4 Aspek Utama Value Sebuah Perusahaan

4 Aspek Utama Value Sebuah Perusahaan – Pada ulasan kali ini, akan dibahas tentang bagaimana 4 aspek utama keberadaan value bagi sebuah perusahaan.

Hal tersebut di atas mengingat pentingnya peranan value dalam suatu usaha yang ditekuni oleh seseorang. Berikut 4 aspek utama value yang berhasil tim jasalogo.id rangkum untuk Anda!

KUALITAS

Hal pertama adalah kualitas. Secara umum, konsumen dunia saat ini telah paham dengan kualitas produk atau jasa yang dibelinya, namun fakta menunjukkan bahwa masih banyak konsumen di sekitar kita tidak terlalu memperdulikan masalah kualitas.

Kualitas dihasilkan dari serangkaian proses panjang yang juga berkualitas, namun yang ingin lebih kita soroti adalah produk yang berkualitas biasanya memiliki konsekuensi harga yang tinggi atau mahal. Mengapa hal tersebut terjadi?

Karena proses pembuatannya memang berbiaya mahal seperti biaya research and development.

Tantangan bagi perusahaan terkait dengan penciptaan value dari sisi kualitas adalah, bagaimana caranya menciptakan sebuah kualitas yang tinggi dalam produk atau jasa dengan biaya yang serendah mungkin.

Pengertian biaya serendah mungkin dimaknai lebih rendah dibanding biaya yang juga dikeluarkan oleh kompetitor untuk kualitas yang relatif sama.

Jika dikaji lebih mendalam, aspek kualitas akan terkait dengan satu unsur penting lainnya yaitu uniqueness atau keunikan.

PELAYANAN

Aspek berikutnya yang sangat terkait dengan value yang dinilai dan dirasakan oleh konsumen adalah pelayanan, sobat jasalogo.id.

Semua pelayanan yang diberikan kepada konsumen adalah bentuk benefit yang akhirnya akan menjadi value tertentu setelah konsumen membandingkannya dengan cost.

Konsumen akan membandingkan seluruh benefit tadi dengan seluruh cost hingga terbentuk sebuah penilaian value.

Banyak sekali keluhan konsumen terkait pelayanan dan tidak mendapat perhatian dari perusahaan atau manajer. Padahal pelayanan bisa di tingkatkan menjadi keunikan yang akan membawa kinerja bisnis yang tinggi bagi perusahaan.

Sering kita temui pelayanan yang tidak ramah di bank, pasar, supermarket, restoran, hotel, mal, dan masih banyak lagi.

HARGA

Pertanyaan kritis terkait harga adalah, bagaimana sebuah harga dapat terkait dengan value yang nantinya dirasakan oleh konsumen?

Dua faktor yang sangat berkaitan dengan harga adalah faktor biaya produksi dari sisi perusahaan dan faktor pendapatan dari sisi konsumen.

Jika perusahaan sanggup melakukan optimalisasi sumber daya dalam menghasilkan sebuah produk maka harga jual bisa rendah, namun harga produk yang sudah rendah sekalipun tetap tidak akan terbeli oleh konsumen yang pendapatannya kecil.

Dengan demikian perusahaan perlu melakukan segmentasi konsumen yang cermat dengan tujuan agar berapa pun harga produk yang dijual kepada konsumen, value dari produk tersebut tetap tinggi, yaitu dengan terus menjaga agar harga produk dirasakan lebih kecil secara relatif dibandingkan benefitnya.

Perlu sobat jasalogo.id tekankan, bahwa berapapun harga produk yang ditetapkan oleh perusahaan, pastikan benefitnya melampaui harganya secara relatif, dan produk tersebut akan tetap dibeli konsumen.

Intinya adalah, value dari sebuah produk atau jasa juga terbentuk dari harganya, berapapun harga tersebut. Produk berharga murah akan memiliki value, begitu pula produk yang berharga mahal.

IMAGE

Citra yang didapat dan dirasakan oleh konsumen setelah mengkonsumsi atau menggunakan produk dan jasa tertentu adalah salah satu benefit yang penting, bahkan segmen konsumen tertentu menjadikan image sebagai alasan utama membeli sebuah produk atau jasa.

Image secara bersamaan melekat pada semua produk dan jasa, sehingga ketika konsumen membeli, memakai, dan menggunakan sebuah produk maka konsumen tersebut juga akan langsung mendapatkan imagenya.

Citra atau image yang melekat pada produk sangat beragam terdiri dari image positif dan negative.

Sebagai bagian dari benefit, image positif dapat meningkatkan value produk menjadi sangat tinggi, dan image positif dari produk juga terbukti membantu perusahaan menjadi besar dan mendapatkan keuntungan yang luar biasa.

KESIMPULAN

Sehingga, 4 aspek utama value sebuah perusahaan meliputi kualitas, pelayanan, harga, dan image.

Anda juga dapat menghubungi jasalogo.id tentunya, untuk pemesanan desain logo professional dengan pelayanan terbaik.