unsur-unsur tersebut, seperti bentuk dan ukuran, warna, tekstur, dan sebagainya agar unsurunsur yang ada dikomposisikan dengan serasi, sepadan, dan memberi kesan mantap serta tepat pada tempatnya.

Nah, secara garis besar, sifat keseimbangan dibagi menjadi 2 macam, sobat jasalogoo.id. Dua macam tersebut yaitu: 1. Keseimbangan Nyata (Formal Balance) 2. Keseimbangan Tak Nyata (Informal Balance).

Dalam ilmu dasar desain, bentuk keseimbangan terbagi 2 macam, yaitu Simetris (symmetric) dan Asimetris (asymmetric).

Prinsip dasarnya ialah, apabila pada dua sisi terdapat benda dengan berat dan jarak yang sama terhadap sumbu khayal/ maya, pada kedua belah sisi dari sumbu khayal tersebut tampak seolah-olah berbobot sama. Nah, kira-kira begitu.

Irama (Rhythm)/Gerakan

Ketiga, poin ini merupakan upaya memvisualisasikan unsur gerak pada media. Yang telah dirancang sedemikian rupa.

Perbandingan/Proporsi (Proportional)

Keempat, suatu perbandingan antara suatu unsur/ materi yang satu dengan yang lain, berhubungan dengan ukuran dan bentuk bidang yang akan disusun.

Fungsinya ialah untuk menunjukkan ukuran perbandingan bagian-bagian atau keseluruhan antara serangkaian unsur yang dikomposisikan.

Perbandingan merupakan salah satu prinsip yang menentukan baiktidaknya suatu komposisi/ struktur/ susunan, dan seterusnya dalam mewujudkan bentuk.

Selain itu, juga bisa merupakan perbandingan ukuran, perbandingan posisi, ataupun perbandingan ruang (space) yang berelasi dengan satuan ukuran: panjang, lebar, dan tinggi.

Golden Ratio

Kelima, golden ratio adalah sebuah perbandingan satuan ukuran yang banyak dipakai dalam membuat sebuat karya seni dan grafis.

Perbandingan ukuran ini dapat ditemukan dengan mengukur pembagian lingkar sebuah kerang, sehingga dipakai sebagai patokan ukuran proporsi yang sempurna. 

Saat ini perbandingan satuan ukuran yang proposional ini banyak dipakai oleh para pencipta seni, terutama yang terkait dengan pendekatan estetika manusia.

Kesatuan (Unity)/ Total Organization/ Harmony

Keenam, keserasian adalah prinsip desain yang diartikan sebagai keteraturan di antara unsur-unsur desain lainnya.

Penggabungan elemen-elemen/ unsur-unsur desain dengan memperhatikan keseimbangan, irama, perbandingan, dan semuanya dalam suatu komposisi yang utuh
agar nikmat untuk dipandang. Semua hal yang membentuk suatu rancangan harus ada

hubungannya satu sama lain dengan seluruh rancangan sehingga memberi kesan
menjadi satu (hubungan/ ikatan antara unsur- unsur yang satu dengan yang lainnya sebagai suatu bentuk yang tak dapat dipisahkan).

Itulah 6 prinsip desain grafis yang wajib Anda fahami. Lakukan desain dengan sebaik mungkin dan torehkan karya yang seindah mungkin. Selamat dan semangat menebar kebermanfaatan, sobat jasalogo.id!

Anda bisa memesan desain logo kepada kami, 24 jam operasional dan tanpa batas revisi!

Buruan hubungi kami!